Tanda-Tanda Titik Jenuh dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya


Rasa jenuh dalam hubungan tidak boleh dibiarkan. Tanda-tanda titik jenuh dalam hubungan yang dapat Anda dan pasangan identifikasi, di antaranya terus-menerus bertengkar hingga rutinitas bersama yang terasa menjemukan.

(0)
10 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Titik jenuh dalam hubungan dapat ditandai dengan kebosanan saat menjalani rutinitas bersamaKebosanan saat menjalankan rutinitas bersama dapat menandakan titik jenuh dalam hubungan
Masalah dalam hubungan tidak selalu datang dari luar. Ada kalanya, masalah justru muncul dari dalam pasangan dengan hubungan yang stabil. Hubungan yang bertahan lama tidak jarang dilanda masalah saat tiba di titik jenuh dalam hubungan.Tidak adanya usaha untuk membuat hubungan tetap menggairahkan dan harmonis, bisa berujung pada titik jenuh. Jika dibiarkan, hal ini mungkin saja membuat hubungan berakhir dengan menyakitkan karena tidak sedikit perselingkuhan yang terjadi akibat kejenuhan dalam hubungan.

Tanda hubungan telah mencapai titik jenuh

Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, bisa jadi Anda dan pasangan telah mencapai titik jenuh dalam hubungan.

1. Rutinitas terasa menjemukan

Berkencan, mengobrol, atau bahkan hanya menonton TV bersama, dapat menjadi aktivitas rutin yang terasa menyenangkan. Namun, jika kini rutinitas yang biasa Anda dan pasangan lakukan mulai terasa menjemukan dan monoton, kondisi ini bisa menjadi tanda titik jenuh dalam hubungan.

2. Terus-menerus bertengkar karena hal kecil atau hal yang sama

Terus-menerus bertengkar karena hal yang sama, juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda dan pasangan sudah mencapai titik jenuh dalam hubungan. Khususnya, jika yang menjadi sumber pertengkaran adalah hal yang sebetulnya sepele.

3. Tidak tertarik dengan apa yang terjadi pada pasangan

Apakah Anda sudah berhenti peduli dengan apa yang terjadi pada pasangan? Tidak peduli atau tidak mau tahu apa pun mengenai pasangan, juga bisa menandakan bahwa hubungan telah mencapai titik jenuh.

4. Sibuk dengan urusan masing-masing saat bersama

Berada di ruangan yang sama, bahkan di tempat tidur yang sama, tapi Anda dan pasangan lebih sibuk dengan smartphone masing-masing.Lebih memilih melakukan hal lain ketimbang menjalin komunikasi atau kemesraan dengan pasangan, juga menjadi tanda kejenuhan dalam hubungan. Apalagi, jika Anda merasa lebih senang saat menghabiskan waktu bersama orang lain tanpa pasangan.

5. Berkurangnya interaksi fisik

Menilai hubungan memang tidak hanya dari sebatas interaksi fisik saja. Namun, hubungan intim atau sekadar sentuhan mesra, sebetulnya merupakan tanda hubungan pasangan yang sehat.Jika Anda dan pasangan mulai enggan bersikap mesra, serta menjadikan ranjang hanya tempat tidur saja, maka kalian telah mencapai titik jenuh dalam hubungan. 

Cara mengatasi titik jenuh dalam hubungan

Setelah Anda menyadari tengah berada di titik jenuh dalam hubungan, tidak akan ada yang berubah jika tiada usaha yang Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi kejenuhan di dalam hubungan.

1. Bicarakan baik-baik

Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Masuk akal jika hal pertama yang harus Anda dan pasangan lakukan untuk mengatasi titik jenuh dalam hubungan adalah dengan membicarakannya.Ungkapkan apa yang Anda rasakan dan inginkan. Pastikan bahwa pasangan juga mengharapkan hal yang sama. Anda dan pasangan mungkin dapat merencanakan beberapa hal untuk mengatasi titik jenuh dalam hubungan. Misalnya, sama-sama mengambil cuti dan melakukan bulan madu kedua.

2. Spontanitas juga penting

Untuk mengatasi titik jenuh dalam hubungan, tidak ada salahnya mulai melakukan hal spontan untuk menambah bumbu kemesraan.Beri kejutan kecil seperti hadiah untuk menggantikan barang lama miliknya yang telah rusak. Rencanakan kencan dadakan di rumah, buatkan masakan kesukaan pasangan, atau ajak ke restoran dengan konsep menarik.

3. Mencoba hal baru bersama

Tidak ada salahnya membuat rencana untuk mencoba hal baru dengan pasangan. Anda dapat memutuskan bersama-sama mengenai aktivitas baru apa yang bisa membuat Anda dan pasangan merasa gembira dan bersemangat.Kalian mungkin bisa mencoba yoga pasangan, bermain bowling, kursus dansa, atau kegiatan lain yang dapat mendekatkan kembali Anda dan pasangan secara fisik dan mental.

4. Konsultasi dengan ahlinya

Jika semua cara telah dicoba, dan ternyata tidak ada yang berhasil, Anda dan pasangan dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konsultan pernikahan.Konsultan pernikahan akan membantu menganalisa masalah dan memberikan terapi untuk mengatasi titik jenuh dalam hubungan.--Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Bustle. https://www.bustle.com/p/how-to-tell-if-you-are-bored-in-a-relationship-just-too-comfortable-9405358
Diakses 27 Oktober 2020
Love Panky. https://www.lovepanky.com/love-couch/romantic-love/signs-of-a-boring-relationship
Diakses 27 Oktober 2020
Elite Daily. https://www.elitedaily.com/dating/signs-youre-bored-with-your-relationship/2054678
Diakses 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait