Tanda-tanda Penyakit Jantung ini Tidak Boleh Anda Biarkan

Tanda-tanda penyakit jantung, meliputi: sakit dada, nyeri lengan, nyeri leher atau rahang dan kelelahan tidak biasa
Tanda-tanda penyakit jantung tidak boleh dibiarkan begitu saja

Penyakit jantung adalah penyakit serius yang tidak boleh diremehkan sama sekali. Dengan mengetahui tanda-tanda penyakit jantung, setidaknya seseorang bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan memperbesar kemungkinan mereka untuk sembuh. Berikut adalah tanda-tanda penyakit jantung yang perlu diwaspadai:

1. Sakit Dada

Ini adalah tanda paling umum dari serangan jantung, tetapi kadang tidak selalu berupa rasa sakit yang tiba-tiba. Bisa saja berupa perasaan tidak nyaman, seperti sensasi napas berat atau dada sakit. Tanda-tanda penyakit jantung ini juga sering disalahartikan sebagai mulas/heartburn. Kondisi ini bisa berlangsung lebih dari beberapa menit.

2. Nyeri Lengan atau Punggung

Pria biasanya merasakannya di lengan kiri, tetapi wanita mungkin merasa nyeri di kedua lengannya. Lengan seseorang yang berisiko terkena penyakit jantung bisa terasa berat atau tidak bisa digerakkan. Ini bisa menjadi pertanda angina atau serangan jantung.

3. Nyeri Leher atau Rahang

Seseorang akan merasakan sakit di atas bahu ketika mengalami serangan jantung. Rahang bawah pada satu atau kedua sisi mungkin sakit atau terasa tegang. Leher terasa sakit, tenggorokan terasa tersedak, atau merasakan sensasi panas terbakar di leher.

4. Kelelahan yang Tidak Biasa

Hampir semua orang sibuk, jadi sangat wajar jika sesekali merasa lelah. Namun, waspada apabila Anda merasa kelelahan luar biasa karena bisa menjadi pertanda serangan jantung mendadak. Anda juga mungkin merasa lelah tetapi sulit tidur.

5. Pingsan dan Mual

Pingsan terjadi ketika tekanan darah rendah dan jantung tidak memompa jumlah oksigen yang cukup ke otak. Mual dan kurang nafsu makan juga bisa menjadi tanda adanya masalah dengan jantung seseorang.

7. Berkeringat dan Masalah Pernapasan

Jika seseorang mengalami serangan jantung, mereka mungkin berkeringat meskipun tidak banyak melakukan aktivitas. Orang tersebut juga bisa merasa dingin dan gerah, juga kehabisan napas, layaknya habis berlari maraton. Tanda penyakit jantung ini bahkan dapat terjadi ketika seseorang sedang berbaring.

8. Batuk dan Mengi

Mengi atau napas pendek dengan batuk teratur bisa menjadi tanda gagal jantung. Saat itulah jantung tidak memompa dengan baik untuk memasok tubuh dengan darah dan oksigen yang dibutuhkan. Ketika seseorang mengalami gagal jantung, darah dan cairan dapat kembali ke paru-paru sehingga penderita akan mengalami kesulitan bernapas.

9. Pembengkakan

Pembengkakan dapat terjadi pada kaki, pergelangan kaki, atau perut jika mengalami gagal jantung. Ketika darah yang mengalir keluar dari jantung Anda melambat, darah yang kembali melalui pembuluh darah dapat kembali naik. Ini menyebabkan cairan terkumpul di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Ginjal Anda tidak bisa menghilangkan air dan garam, yang menyebabkan pembengkakan.

10. Kesulitan beraktivitas

Ketika Anda mengalami gagal jantung, tubuh akan kesulitan mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh anggota tubuh. Akibatnya, Anda akan kesulitan beraktivitas. Kegiatan rutin, seperti berolahraga atau naik turun tangga, akan terasa sulit dilakukan.

11. Detak Jantung Cepat

Dengan gagal jantung, detak jantung akan lebih mungkin berdetak kencang untuk menebus kekurangan daya pompa. Anda mungkin merasa jantung Anda berdegup kencang.

12. Detak Jantung Tak Teratur

Gangguan irama jantung seperti atrial fibrillation (AFib) dapat menyebabkan detak jantung berdetak cepat dan tidak sinkron. Beberapa orang menggambarkan perasaan itu sebagai kepakan burung atau seperti ikan yang berjatuhan di dalam dada.

13. Mendengkur Keras

Jika dengkuran terjadi setiap malam, waspadai gejala sleep apnea. Kondisi ini adalah kondisi yang menyebabkan jeda dalam pernapasan saat Anda tidur. Dampaknya dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Kondisi ini harus segera ditangani karena penderita sleep apnea memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami masalah jantung yang mengancam jiwa.

14. Disfungsi Ereksi

Gejala penyakit jantung lainnya yang sangat mengganggu hubungan rumah tangga adalah disfungsi ereksi. Pembuluh darah penis yang terhambat membuat sirkulasi darah terganggu dan sulit mempertahankan ereksi. Bicaralah dengan dokter jika Anda memiliki disfungsi ereksi untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Darurat?

Dapatkan bantuan medis segera jika Anda berpikir bahwa Anda atau seseorang memiliki gejala serangan jantung. Perawatan dini dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada jantung Anda. Gejala-gejala serangan jantung, antara lain:

  • Nyeri atau sakit di dada
  • Rasa sakit atau tidak nyaman yang menyebar ke bahu, punggung, leher, atau lengan
  • Sesak napas
  • Sakit kepala ringan, pusing, atau pingsan
  • Berkeringat dan mual

Jangan biarkan tanda-tanda penyakit jantung di atas terjadi tanpa penanganan. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/ss/slideshow-heart-symptoms-you-should-not-ignore
Diakses pada Januari 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118
Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed