Tanda-Tanda Anda Mulai Selingkuh Hati dan Cara untuk Keluar Darinya


Selingkuh hati melibatkan ikatan emosional yang dalam sehingga membuatnya lebih berbahaya dibandingkan perselingkuhan fisik. Beragam tandanya mulai dari lebih nyaman menghabiskan waktu dengan teman spesial hingga mulai sering berbohong ke pasangan.

(0)
Selingkuh hati melibatkan perasaan yang lebih dalam dibanding perselingkuhan fisikSelingkuh hati lebih berbahaya daripada perselingkuhan fisik
Perselingkuhan adalah salah satu hal yang ditakuti oleh pasangan. Tidak hanya secara fisik, perselingkuhan juga bisa terjadi secara emosional atau hati. Selingkuh hati seringkali dimulai dari hubungan pertemanan, sebelum kemudian timbul kenyamanan lebih dibandingkan saat bersama pasangan.

Apa saja tanda-tanda selingkuh hati?

Perselingkuhan secara emosional umumnya mempunyai ikatan yang lebih dalam dibandingkan selingkuh fisik. Ada beragam tanda yang bisa menjadi indikasi Anda telah melakukan selingkuh hati. Tanda-tanda tersebut, antara lain:
  • Sering berkomunikasi, mulai dari mengirim pesan, telepon, atau melakukan video call dengan teman spesial Anda ketika sedang tidak bersama.
  • Anda lebih memilih untuk menghubungi si teman spesial dibanding pasangan ketika mempunyai kabar baik untuk dibagikan. Bahkan, Anda memilih untuk tidak memberi tahu pasangan mengenai kabar baik tersebut.
  • Anda terus memikirkan si teman spesial, entah saat bangun tidur, bekerja, atau bahkan ketika tengah bersama dengan pasangan. Anda bahkan sengaja berdandan untuk bisa menarik perhatian si teman spesial.
  • Merasa bahwa si teman spesial lebih bisa mengerti dan memahami Anda dibandingkan pasangan.
  • Lebih memilih menceritakan masalah pribadi ke teman spesial, baik masalah maupun kekhawatiran yang ada di pikiran Anda.
  • Anda mulai membanding-bandingkan pasangan dengan si teman spesial. Anda mungkin akan marah saat pasangan tidak memberikan perlakuan sama seperti yang dilakukan si teman spesial.
  • Anda lebih memilih dan banyak menghabiskan waktu bersama teman spesial dibanding pasangan. Bahkan, Anda akan mulai mencari alasan untuk dapat menghabiskan waktu bersamanya.
  • Anda sering berbohong dan menyimpan rahasia dari pasangan. Saat bersama dengan pasangan, Anda bahkan menghapus pesan dengan teman spesial supaya komunikasi dengannya tidak diketahui oleh pasangan.
  • Pasangan Anda mendapat lebih sedikit dari yang didapatkan si teman spesial. Sebagai contoh, Anda lebih rela mengeluarkan uang untuk teman spesial dibanding pasangan. Tak hanya materi, perhatian Anda pun akan mulai dialihkan ke teman spesial tersebut.
Meskipun begitu, tanda-tanda di atas tidak dapat dijadikan patokan pasti bahwa Anda terlibat dalam perselingkuhan hati. Namun, apabila salah satu tanda di atas mulai muncul, segeralah hentikan agar hubungan Anda dan pasangan tetap utuh dan tidak rusak karena selingkuh hati.

Bagaimana cara untuk keluar dari perselingkuhan secara emosional?

Berhenti dari selingkuh hati memang bisa dilakukan, namun sulit untuk dihentikan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis perselingkuhan ini melibatkan ikatan emosional yang amat dalam antara Anda dengan si teman spesial.Hal pertama yang harus dimiliki untuk bisa berhenti dari selingkuh hati adalah keinginan untuk mempertahankan hubungan atau rumah tangga Anda dengan pasangan. Setelah itu, cobalah untuk mencari tahu faktor apa saja yang membuat Anda lebih nyaman bersama teman spesial dibanding pasangan.Sampaikan hal-hal yang tidak Anda suka dari pasangan secara terbuka, bukan malah diam-diam menceritakannya ke orang lain. Apabila mulai menemukan tanda-tanda selingkuh hati di dalam diri Anda, segera hentikan dan dekatkan kembali hubungan dengan pasangan.

Tips agar hubungan terhindar dari selingkuh hati

Selingkuh hati memang bisa terjadi pada siapa dan kapan saja, namun bukan berarti tidak bisa dihindari. Agar terhindar dari perselingkuhan, diperlukan kerja sama antara Anda dan pasangan untuk saling menjaga cinta satu sama lain.Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarkan hubungan atau pernikahan Anda dan pasangan dari selingkuh hati, di antaranya:
  • Saling memberikan dukungan satu sama lain, terutama ketika salah satu pasangan mendapatkan masalah
  • Pastikan komunikasi Anda dan pasangan terjaga dengan baik. Anda bisa membicarakan soal rencana, perasaan, hingga kegiatan yang baru saja dijalani.
  • Menikmati waktu saat sedang berkencan. Ciptakan cara untuk membuat situasi menjadi terasa lebih menyenangkan.
  • Pelajari bagaimana cara menyelesaikan konflik secara sehat dalam suatu hubungan
  • Tidak membiarkan pasangan sakit hati akibat tindakan Anda terlalu lama dan meminta maaf secara tulus
  • Saling menunjukkan sikap menghargai dan menghormati satu sama lain.

Catatan dari SehatQ

Perselingkuhan tidak hanya bisa terjadi secara fisik, tetapi juga emosional. Ada beragam tanda yang bisa menjadi indikasi selingkuh hati, mulai dari lebih nyaman menghabiskan waktu dengan teman spesial hingga mulai sering menyimpan rahasia dari pasangan.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait selingkuh hati dan bagaimana cara untuk terhindar darinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/signs-youre-having-an-emotional-affair-2303079
Diakses pada 30 Maret 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/emotional-affairs-and-infidelity-2303091
Diakses pada 30 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/emotional-cheating-guilty
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait