Tanda-Tanda Sexual Tension, Gejolak terhadap Orang yang Disuka


Sexual tension adalah gejolak yang muncul usai berinteraksi secara intens dengan seseorang. Perasaan ini bisa berdampak positif dan negatif, tergantung cara orang mengelolanya.

0,0
Sexual tension adalah gejolak yang muncul usai berinteraksi secara intens dengan seseorangSexual tension membuat detak jantung Anda meningkat ketika sedang bersama orang yang disuka
Apakah Anda pernah merasakan sensasi kupu-kupu di perut saat sedang bersama orang yang disuka? Atau tak berhenti memikirkan si Dia, termasuk ketika tidak bersama? Jika iya, mungkin Anda sedang merasakan sexual tension.Sexual tension sebuah sensasi bergejolak penuh kegembiraan dalam tubuh, yang muncul usai berinteraksi secara intens dengan seseorang. Perasaan ini terkadang dibarengi dengan hasrat seksual antara satu sama lain, namun tidak ada aktivitas seksual yang terjadi.

Tanda-tanda sexual tension

Sexual tension dapat terjadi di mana saja, baik itu lingkungan sekolah, kerja, atau pertemanan. Tanda-tandanya bisa dilihat dari gejala fisik maupun pola perilaku ketika Anda sedang bersama atau memikirkan si Dia.Berikut ini tanda-tanda sexual tension yang umum terjadi:

1. Sensasi kupu-kupu di perut

Beberapa dari Anda mungkin mengira bahwa sensasi aneh di perut sebagai gejala masalah pencernaan tertentu. Jika sensasi tersebut selalu muncul ketika Anda sedang bersama atau memikirkan orang yang disuka, hal tersebut menjadi tanda sexual tension.

2. Tidak bisa berhenti memikirkan si Dia

Sexual tension seringkali membuat Anda merasa tergila-gila, dan tak bisa berhenti memikirkan orang yang disuka. Orang tersebut selalu hadir di dalam pikiran Anda setiap saat, tak terkecuali ketika sedang sibuk beraktivitas. 

3. Sentuhan fisik memicu hasrat seksual

Jika Anda merasakan adanya hasrat seksual saat bersentuhan fisik dengan si Dia, hal tersebut dapat menjadi tanda sexual tension. Sentuhan fisik seperti berjabatan tangan maupun pelukan akan membuat sekujur tubuh hangat dan terasa tidak berdaya.

4. Detak jantung meningkat saat sedang bersama

Sexual tension membuat detak jantung Anda meningkat ketika sedang bersama orang yang disuka. Kondisi ini terjadi karena peningkatan produksi oksitosin, dopamine, dan norepinefrin pada otak.

5. Berkeringat lebih banyak dari biasanya

Ketika kebersamaan dengannya membuat Anda berkeringat lebih dari biasa, hal itu dapat menjadi tanda sexual tension. Keringat berlebih yang muncul merupakan efek peningkatan produksi norepinefrin dalam otak. Hormon ini merupakan pemain utama dalam munculnya respons fight-or-flight pada tubuh Anda.

Apakah sexual tension baik atau buruk?

Sexual tension adalah hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Perasaan ini memberi kesempatan untuk lebih dekat dengan si Dia dengan cara menggoda dan merayunya. Selain itu, Anda juga lebih bisa mempersiapkan diri secara mental untuk bersama calon pasangan.Di sisi lain, perasaan ini dapat menjadi masalah apabila orang yang Anda suka secara sengaja memanfaatkan sexual tension untuk memenuhi hasrat seksualnya saja. Perasaan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol Anda.Sexual tension satu arah juga dapat berujung pada kekerasan seksual. Perasaan ini dalam beberapa kasus membuat orang kesulitan untuk mengontrol perilakunya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan, antara lain:
  • Bertemu di tempat-tempat yang ramai
  • Menjaga jarak dari orang asing atau yang baru dikenal
  • Selalu membawa semprotan merica dalam tas atau kantong untuk keamanan
  • Berbicara dengan jelas mengenai ketertarikan Anda (jika tidak suka, sampaikan)
  • Berteriak meminta bantuan apabila orang tersebut menunjukkan tindakan yang mengarah pada kekerasan seksual

Cara mengelola sexual tension dengan penuh tanggung jawab

Melihat dampak buruk yang bisa ditimbulkan, sexual tension harus Anda kelola dengan penuh tanggung jawab. Perlakuan yang dilakukan atau diterima harus memperoleh izin antara satu sama lain atau bersifat konsensual (consent).Untuk mewujudkan hal tersebut, beberapa tindakan yang bisa dilakukan, meliputi:
  • Menerapkan batasan
  • Memiliki pendirian yang jelas
  • Memberitahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Jika aturan-aturan yang telah dibuat bersama dilanggar, Anda berhak untuk tak melanjutkan hubungan. Apabila dibiarkan begitu saja, hubungan yang Anda dengan si Dia dapat berjalan dengan tidak sehat.

Catatan dari SehatQ

Sexual tension adalah gejolak, terkadang dibarengi dengan hasrat seksual, yang muncul usai berinteraksi secara intens dengan seseorang. Perasaan ini umumnya mengarah ke hal positif, tapi bisa juga dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dengan tidak baik.Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Anda harus dapat mengelola gejolak ini dengan penuh tanggung jawab. Apabila sexual tension mengarah pada kekerasan seksual, jangan ragu untuk berbicara dan laporkan kepada pihak berwajib.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-sexual-tension-and-is-it-healthy-5191220
Diakses pada 18 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/sexual-tension
Diakses pada 18 September 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/sexual-tension
Diakses pada 18 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait