Tanda-Tanda Pasangan Melakukan Micro-Cheating, Pahami Juga Cara Mencegahnya


Micro-cheating adalah awal dari perselingkuhan. Berbeda dari perselingkuhan fisik, jenis perselingkuhan ini lebih melibatkan emosi dan perasaan.

0,0
Micro-cheating adalah tindakan-tindakan yang mengarah pada perselingkuhanBerkomunikasi secara intens dengan orang selain pasangan merupakan bentuk micro-cheating
Perselingkuhan diidentikan dengan adanya hubungan antara seseorang dengan orang selain pasangannya yang terjadi secara intim. Padahal, perselingkuhan sendiri dapat dilihat dari hal kecil, contoh masih sering menghubungi mantan tanpa alasan yang jelas, tertarik pada orang lain, ataupun membuat akun online dating padahal sudah punya pasangan. Kondisi ini dikenal dengan istilah micro-cheating.

Apa itu micro-cheating?

Micro-cheating adalah serangkaian tindakan yang bisa mengarah ke perselingkuhan. Berbeda dengan selingkuh secara fisik, jenis perselingkuhan ini lebih melibatkan emosi dan perasaan Anda kepada orang selain pasangan.Beberapa contoh tindakan yang dikategorikan sebagai micro-cheating, di antaranya:
  • Stalking akun media sosial orang yang disuka
  • Mengirim pesan menggoda ke orang yang disuka
  • Berbohong tentang status hubungan yang dimiliki 
  • Merasakan ketertarikan dengan orang selain pasangan
  • Berkomunikasi secara intens dengan orang selain pasangan
  • Membuat akun online dating meski sudah memiliki pasangan
  • Berdandan dengan tujuan menarik perhatian orang yang disuka
  • Rutin menyukai atau mengomentari postingan orang yang disuka
  • Menyembunyikan pertemanan dengan orang yang disuka dari pasangan
  • Mencari-cari alasan untuk bisa menghabiskan waktu dengan orang yang disuka, termasuk berbohong ke pasangan

Tanda-tanda pasangan melakukan micro-cheating

Micro-cheating umumnya terjadi lewat hal-hal sepele. Oleh sebab itu, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apakah pasangan sedang terlibat dalam jenis perselingkuhan ini atau tidak.Berikut ini sejumlah perilaku yang dapat mengindikasikan bahwa pasangan Anda tengah melakukan micro-cheating:

1. Selalu menaruh ponsel dalam keadaan layar menghadap ke bawah

Saat pasangan selalu menaruh ponsel dalam keadaan layar menghadap ke arah bawah, Anda patut curiga. Cara ini sering dilakukan supaya Anda tidak dapat melihat isi pesan yang masuk ketika notifikasi berbunyi. Untuk memberi perlindungan ekstra, pasangan Anda mungkin akan memberi password tambahan pada aplikasi chat, yang berbeda dengan passcode ponselnya.

2. Menghapus riwayat pesan dengan “teman”-nya

Pasangan yang melakukan micro-cheating biasanya akan menghapus pesan dari “teman”-nya secara rutin. Langkah ini dilakukan supaya aksinya tidak tercium oleh Anda. Ketika pasangan dengan sengaja menghapus pesan dari orang lain ketika hendak bertemu dengan Anda, hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tengah ia sembunyikan.

3. Menyukai dan mengomentari setiap postingan dari “teman”-nya

Menyukai dan mengomentari postingan media sosial teman merupakan hal yang wajar. Namun jika pasangan selalu melakukannya setiap kali “teman”-nya mengunggah postingan, Anda patut menaruh curiga. Sebagai contoh, apabila pasangan Anda menyukai semua foto dari salah satu teman wanitanya yang terlihat seksi, itu menjadi pertanda bahwa ia memikirkan orang tersebut dengan cara yang genit.

4. Menyimpan kontak “teman”-nya di ponsel dengan nama lain

Untuk menghilangkan kecurigaan, pasangan Anda mungkin akan mengganti nama kontak dari orang yang disuka menjadi nama lain. Misalnya, kontak dari “teman”-nya diganti menggunakan nama “klien” agar Anda tidak curiga ketika pasangan melakukan komunikasi intens lewat pesan dengan orang tersebut.

5. Menolak untuk berbagi passcode ponselnya

Dalam hubungan, menghormati privasi pasangan sangatlah penting. Namun, apabila pasangan menolak untuk berbagi passcode ponselnya padahal Anda hanya ingin sekedar melihat hasil foto yang diambil, Anda patut waspada. Jika tidak ada yang disembunyikan, pasangan Anda tentu tidak masalah saat ditanya kode untuk membuka ponselnya.Perlu diingat, perilaku-perilaku di atas tak bisa menjadi patokan pasti bahwa pasangan Anda melakukan micro-cheating. Apabila mencurigai pasangan selingkuh, ajaklah ia berbicara dan sampaikan apa yang Anda rasakan.

Bagaimana cara mencegah terjadinya micro-cheating?

Beberapa tindakan bisa Anda lakukan untuk mencegah pasangan melakukan micro-cheating. TIndakan pencegahan yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Jaga komunikasi supaya hubungan berjalan dengan baik.
  • Membicarakan soal tindakan apa saja yang dikategorikan sebagai perselingkuhan dan micro-cheating.
  • Lakukan aktivitas-aktivitas yang dapat memperkuat hubungan. Misalnya, meluangkan waktu setidaknya satu minggu sekali untuk pergi bersama.
  • Saling terbuka dan mengungkapkan perasaan secara jujur satu sama lain. Mintalah pasangan untuk menyampaikan apa yang dia rasakan, begitu juga sebaliknya.

Catatan dari SehatQ

Micro-cheating adalah tindakan-tindakan yang mengarah pada perselingkuhan. Perselingkuhan ini dapat dicegah dengan berbagai macam cara, mulai dari menjaga komunikasi satu sama lain, bersikap saling terbuka, dan melakukan hal-hal yang bisa memperkuat hubungan Anda dengan pasangan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai micro-cheating dan cara untuk mencegahnya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/micro-cheating
Diakses pada 21 April 2021
The Healthy. https://www.thehealthy.com/family/relationships/is-your-spouse-micro-cheating-heres-what-that-is-and-how-to-know/
Diakses pada 21 April 2021
Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a26422703/micro-cheating/
Diakses pada 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait