Konsultasi psikologi dapat membantu mengatasi tekanan mental hingga gangguan mental
Ilustrasi suasana dalam konsultasi psikologi

Konsultasi psikologi merupakan tindakan diagnostik yang dilakukan oleh konselor dan pasien untuk menilai kesehatan mental, keadaan pikiran, dan kejiwaan pasien. Pada konsultasi ini, psikolog akan membuat rencana pengobatan yang sesuai dengan keadaan pasien berdasarkan rangkaian tes yang telah dilakukan.

Permasalahan yang umumnya dialami atau dikeluhkan dalam proses konseling adalah mengenai suatu hubungan, kejadian yang dapat memberikan dampak depresif, atau mendapatkan tekanan dari orang lain.

Seseorang membutuhkan konsultasi psikologi jika mengalami masalah yang cukup berat bagi dirinya, apalagi sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan sehingga membutuhkan seorang psikolog yang ahli dalam masalah kejiwaan. Jika kondisi ini terus dibiarkan akan memicu kondisi depresif yang semakin berat.

Apa yang terjadi dalam konsultasi psikologi?

Saat konseling biasanya psikolog akan mengajak pasien berbicara ringan tentang keseharian Anda, setelah pasien merasa nyaman untuk berbicara, kemudian psikolog akan menanyakan hal-hal terkait masalah yang sedang dihadapi sehingga membuat pasien datang untuk konsultasi.

Pertanyaan yang diberikan akan seputar kehidupan Anda dan perlu diingat bahwa tidak ada jawaban yang benar atau yang salah. Hal itu untuk perlu diketahui untuk menelusuri masalah akarnya.

Psikolog akan melakukan tes yang berbeda, termasuk pemeriksaan fisik dan juga wawancara klinis. Tes tertentu juga akan dilakukan, seperti tes IQ, sifat dan perilaku. Kemudian, pasien perlu kembali untuk mendapatkan diagnosis pasti dan rencana pengobatan.

Beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan adalah sudah berapa lama mengalami masalah tersebut, apa dampak yang dirasakan, serta upaya yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Setelah mendapatkan gambaran mengenai masalah yang pasien hadapi, psikolog akan mengajak berdiskusi untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Namun, setiap pasien membutuhkan durasi dan jumlah konseling yang berbeda-beda hingga benar-benar pulih dari masalah yang dihadapi.

Persiapan sebelum melakukan konsultasi psikologi

Sebelum memutuskan untuk melakukan konseling, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk bertemu psikolog supaya bisa memaksimalkan sesi konseling yang tersedia. Berikut hal-hal yang perlu ada siapkan.

  • Tentukan tujuan utama
  • Ceritakan emosi yang Anda rasakan
  • Siapkan diri untuk membuka luka atau emosi
  • Jadwalkan sesi konseling ketika Anda tidak ada kegiatan yang mendesak
  • Kenali jenis terapi yang Anda lakukan
  • Perhitungkan budget.

Manfaat konsultasi psikologi

Berikut manfaat yang bisa didapat melalui konsultasi psikologi, di antaranya:

  • Membantu memahami atau mengubah perspektif Anda terhadap masalah yang sedang dihadapi
  • Psikolog merupakan sosok yang netral sehingga tidak memiliki tujuan pribadi atas masalah yang Anda hadapi
  • Dapat memberikan saran
  • Membantu mengatasi emosi yang Anda rasakan, seperti perasaan sedih, cemas, takut, kecewa, dan traumatis.
  • Membantu dalam penyelesaian masalah dan dapat memberi solusi
  • Meluruskan permasalahan hubungan Anda dengan orang lain
  • Membantu mengatasi gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, atau skizofrenia.

Tanda-tanda seseorang butuh konsultasi psikologi

Seorang wanita sedang sedih
Sedih tak berujung dapat ditangani dengan konsultasi psikologi

Faktanya, tidak perlu mendapat diagnosis depresi atau gangguan jiwa untuk melakukan konsultasi psikologi. Konsultasi ini sangat penting untuk kesehatan mental Anda, terlebih jika Anda sedang menghadapi masalah yang berat dan tidak tahu harus cerita dengan siapa.

Di sinilah peran psikolog sangat penting untuk membantu menjelaskan dan mengatasi emosi yang Anda rasakan. Berikut tanda-tanda seseorang butuh konsultasi psikologi.

  • Merasa sedih yang berlebihan

Rasa sedih dan marah yang berlebihan merupakan tanda-tanda terjadinya masalah kesehatan mental. Hal ini bisa terjadi karena masalah yang Anda hadapi sudah sangat berat dan mengakibatkan kehidupan keseharian Anda terganggu. Contohnya akibat merasa sedih, Anda tidak dapat berkonsentrasi saat bekerja atau belajar.

  • Kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga

Merasa sedih akibat kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga bisa mengakibatkan kesedihan yang berkelanjutan dan sulit diatasi tanpa dukungan para ahli. Meskipun tidak semua orang membutuhkan konseling selama menghadapi masalah ini, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi psikologi untuk mengatasi masalah Anda.

  • Mengalami trauma

Jika Anda memiliki riwayat pelecehan seksual, penelantaran, kecelakaan, atau trauma lain yang belum sepenuhnya pulih, Anda perlu melakukan konsultasi ke psikolog. Semakin awal Anda berbicara dengan orang yang tepat, semakin cepat pula trauma Anda bisa teratasi.

  • Keluarga atau sahabat tidak dapat mendengarkan keluhan Anda

Keluarga dan sahabat biasanya menjadi tempat seseorang untuk berkeluh kesah, namun apa yang terjadi jika orang-orang terdekat Anda tidak bisa mendengarkan keluhan Anda? Anda akan sulit untuk mengatasi masalah dan kemungkinan orang terdekat sudah tidak bisa mendengarkan atau mengatasi keluhan Anda. Inilah waktu yang tepat untuk Anda berkonsultasi dengan psikolog.

  • Ketergantungan narkoba, obat-obatan, dan seks

Saat Anda mencari pelampiasan dengan kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi narkoba, minuman keras hingga melakukan seks bebas, jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Dengan pergi ke psikolog, Anda bisa mendapatkan diagnosis yang tepat tentang kondisi kesehatan mental dan menjauhkan Anda dari ketergantungan akan kebiasaan buruk tersebut.

Lakukan konsultasi psikologi pada lembaga yang sudah tepercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan masalah Anda dengan psikolog yang profesional dan persiapkan hal-hal yang diperlukan agar sesi konsultasi berjalan dengan maksimal.

Health line
https://www.healthline.com/health/mental-health/psychologist-help
diakses pada 6 April 2020

Psychology today
https://www.psychologytoday.com/intl/blog/all-grown/201512/what-really-happens-in-therapy-session
https://www.psychologytoday.com/us/blog/where-science-meets-the-steps/201303/5-signs-its-time-seek-therapy
diakses pada 6 April 2020

Web MD
https://www.webmd.com/mental-health/qa/what-is-a-psychiatric-or-mental-health-nurse-and-how-do-they-help-with-mental-health
diakses pada 6 April 2020

Artikel Terkait