logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Ciri-Ciri Gagal Ginjal yang Sebaiknya Anda Waspadai

open-summary

Banyak penyakit yang punya gejala mudah lelah, salah satunya gagal ginjal. Gatal pada kulit juga jadi salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang perlu diwaspadai.


close-summary

13 Nov 2020

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Gejala atau ciri-ciri gagal ginjal

Gagal ginjal memiliki sejumlah gejala yang sebaiknya Anda ketahui

Table of Content

  • Gejala gagal ginjal yang mungkin terjadi
  • Pengobatan gagal ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi ketika organ yang satu ini tak lagi bisa menjalankan fungsinya dengan benar, yaitu menyaring darah dan membuang limbah. Jika dibiarkan, ada berbagai komplikasi yang justru bisa membahayakan nyawa. Mengenali gejala gagal ginjal dapat membantu Anda melakukan pemeriksaan sedini mungkin.

Advertisement

Terlebih, beberapa orang tidak begitu peka dalam mengenali ciri-ciri penyakit ginjal yang muncul. Simak ulasan lengkap mengenai beberapa tanda gagal ginjal berikut ini.

Gejala gagal ginjal yang mungkin terjadi

Gagal ginjal adalah kondisi ketika satu atau kedua ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

Terkadang, sifatnya sementara dan bisa muncul dengan cepat. Namun, ada pula kondisi gagal ginjal kronis yang bisa memburuk secara perlahan dalam waktu lama.

Cleveland Clinic menjelaskan, pada tahap awal penyakit atau gagal ginjal, kebanyakan orang mengalami sedikit atau bahkan tanpa gejala. 

Seiring dengan perkembangan penyakit, gejalanya kemudian mulai terlihat. Tanda-tanda ini bisa jadi semakin berat tergantung tingkat keparahan gagal ginjal atau kemungkinan komplikasi yang muncul. 

Berikut adalah beberapa gejala dan tanda gagal ginjal perlu Anda waspadai:

1. Kelelahan ekstrem

Gejala awal gagal ginjal yang mungkin terasa adalah mudah lelah, lemas, tidak berenergi, bahkan sampai sulit konsentrasi.

Penurunan fungsi ginjal yang cukup berat dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

Akibatnya, orang merasa sangat kelelahan dan lemah. Sebab normalnya, darah berisi nutrisi dan oksigen akan disalurkan ke seluruh tubuh. Jika fungsi ginjal menurun, darah pun jadi “terkontaminasi”.

Selain itu, gagal ginjal kronis juga bisa menyebabkan anemia. Sel darah merah yang seharusnya mengantar oksigen jadi berkurang. Anda pun jadi merasa kelelahan.

2. Susah tidur

Gangguan tidur juga menjadi salah satu gejala atau tanda gagal ginjal dan penyakit ginjal kronis. Saat mengalami gagal ginjal, Anda mungkin akan mengalami insomnia, sleep apnea, atau sindrom kaki gelisah.

Indonesian Biomedical Journal menjelaskan bahwa hal ini berkaitan dengan peningkatan tekanan darah pada dinding pembuluh ketika ginjal bermasalah. Padahal, pada saat ini seharusnya jantung dalam kondisi beristirahat. 

Selain itu, ada pula peningkatan kadar C-Reactive Protein (CRP). Kadar CRP yang tinggi ini menandakan adanya peradangan akut sehingga memengaruhi lamanya waktu dan kualitas tidur. 

Selain itu, kesehatan fisik dan mental yang menurun pada penderita gagal ginjal kronis juga bisa mengakibatkan gangguan atau sulit tidur. 

Baca Juga

  • Perbedaan Diabetes Melitus tipe 1 dan 2 Ini Perlu Anda Ketahui
  • Lutut Tak Bisa Lurus, Bisakah Kembali Normal?
  • 7 Penyebab Kuku Kaki Hitam yang Harus Anda Ketahui

3. Kulit kering dan gatal

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa salah satu ciri-ciri atau tanda gagal ginjal adalah kulit gatal.

Kulit kering dan gatal pada penderita gagal ginjal bisa terjadi saat ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Ini bisa mengakibatkan kelainan metabolisme kalsium, yang menimbulkan pembentukan kristal kalsium fosfat di kulit. Kristal inilah yang menyebabkan gejala gatal pada tubuh Anda.

4. Perubahan warna kulit

Ginjal yang berhenti bekerja mengakibatkan penumpukan racun dalam tubuh. 

Penumpukan racun akibat gagal ginjal bisa menyebabkan munculnya gejala pada kulit, seperti perubahan warna kulit. 

Beberapa perubahan warna kulit yang jadi tanda gagal ginjal, antara lain:

  • Kulit menjadi pucat dan kusam
  • Warna kulit menjadi abu-abu atau kekuningan
  • Beberapa area kulit menggelap
  • Warna kulit kekuningan, yaitu kulit tebal dengan tonjolan dan garis dalam
  • Muncul bintik-bintik seperti komedo

5. Ingin buang air kecil terus-menerus

Salah satu gejala penyakit gagal ginjal adalah keinginan pipis yang terus muncul, sekalipun Anda baru saja buang air kecil. Sering ingin pipis biasanya dirasakan penderita gagal ginjal utamanya pada malam hari.

Salah satu penyebab orang yang mengalami gagal ginjal jadi sering ingin buang air kecil adalah rusaknya filter di dalam ginjal. Ini juga bisa jadi tanda infeksi saluran kemih. Akibatnya, hasrat ingin buang air kecil jadi tidak tuntas.

Namun, meskipun Anda merasa ingin pipis terus, kemungkinan akan terjadi penurunan jumlah urine. Kebanyakan penderita gagal ginjal akut hanya membuat 400 ml urine dalam sehari.

6. Terdapat darah dalam urine

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel darah untuk tetap berada dalam tubuh, saat proses menyaring limbah untuk menghasilkan urine.

Namun, ketika filter ginjal rusak, sel darah bisa ikut terbuang lewat urine. Itu sebabnya, urine berdarah jadi salah satu ciri-ciri gagal ginjal.

Meski begitu, tidak selalu urine berdarah menandakan Anda pasti kena gagal ginjal. Beberapa penyakit lain, seperti tumor, batu ginjal, atau infeksi lain mungkin juga menyebabkan hal serupa.

7. Kencing berbusa

Gelembung berlebihan dalam urine juga bisa menjadi gejala awal penyakit gagal ginjal. Hal ini membuat Anda perlu menyiram beberapa kali sampai urine hilang. 

Busa yang muncul kemungkinan akan terlihat seperti busa yang muncul saat Anda mengocok telur.

8. Kaki bengkak

Ginjal berfungsi menyaring mineral, termasuk natrium. Saat fungsi ginjal menurun, hal ini dapat menyebabkan retensi natrium. Artinya, natrium yang seharusnya dikeluarkan tubuh lewat urine justru terlalu banyak di dalam tubuh.

Retensi natrium pada orang dengan gagal ginjal dapat menimbulkan gejala, berupa pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

9. Kram otot

Gangguan fungsi ginjal juga bisa menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini membuat kadar kalsium dalam tubuh menjadi rendah serta kadar fosfor yang tidak terkontrol. 

Berbagai elektrolit ini penting untuk kerja otot. Itu sebabnya, saat mengalami gagal ginjal beberapa orang akan mengalami kram otot.

10. Penurunan nafsu makan

Saat Anda sakit, gejala seperti penurunan nafsu makan adalah hal yang umum terjadi.

Dalam penyakit gagal ginjal, ciri-ciri ini bisa terjadi akibat senyawa yang terbentuk dalam darah menekan nafsu makan serta memengaruhi indra perasa.

Makanan yang akan Anda nikmati pun kemungkinan akan terasa seperti logam.

Pengobatan gagal ginjal

Pemeriksaan ginjal melalui biopsi ginjal
Biopsi ginjal dilakukan dengan memeriksa jaringan ginjal

Dokter akan merekomendasikan pengobatan sesuai dari gejala, penyebab, dan seberapa parah penyakit ginjal yang Anda alami. Apabila gagal ginjal cukup berat dan dikonfirmasi lewat pemeriksaan tertentu, dokter akan melakukan beberapa perawatan untuk membantu mempertahankan fungsi ginjal selama mungkin.

Penderita gagal ginjal perlu pengobatan yang tepat agar bertahan hidup. Berikut adalah beberapa pengobatan gagal ginjal yang utama:

  • Dialisis, perawatan yang dapat membantu tubuh menyaring darah. Pada hemodialisis, cuci darah akan dilakukan sebanyak 3 atau 4 hari dalam seminggu.
  • Transplantasi ginjal, mengganti ginjal yang sehat melalui donor, karena ginjal sebelumnya sudah tidak berfungsi.

Mengingat tanda gagal ginjal jarang disadari hingga muncul keluhan lebih lanjut, sebaiknya lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara berkala. Khususnya jika berisiko gagal ginjal, seperti memiliki riwayat diabetes atau tekanan darah tinggi.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab dan gejala gagal ginjal? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

gangguan ginjalgagal ginjalpenyakitpenyakit ginjaltransplantasi ginjalgagal ginjal kronis

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved