5 Tanda-tanda Hamil Muda pada Perut


Tanda-tanda hamil muda pada perut cenderung tidak terlihat ataupun tidak disadari oleh perempuan. Meski perut belum membesar, ada beberapa gejala yang mungkin dirasakan, seperti perut kram, kencang, hingga terasa mual.

(0)
Tanda-tanda hamil muda pada perut cenderung tidak terlihat atau disadari oleh sebagian besar perempuanTanda-tanda hamil muda pada perut dapat dicek oleh dokter kandungan dengan USG
Tanda-tanda hamil muda pada perut tidak selalu diikuti dengan perut buncit. Meski perut belum tampak membesar, sebenarnya ada banyak perubahan pada perut yang dapat menandakan kehamilan. Ini tanda-tanda hamil muda yang bisa Anda kenali pada perut:
  • Perut kram
  • Perut kembung
  • Perut sembelit
  • Perut kencang
  • Perut mual
Terlebih, perut bagian bawah pun kerap nyeri saat awal kehamilan. Namun, salah satu tanda hamil ini tidak sepenuhnya dialami oleh setiap ibu hamil.

Tanda-tanda hamil muda pada perut

Saat hamil muda, Anda mungkin masih belum menyadari adanya tanda awal kehamilan atau perubahan secara khusus pada perut Anda. Meski perubahan pada perut belum terlihat, tetapi ada beberapa tanda awal kehamilan pada perut yang mungkin Anda rasakan saat sedang hamil muda.Berikut adalah tanda-tanda hamil muda pada perut yang mungkin Anda alami:

1. Perut kram

Kram perut umum terjadi pada hamil muda
Salah satu tanda hamil muda pada perut yang biasanya dialami adalah kram perut ringan. Tanda-tanda hamil muda pada perut ini biasanya muncul berbarengan dengan flek darah yang mungkin menandakan implantasi, yaitu sel telur yang dibuahi dan menempel di dinding rahim.Kram perut saat hamil muda yang dirasakan kurang lebih sama dengan kram yang Anda rasakan saat sedang menstruasi. Tanda awal kehamilan pada perut ini dan tanda menstruasi terkadang sulit untuk dibedakan.Jika mengalami kram saat menstruasi, lalu darah haid tidak muncul atau hanya berupa bercak darah pada jadwal menstruasi, ini bisa jadi tanda-tanda ciri-ciri hamil muda. Saat Anda merasakan kram perut, hal penting yang harus dilakukan adalah beristirahat. Anda pun bisa mencoba hal-hal berikut ini untuk mengatasi kram perut yang dialami:
  • Bergerak atau melakukan beberapa gerakan pelan guna mengatasi kram yang mungkin disebabkan oleh lambung bergas.
  • Mandi atau kompres perut dengan air hangat.
  • Berbaring atau duduk sementara waktu.
  • Jangan merokok dan minum minuman beralkohol.

2. Perut kembung

Progesteron menyebabkan tanda awal kehamilan pada perut muncul berupa kembung
Tanda-tanda hamil muda pada perut berikutnya adalah perut terasa kembung. Sama seperti kram perut, perut kembung juga terkadang menjadi gejala menstruasi yang paling umum.Saat muncul tanda awal kehamilan pada perut ini, perut kembung biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan sistem pencernaan melambat. Ketika sistem pencernaan melambat, makanan dan gas akan bertahan lebih lama di dalam perut.Untuk mengatasi perut kembung saat hamil muda, sebaiknya Anda menghindari jenis-jenis makanan yang dapat membuat ibu hamil mengalami perut kembung, seperti kol, kubis, kacang-kacangan, dan lainnya.

3. Perut sembelit

Sembelit terjadi akibat perubahan hormon sebagai tanda awal kehamilan pada perut
Perut sembelit juga menjadi tanda-tanda hamil muda pada perut. Perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat yang berakhir menjadi kondisi sembelit. Biasanya, tanda awal kehamilan pada perut ini juga berbarengan dengan perut kembung.Sebagai solusi untuk mengatasi perut sembelit saat hamil, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

4. Perut kencang

Perut kencang merupakan tanda-tanda hamil muda pada perut akibat ligamen meregang
Tanda-tanda hamil muda pada perut lainnya, yaitu perut terasa kencang. Beberapa perempuan mungkin ada yang merasakan sensasi otot seperti ditarik, ditusuk, atau diregangkan di bagian perut.Salah satu penyebab tanda awal kehamilan pada perut ini adalah rahim yang berkembang serta ligamen dan jaringan perut lainnya yang meregang dengan cepat sebagai cara untuk menyesuaikan pertumbuhan janin.Selain itu, perut kembung dan sembelit juga dapat menyebabkan perut Anda terasa kencang saat hamil muda.Bentuk perut pada ibu hamil muda pun ada yang terlihat langsung membesar, ada juga yang tidak. Bentuk perut hamil muda saat duduk akan terlihat buncit, tetapi keras dan kencang.Sementara, jika perut gemuk biasa, ia akan terlihat berlipat dan bergelambir saat duduk.Untuk mengatasi perut kencang saat hamil muda, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Beristirahat
  • Perbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi
  • Menggerakkan posisi tubuh agar perut terasa lebih relaks
  • Gunakan kompres hangat dan atau mandi air hangat
  • Lakukan pijatan lembut

5. Perut mual

Fluktuasi hormon pada awal kehamilan menyebabkan perut mual
Tanda-tanda hamil muda pada perut yang umum dirasakan adalah perut terasa mual di pagi hari atau dikenal pula dengan morning sickness.Meski namanya morning sickness, tanda-tanda hamil muda ini juga dapat terjadi sepanjang hari, baik pada siang, sore, atau malam hari. Ciri-ciri hamil satu ini biasanya baru muncul setelah Anda memasuki usia kehamilan minggu ke-6 atau bahkan lebih cepat.Penyebab perut terasa mual memang tidak diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron sehingga mengakibatkan sistem pencernaan melambat dan timbullah rasa mual.Berdasarkan riset yang diterbitkan pada jurnal National Center for Biotechnology Information, saat proses kehamilan terjadi, tubuh pun akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Selain itu, hormon estrogen pun meningkat pada fase trimester 1 ini. Gejolak beragam hormon pada tubuh ini membuat ibu hamil akan merasa mual.Pada saat hamil muda, kondisi perut mual akan terasa ringan hingga parah. Morning sickness akan mereda secara perlahan seiring perkembangan usia kehamilan Anda.Ada beberapa cara untuk mengatasi morning sickness saat hamil muda, yaitu memperbanyak asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.Hal ini berguna bila mual dan muntah terjadi sehingga cairan yang keluar pun segera terganti. Selain itu, Siapkan biskuit asin di sisi tempat tidur sehingga Anda bisa mengonsumsinya sewaktu-waktu dengan mudah.Ibu hamil disarankan untuk menjauhi makanan dengan bau yang kuat serta makanan yang pedas. Sebab, hal ini memengaruhi nafsu makan ibu sehingga mual dan muntah lebih kerap terjadi. Tentu, kondisi ini justru menghambat asupan nutrisi ibu hamil.

Segera tes hamil jika muncul ciri-ciri hamil muda pada perut

Tanda-tanda hamil muda pada perut akan terjawab dengan test pack
Selain tanda-tanda hamil muda pada perut di atas, Anda juga mungkin mengalami beberapa gejala awal kehamilan, seperti mudah lelah, perubahan suasana hati, buang air kecil lebih sering, hingga nyeri pada payudara.Memastikan Anda tengah hamil muda tidak cukup hanya dengan melihat ciri-ciri hamil muda yang dialami. Terlebih tidak semua calon ibu mengalami tanda hamil yang sama, terutama yang muncul pada awal kehamilan. Ada pula yang mungkin tidak pernah merasakan tanda di awal kehamilan apa pun sehingga tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil muda.Jika Anda terlambat menstruasi dan merasa yakin hamil, alangkah baiknya segera cek menggunakan test pack. Test pack adalah alat tes kehamilan yang dapat diperoleh dengan mudah di apotek atau toko yang menjual alat-alat kesehatan.Dengan test pack, Anda dapat memastikan kehamilan lebih awal dan cukup akurat, yakni sekitar 99-100 persen. Jadi, tidak hanya dengan melihat tanda-tanda hamil muda pada perut saja.Akan tetapi, kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah Anda telat haid. Pastikan untuk menggunakan test pack sesuai instruksi yang tertera pada kemasan untuk mendapatkan hasil yang akurat.Apabila hasil positif, segera beritahu orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, dan kerabat terdekat. Hal ini berguna agar ibu mendapatkan dukungan. Sebab, gejolak hormon pada trimester awal membuat suasana hati ibu pun ikut bergejolak

Waspadai hal berikut pada tanda-tanda hamil muda pada perut

Jika nyeri perut ditandai dengan sakit kepala hingga pendarahan, harap waspadai
Saat rasa tidak nyaman pada perut hanya terjadi sebentar dan bisa ditoleransi, Anda tidak perlu khawatir. Namun, kram perut yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan diikuti sakit tak tertahankan, muntah hebat, pendarahan, demam, atau sakit kepala, hal ini menunjukkan ada komplikasi pada kehamilan.Saat hal ciri perut hamil muda yang tidak normal muncul, segera larikan ibu ke pelayanan kesehatan terdekat. Bisa jadi, ibu yang kram dan pendarahan merupakan tanda kehamilan ektopik atau keguguran. Selain itu, infeksi serius pada perut pun juga perlu dicurigai.

Kapan harus ke dokter kandungan?

Tes USG berguna untuk mengecek ibu hamil muda
Jika hasil test pack menunjukkan positif, Anda dapat segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan dan memeriksakan kondisi kandungan Anda. Selanjutnya, pemeriksaan kandungan secara rutin perlu dilakukan sesuai dengan instruksi dokter kandungan.Anda juga perlu menemui dokter kandungan apabila mengalami terlambat datang bulan dan yakin dengan beberapa tanda-tanda hamil muda pada perut di atas. Biasanya, dokter akan melakukan USG untuk menentukan apakah Anda hamil muda atau tidak.

Catatan dari SehatQ

Tanda-tanda hamil muda pada perut tidak selalu dilihat dari tampilan perut secara kasat mata. Bahkan, ciri perut hamil muda ini hanya bisa dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung. Terlebih, tidak semua ibu menunjukkan perut buncit sebagai tanda awal kehamilan pada perut.Apabila Anda menemukan ciri-ciri hamil muda pada perut, segera temui dokter terdekat atau chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQJangan lupa kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait keperluan ibu hamil.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
hamilkehamilantrimester pertama kehamilantes kehamilanibu hamil
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853
Diakses pada 4 Mei 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/early-symptoms-of-pregnancy.aspx
Diakses pada 4 Mei 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests
Diakses pada 4 Mei 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_abdominal-pain-and-cramping-during-pregnancy_204.bc
Diakses pada 4 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/stomach-tightening-during-pregnancy
Diakses pada 4 Mei 2020
Kidspot. https://www.kidspot.com.au/birth/pregnancy/signs-and-symptoms/first-symptoms-of-pregnancy-what-happens-right-away/news-story/2683c7eed8bb3fe71f95599078bddea5
Diakses pada 4 Mei 2020
National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK532917/
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait