Tanda-Tanda Mengidap Aphantasia, Ketidakmampuan Berimajinasi Secara Visual


Aphantasia merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit berimajinasi secara visual dalam pikiran. Belum ada cara untuk menyembuhkan kondisi ini, namun beberapa hal bisa diterapkan untuk mengatasinya.

(0)
Aphantasia mengakibatkan penderitanya tidak bisa berimajinasi secara visualAphantasia adalah kondisi yang membuat penderitanya tidak bisa berimajinasi secara visual
Pernahkah Anda membayangkan liburan ke pantai ketika sedang lelah dengan pekerjaan di kantor? Ternyata tidak semua orang dapat mengimajinasikan gambar di dalam pikiran mereka. Ketidakmampuan untuk membayangkan gambar, objek, orang, serta pemandangan ini dikenal dengan istilah aphantasia.Otak manusia sebenarnya dapat digunakan untuk mengimajinasikan gambar dari situasi yang diinginkan. Sebagai contoh, ketika rindu dengan pasangan, muncul imajinasi gambar wajahnya di dalam pikiran Anda. Bagi orang yang menderita aphantasia, hal-hal tersebut sulit dilakukan.

Apa itu aphantasia?

Aphantasia adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak bisa menggambarkan imajinasi mereka dalam pikiran dalam bentuk visual. Kondisi ini terbilang langka dan hanya diderita oleh 1 hingga 3 persen orang saja.Ketika menderita aphantasia, Anda tidak akan bisa membayangkan bagaimana wajah orang lain, pemandangan, objek, hingga rencana kegiatan dalam otak. Meski begitu, orang dengan kondisi ini tetap dapat mendeskripsikan objek dan konsepnya.Kondisi ini bisa saja dialami sejak lahir. Namun, aphantasia mungkin berkembang ketika Anda mengalami cedera otak atau efek dari kondisi psikologis tertentu. Beberapa kondisi psikologis yang dapat memicu masalah ini, meliputi depresi, kecemasan, dan gangguan disosiatif.

Tanda-tanda Anda menderita aphantasia

Orang yang menderita aphantasia sulit membayangkan skenario di masa depan
Penderita aphantasia sulit mengingat kejadian di masa lalu
Tanda utama orang yang menderita aphantasia adalah tidak dapat berimajinasi dalam bentuk visual dalam pikiran mereka. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang dapat menjadi pertanda Anda mengalami kondisi ini.Beberapa gejala yang mungkin akan dirasakan, antara lain:
  • Kesulitan untuk mengenali wajah seseorang
  • Kesulitan untuk mengingat kejadian di masa lalu
  • Kesulitan untuk membayangkan skenario di masa depan
  • Penurunan citra yang melibatkan indra lain seperti suara dan sentuhan
Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti kondisi apa yang mendasarinya.

Bisakah aphantasia dapat disembuhkan?

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apakah kondisi ini dapat disembuhkan. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa terapi penglihatan dapat membantu mengatasi kondisi ini.Dalam penelitian tersebut, peneliti melakukan terapi penglihatan sebanyak 18 sesi terhadap penderita aphantasia. Terapi ini dilakukan setiap minggu dengan durasi selama 1 jam. Usai menjalani terapi, ia melaporkan dapat mengimajinasikan wajah serta istri anaknya sebelum tidur. Namun, visual tersebut tidak dapat muncul saat dirinya beraktivitas.Selain menerapkan terapi penglihatan, beberapa perawatan yang dilakukan peneliti dalam mengatasi aphantasia, di antaranya:
  • Permainan mengingat pola
  • Permainan mengingat kartu
  • Aktivitas komputer yang membutuhkan pengenalan wajah
  • Aktivitas yang mengharuskan penderitanya untuk mendeskripsikan objek atau pemandangan di luar
Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait hal ini. Para peneliti menyarankan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait cara untuk meningkatkan kemampuan visual penderita aphantasia.

Tips hidup berdampingan dengan aphantasia

Ketidakmampuan untuk mengimajinasikan orang, objek, dan tempat dalam pikiran dapat membuat penderita aphantasia stres. Terlebih jika momen tersebut memiliki makna yang sangat dalam untuk Anda.Meski begitu, kondisi ini sebenarnya tak memerlukan perawatan karena tidak akan berpengaruh terhadap kualitas hidup Anda. Jika kemampuan Anda dalam mengingat ikut terganggu, cobalah untuk selalu mengabadikan momen-momen yang penting dan berarti. Cara ini dapat membantu mempermudah Anda mendapatkan gambaran terkait orang, objek, atau situasi di masa lalu.

Catatan dari SehatQ

Aphantasia adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk mengimajinasikan orang, benda, tempat, atau situasi secara visual dalam pikirannya. Kondisi ini bisa dibawa sejak lahir maupun muncul akibat cedera pada otak.Ketidakmampuan untuk berimajinasi secara visual memang dapat membuat orang stres, namun tak akan memberi pengaruh terhadap kualitas hidup. Apabila kemampuan mengingat Anda ikut terpengaruh akibat aphantasia, lakukan permainan yang mengasah fungsi otak, serta abadikan semua orang dan momen penting di hidup Anda melalui kamera.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal aphantasia dan cara mudah untuk hidup berdampingan dengan kondisi ini, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan otakpenyakit otak
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/aphantasia-overview-4178710
Diakses pada 4 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/aphantasia-cure
Diakses pada 4 April 2021
American Academy of Optometry. https://www.aaopt.org/docs/default-document-library/treatment-of-aphantasia.pdf?sfvrsn=69d60ea5_0
Diakses pada 4 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait