Tanda-Tanda Clingy, Sifat Buruk yang Buat Ingin Selalu Dekat dengan Pasangan


Clingy adalah sifat yang membuat seseorang ingin terus dekat dengan pasangan. Sifat ini dapat membuat hubungan berjalan tidak sehat apabila tidak segera dihilangkan.

0,0
Clingy adalah sifat yang membuat seseorang ingin terus dekat dengan pasanganRasa cemburu yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi clingy dengan pasangan
Ingin selalu dekat dengan pasangan merupakan perasaan yang wajar dalam sebuah hubungan. Namun, apabila perasaan tersebut muncul secara berlebihan, hal tersebut dapat menjadi tanda kepribadian clingy.Orang yang mempunyai kepribadian ini sangat bergantung pada pasangan dan ingin selalu dekat dengan mereka. Tanpa adanya pasangan, orang yang clingy akan merasa sedih dan kesulitan untuk menyelesaikan segala sesuatunya sendiri.

Apa itu clingy?

Clingy adalah kepribadian yang membuat seseorang ingin terus dekat dengan pasangan. Hal ini terjadi karena mereka ingin mendapatkan dukungan, perlindungan, hingga perhatian lebih dari pasangannya.Saat melakukan suatu pekerjaan tanpa bantuan pasangan, orang yang memiliki kepribadian ini akan merasa kesulitan untuk menyelesaikannya. Mereka juga akan sedih jika harus melakukan segala sesuatunya sendirian, tanpa kehadiran pasangan.Meski terlihat romantis, kepribadian ini dapat berdampak buruk terhadap hubungan. Apabila tak segera dihilangkan, hubungan antara Anda dan pasangan tentu saja akan berjalan secara tidak sehat.

Tanda-tanda seseorang memiliki sifat clingy

Beberapa orang mungkin menganggap sifat clingy sebagai sesuatu yang romantis. Namun, tak sedikit juga orang yang merasa tidak nyaman jika pasangan mereka terus menunjukkan sifat ini dalam hubungan.Berikut ini sejumlah tanda seseorang mempunyai sifat clingy:
  • Mengirim pesan kepada pasangan secara terus menerus
  • Stalking media sosial pasangan dan aktivitasnya secara berkala
  • Ingin selalu ikut bersama pasangan saat mendapat undangan acara
  • Terus menelepon pasangan sepanjang hari, termasuk pada jam-jam sibuk
  • Merasa terancam dengan teman atau rekan kerja pasangan yang lawan jenis

Penyebab munculnya sifat clingy

Munculnya sifat clingy dalam diri seseorang dapat disebabkan berbagai macam faktor. Faktor tersebut bisa datang dari luar maupun dari dalam diri orang itu sendiri. Berikut beberapa faktor pemicunya:
  • Insecure

Perasaan insecure dalam hubungan dapat membuat Anda menjadi clingy. Hal ini bisa terjadi karena Anda terlalu bergantung pada pasangan dan takut kehilangannya. Perasaan tersebut yang kemudian membuat Anda mencari segala macam cara untuk terus lengket dengan pasangan.
  • Harga diri rendah

Ketika Anda tidak menghargai diri sendiri, kondisi tersebut berpotensi memicu munculnya sifat clingy. Anda mungkin berpikir bahwa pasangan terlalu baik dan sempurna. Pikiran itu pun lalu membuat Anda takut ditinggalkan dan memilih untuk mencintai pasangan secara berlebihan.
  • Ketakutan untuk ditinggalkan

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kegagalan di dalam hubungan. Kegagalan di masa lalu tersebut bisa membuat mereka takut kembali mengalami hal serupa. Tidak mau kejadian buruk tersebut terulang kembali kembali, Anda kemudian membentengi pasangan dengan rasa cinta yang berlebihan agar tidak ditinggalkan.
  • Kecemburuan

Rasa cemburu yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi clingy. Orang yang clingy umumnya merasa bahwa pasangan adalah milik mereka seutuhnya. Mereka akan merasa cemburu jika pasangan dekat dengan orang lain.
  • Krisis kepercayaan

Salah satu penyebab clingy yaitu krisis kepercayaan atau trust issue. Anda tidak percaya sepenuhnya dengan pasangan, dan terus menuntutnya untuk selalu menghabiskan waktu berdua. Ketika pasangan sedang bersama orang lain, Anda merasa cemas dan berpikir ia melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dengan mereka.

Bagaimana cara menghilangkan sifat clingy?

Sifat clingy dapat berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan pasangan. Oleh sebab itu, sifat ini harus segera dihilangkan. Sejumlah tindakan yang bisa dilakukan, meliputi:
  • Beri pasangan kepercayaan lebih, cemburu berlebihan dan bersikap posesif akan membuatnya menjauh seiring berjalannya waktu
  • Beri pasangan waktu dan ruang untuk dirinya sendiri, misalnya melakukan hobi atau aktivitas yang ia inginkan
  • Sampaikan masalahmu kepada pasangan, ceritakan secara terbuka mengenai hal apa saja yang membuatmu clingy, entah itu trauma di masa lalu atau rasa takut kehilangan
  • Terapkan batasan pada diri sendiri, cobalah untuk tidak selalu menghubunginya atau meminta kabar secara berlebihan karena hal tersebut dapat mengganggu pasangan dalam menjalankan aktivitasnya
Jika Anda kesulitan dalam menghilangkan sifat ini, berkonsultasi dengan profesional mungkin dapat membantu. Dengan begitu, sifat buruk ini bisa hilang dan hubungan Anda dan pasangan dapat berjalan secara sehat.

Catatan dari SehatQ

Clingy adalah sifat yang membuat seseorang ingin terus dekat dengan pasangan mereka. Meski terlihat romantis, sifat ini dapat berdampak buruk terhadap hubungan apabila tidak segera dihilangkan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-avoid-being-clingy-in-relationships-5181502
Diakses pada 21 September 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/clingy-boyfriend_00718088/
Diakses pada 21 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait