Tanda-Tanda Crab Mentality, Sikap Tidak Suka Melihat Orang Lain Berhasil


Crab mentality membuat individu merasa tidak suka atau iri dengan keberhasilan orang lain. Apabila tidak segera dihilangkan, mentalitas kepiting dapat berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan orang lain.

0,0
Crab mentality adalah mentalitas yang memicu rasa iri dengan keberhasilan orang lainOrang dengan crab mentality selalu tidak suka melihat keberhasilan orang lain
Dalam pendidikan maupun pekerjaan, ada individu yang tidak suka saat melihat orang lain lebih sukses dari dirinya. Sebagai contoh, Anda akan merasa iri dan marah ketika melihat rekan kerja mendapatkan promosi dari atasan untuk menduduki jabatan baru. Adanya pikiran tersebut dapat menjadi tanda crab mentality.

Apa itu crab mentality?

Crab mentality adalah mentalitas yang memicu munculnya perasaan tidak suka, iri, atau marah saat melihat orang lain lebih berhasil dari Anda. Istilah ini sendiri sebenarnya populer di Filipina karena masyarakat salah satu negara Asia Tenggara tersebut umumnya memiliki mentalitas ini.Pemberian nama crab mentality berasal dari kebiasaan yang ditunjukkan kepiting ketika mereka berada dalam ember bersama dengan teman-temannya. Saat salah satu kepiting mencoba untuk keluar, kepiting lain akan menarik mereka kembali ke dalam ember. Kebiasaan unik dari kepiting itu kemudian dijadikan metafora untuk individu yang tidak mau melihat orang lain lebih sukses dari mereka.

Tanda-tanda seseorang mempunyai crab mentality

Ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mempunyai crab mentality. Tanda tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku mereka sehari-hari, seperti:
  • Mempunyai pikiran ‘jika saya tidak bisa mendapatkannya, begitu juga Anda’
  • Merasa iri dan kesal ketika orang lain berhasil mendapatkan apa yang diinginkan
  • Menanggapi keberhasilan orang lain dengan memberikan komentar yang bersifat meremehkan
  • Berpikir bahwa keberhasilan yang didapatkan oleh orang lain tak lepas dari faktor keberuntungan maupun hak istimewa (privilege), bukan atas hasil usahanya sendiri

Cara mengatasi crab mentality

Crab mentality adalah mentalitas yang dapat dihilangkan. Namun, diperlukan usaha yang keras dari Anda untuk dapat menghilangkan mentalitas buruk ini. Cara mengatasi mentalitas kepiting adalah dengan belajar dari kegagalan dan terus mengasah kemampuan.Rasa kurang percaya diri membuat Anda terjebak dalam crab mentality. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, terus asah kemampuan untuk menjadi lebih baik lagi. Saat Anda mengalami kegagalan, cobalah untuk mengidentifikasi apa yang jadi penyebabnya, lalu lakukan perbaikan. Dengan begitu, Anda dapat bersaing secara sehat dalam mencapai tujuan tertentu.

Benarkah crab mentality merupakan tanda harga diri rendah?

Crab mentality dapat menjadi tanda harga diri yang rendah. Saat merasa harga diri rendah, Anda kemudian berusaha mencari cara untuk meningkatkannya. Sayangnya, cara yang dilakukan terkadang kurang tepat, termasuk dengan merendahkan orang lain untuk menjaga harga diri tetap tinggi di mata orang lain.Mentalitas kepiting hanya akan mempertahankan perasaan tidak berharga dalam diri Anda. Selain itu, crab mentality juga berpotensi merusak hubungan Anda dengan orang lain, baik dengan teman kerja, sahabat, maupun keluarga.Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pastikan Anda meningkatkan harga diri dengan cara yang benar. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga diri sekaligus mencegah crab mentality, antara lain:
  • Memperlakukan diri sendiri secara positif 

Perlakukan diri sendiri sama seperti saat Anda memperlakukan orang-orang tersayang. Jangan bersikap dan bertindak terlalu keras terhadap diri Anda sendiri, terutama ketika melakukan kesalahan.
  • Jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanamkan dalam diri bahwa setiap orang mempunyai kehidupan yang berbeda. Terlalu sering membanding-bandingkan diri sendiri hanya akan memicu perasaan rendah harga diri. Berusahalah untuk menerima diri sendiri beserta kekurangan yang ada.
  • Akui hal-hal positif

Jangan menganggap raihan atau keberhasilan sebagai suatu keberuntungan. Akui hal-hal positif yang telah berhasil dicapai. Terima juga pujian yang diberikan orang lain pada Anda.
  • Lupakan kegagalan di masa lalu

Tinggalkan masa lalu Anda dan mulai fokus pada kehidupan sekarang. Mengingat apa yang terjadi di masa lalu hanya akan mengingatkan Anda kembali pada kesedihan dan kekecewaan lama. Jadikan kegagalan yang dialami sebagai lecutan untuk lebih baik lagi ke depannya.
  • Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater

Jika harga diri rendah memicu kemunculan crab mentality dalam diri dan Anda kesulitan mengatasi hal tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Penanganan sedini mungkin dapat meminimalkan efek buruk yang mungkin ditimbulkan bagi kehidupan Anda.

Catatan dari SehatQ

Crab mentality adalah mentalitas yang membuat seseorang tidak suka atau merasa iri dengan keberhasilan orang lain. Mentalitas kepiting dapat berdampak buruk bagi hubungan Anda dan orang lain jika tidak segera dihilangkanUntuk berdiskusi lebih lanjut terkait mentalitas kepiting dan cara menghilangkannya dengan tepat, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
depresikesehatan mentalstres
Healthy Place. https://www.healthyplace.com/blogs/buildingselfesteem/2019/6/the-crab-mentality-a-sign-of-low-self-esteem
Diakses pada 27 Mei 2021
FAQ Philippines. https://faq.ph/10-signs-that-a-person-has-a-crab-mentality/
Diakses pada 27 Mei 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/your-neurochemical-self/201903/when-others-hold-you-back
Diakses pada 27 Mei 2021
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/self-esteem
Diakses pada 27 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait