Tanda-Tanda Love Bombing, Cinta Tak Wajar dari Pasangan Demi Tujuan Tertentu


Love bombing merupakan cara memanipulasi seseorang dengan memberikan cinta secara intens. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya dalam hal materi atau aktivitas seksual.

(0)
Love bombing adalah cara memanipulasi seseorang dengan memberikan cinta secara intensPelaku love bombing tak akan sungkan memberikan banyak hadiah kepada calon korbannya
Menerima banyak perhatian dan kasih sayang dari orang yang disukai maupun pasangan tentu merupakan dambaan semua orang. Namun, apabila kedua hal tersebut Anda dapatkan secara berlebihan, waspadalah. Cinta yang diberikan secara tidak wajar dan berlebihan dapat menjadi pertanda love bombing.

Apa itu love bombing?

Love bombing adalah manipulasi yang dilakukan oleh penderita gangguan kepribadian narsistik  dan sosiopat untuk mendapatkan tujuan mereka. Demi mencapai tujuan itu, pelaku akan memberikan banyak perhatian dan kasih sayang kepada korbannya hingga termanipulasi.Taktik ini umunya sulit dikenali pada masa-masa awal hubungan, terlebih apabila Anda sedang dimabuk cinta. Setelah mendapatkan apa yang diinginkan, baik secara materi maupun seksual, pelaku love bombing akan merendahkan dan membuang korbannya tanpa rasa kasihan.

Tanda-tanda pasangan melakukan love bombing

Ketika dihujani cinta secara terus-menerus, Anda terkadang tidak dapat menggunakan akal sehat dengan benar dalam mengambil keputusan. Supaya tidak menjadi korban selanjutnya, penting bagi Anda untuk memahami tindakan-tindakan yang sering dilakukan oleh pelaku love bombing untuk memanipulasi mangsanya.Berikut ini sejumlah tindakan yang dapat menjadi pertanda pasangan tengah melakukan love bombing:

1. Tidak berhenti memberi pujian

Pelaku love bombing akan menghujani Anda dengan cinta dan perhatian
Pelaku love bombing akan menghujani pasangan dengan pujian berlebihan
Setiap orang pasti merasa senang ketika mendapat pujian dari pasangan. Namun, jika pujian yang diberikan terasa berlebihan dan tidak wajar, bisa jadi pasangan atau orang yang Anda sukai sedang melakukan love bombing. Contoh pujian yang tidak wajar, misalnya “Aku belum pernah bertemu wanita secantik kamu”.

2. Menghujani Anda dengan hadiah

Pelaku love bombing tak akan sungkan memberikan banyak hadiah kepada calon korbannya. Cara ini dilakukan untuk menarik perhatian dan mengambil hati Anda. Ketika Anda mulai luluh, pelaku akan beraksi untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

3. Menginginkan perhatian Anda secara penuh

Ketika merasa tidak diperhatikan, pelaku love bombing mungkin akan marah dengan Anda. Hal ini mungkin tak disampaikan secara langsung, tetapi bisa dilihat dari ekspresi ketidaksukaan di wajahnya saat Anda berbicara dengan orang lain atau menolak ajakannya untuk pergi.Orang yang benar-benar cinta tidak akan memaksakan fokus Anda ke dirinya seorang. Orang tersebut akan menghormati batasan, ide, dan komitmen yang telah dibuat sebelumnya. 

4. Marah saat Anda mencoba membuat batas

Pelaku love bombing akan marah ketika Anda memberi batasan
Pelaku love bombing akan ngambek jika Anda mencoba membuat batasan
Setiap orang berhak untuk membuat batasan dalam hidupnya. Jika pasangan atau orang yang disukai marah ketika Anda membuat batasan, waspadalah karena hal tersebut bisa saja menjadi tanda bahwa ia merupakan pelaku love bombing.Bagi pelaku love bombing, batasan yang dibuat hanya akan menghambat aksi mereka dalam memanipulasi Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang yang mencintai Anda secara sungguh-sungguh akan menghargai batasan tersebut.

5. Hubungan terasa tidak seimbang

Banyaknya cinta yang diberikan pelaku pada awal hubungan mungkin akan membuat Anda merasa dimabuk kepayang. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak tindakan pelaku love bombing yang malah membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika Anda mulai merasakan perasaan itu dan menyadari ada yang tidak wajar, jangan ragu untuk mengakhiri hubungan.Meskipun begitu, tanda-tanda di atas tidak dapat dijadikan patokan pasti apakah pasangan Anda melakukan love bombing. Cobalah mengikuti kata hati untuk menentukan keputusan yang hendak Anda ambil.

Bagaimana cara menghadapi pelaku love bombing?

Ketika Anda curiga atau sadar telah jadi korban love bombing, jangan ragu untuk menerapkan batasan yang jelas dan sehat. Sebagai langkah awal, Anda bisa membalas pesan yang dikirim pelaku dalam waktu lebih lama atau menolak hadiah yang diberikan.Sampaikan juga bahwa Anda ingin batasan-batasan yang ada dihormati. Jika menolak, jangan ragu untuk meninggalkan orang tersebut demi kebaikan Anda.

Catatan dari SehatQ

Love bombing merupakan cara memanipulasi seseorang dengan memberikan cinta secara intens dan berlebihan. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya dalam hal materi maupun aktivitas seksual.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai love bombing dan cara menghadapi para pelakunya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/love-bombing
Diakses pada 7 April 2021
Healthy Place. https://www.healthyplace.com/blogs/verbal-abuse-relationships/2018/5/love-bombing-gaslighting-abuse
Diakses pada 7 April 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/love-bombing
Diakses pada 7 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait