Tanda-tanda Stress pada Kesehatan Fisik Ternyata Tidak Boleh Diremehkan


Tanda-tanda stress ternyata tidak hanya terlihat dari kesehatan mental kita, tapi juga kesehatan fisik. Bahayanya, tanda-tanda stress dapat terlihat dari rendahnya libido hingga sakit kepala.

0,0
25 May 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tanda-tanda stress tidak hanya menyerang kesehatan mental, tapi juga berdampak buruk untuk tubuh.Tanda-tanda stress pada tubuh sangatlah beragam.
Tanda-tanda stress yang kita kenal selama ini mungkin hanya sebatas perubahan suasana hati, mudah marah, kurangnya percaya diri, hingga sulit mengontrol diri. Ternyata, tanda-tanda stress lebih dari itu. Kondisi tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik alias tubuh.
Tanda-tanda stress pada tubuh yang dimaksud bukanlah perkara sepele. Nyatanya, ada banyak kerugian mengerikan yang bisa Anda rasakan jika tidak bisa mengontrol rasa stres pada pikiran. Kenalilah tanda-tanda stress pada tubuh yang harus diwaspadai ini.

Tanda-tanda stress pada tubuh

Sebenarnya, stres adalah respon tubuh terhadap berbagai macam situasi yang Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Malahan, stres dibutuhkan tubuh untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi.Sayangnya, jika rasa stres sudah berlebihan, tanda-tanda stress pada tubuh di bawah ini, bisa dialami:

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda-tanda stress pada tubuh yang sangat umum. Tidak hanya bisa mengundang rasa sakit kepala, stres juga bisa memperparah rasa sakit kepala yang sedang Anda rasakan. Sakit kepala yang biasa dirasakan berupa sakit kepala tegang atau tension headache.

2. Maag

Maag juga bisa menjadi tanda-tanda stress. Tidak heran, hormon stres berlebihan memang mampu meningkatkan produksi asam lambung, sehingga bisa mengundang maag atau bakan memperparahnya.

3. Insomnia

Tanda tanda stress
Tanda-tanda stress, salah satunya insomnia
Jangan salah, rasa stres yang nyaman “bermukim” di dalam pikiran, bisa membuat penderitanya susah tidur, sehingga insomnia pun datang.

4. Peningkatan laju pernapasan

Tanda-tanda stress berikutnya adalah laju pernapasan menjadi lebih cepat. Sebab, di saat sedang stres, otot yang membantu Anda untuk bernapas akan menegang, sehingga napas pun menjadi cepat.Hati-hati, tanda-tanda stress yang satu ini bisa membuat sesak napas.

5. Melemahnya sistem imun tubuh

Hormon stres yang berlebihan, ternyata bisa melemahkan sistem imun tubuh. Terlebih lagi jika perasaan stres ini tidak segera ditangani dan berhasil “menguasai” pikiran Anda.

6. Tekanan darah naik

Tanda-tanda stres selanjutnya ialah meningkatnya tekanan darah. Hormon stres yang berlebihan bisa mempersempit pembuluh darah, hingga tekanan darah pun meningkat.

7. Meningkatnya risiko serangan jantung

Tanda-tanda stress yang sangat mengerikan ini datang karena detak jantung cepat dan tekanan darah tinggi. Ya, risiko serangan jantung bisa meningkat jika Anda stres berkepanjangan. Sebab, stres bisa mempercepat detak jantung dan tekanan darah, sehingga merusak pembuluh darah.

8. Sakit perut

Stres tidak hanya berdampak buruk pada jantung, tapi juga sistem pencernaan. Di saat tubuh mengalami peningkatan hormon stres yang berlebihan, sistem pencernaan dapat terganggu dan menyebabkan sakit perut, hingga mual.

9. Masalah kesuburan

Hati-hati, tanda-tanda stress pada tubuh juga bisa menyebabkan masalah kesuburan. Tidak hanya pria, wanita juga bisa merasakan masalah kesuburan sebagai tanda-tanda stress yang dialami. Bahayanya, tanda-tanda stress yang satu ini bisa menyulitkan Anda dan pasangan untuk memiliki momongan.

10. Libido rendah

Umumnya, gangguan stres juga bisa menyebabkan datangnya rasa letih dan lesu. Situasi ini bisa menyebabkan rendahnya libido, sehingga menimbulkan masalah rumah tangga.

11. Disfungsi ereksi

Otak adalah organ yang sangat vital dalam pengoperasian berbagai anggota tubuh. Otak juga memiliki peran dalam mencapai ereksi. Jika stres datang dan menguasai otak Anda, maka jangan heran jika disfungsi ereksi datang sebagai tanda-tanda stress yang Anda alami.

12. Gangguan haid

Meningkatnya hormon stres dalam tubuh juga bisa menyebabkan fluktuasi hormon yang tak terkontrol. Hasilnya, fluktuasi hormon ini bisa menyebabkan haid yang tidak teratur, atau lebih parahnya, menghentikan masa menstruasi.

13. Otot tegang

Tanda tanda stress
Otot tegang juga bisa jadi tanda-tanda stress
Menegangnya otot bisa menjadi tanda-tanda stres. Di saat otot menegang, ada banyak kerugian yang bisa dirasakan, seperti sakit kepala hingga nyeri punggung.

Cara meredakan stres

Sebelum tanda-tanda stress datang menyerang, sebaiknya Anda melakukan berbagai cara meredakan stres yang nyatanya tidak sulit dilakukan. Walau begitu, jangan salah, cara meredakan stres ini memiliki dampak baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda.Berikut ini adalah berbagai macam cara meredakan stres yang bisa Anda lakukan:
  • Berolahraga secara teratur
  • Menyalakan lilin aroma terapi
  • Mengurangi konsumsi kafein
  • Menuliskan hal-hal yang membantu Anda melawan stres
  • Menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat
  • Tertawa lepas
  • Melakukan yoga
Mulai saat ini, jangan remehkan dampak stres pada kesehatan fisik Anda. Apalagi, kini Anda sudah memahami tanda-tanda stress pada tubuh yang sangat mengerikan.Jika memang rasa stres yang Anda rasakan sudah sangat besar, berkonsultasilah dengan psikolog untuk meminta bantuan.
kesehatan mentalstresgangguan stres akut
Web MD. https://www.webmd.com/balance/stress-management/stress-symptoms-effects_of-stress-on-the-body#1
Diakses pada 11 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/stress/effects-on-body#2
Diakses pada 11 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait