Berubah Sangat Cepat? Waspada Indikasi Tanda Lahir yang Berbahaya


Tanda lahir bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Umumnya tak berbahaya. Namun pada beberapa kondisi seperti hemangioma, ada risiko mengarah ke kanker kulit.

0,0
30 May 2021|Azelia Trifiana
Ada tanda lahir yang dapat berkembang menjadi berbahayaAda tanda lahir yang dapat berkembang menjadi berbahaya
Bukan hal asing ketika bayi memiliki tanda lahir di bagian tertentu tubuhnya. Umumnya, ini bukan tanda lahir yang berbahaya serta tidak berpotensi berkembang menjadi sel kanker. Namun pada beberapa kondisi seperti hemangioma, ada risiko mengarah ke kanker kulit.Tanda lahir bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Warna, ukuran, dan bentuknya bisa berbeda-beda. Terkadang, ada yang memudar dengan sendirinya. Ada pula yang permanen dan membesar seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Apa penyebabnya?

Kerap kali ada mitos bahwa tanda lahir muncul karena sang ibu melakukan hal ini dan itu semasa mengandung. Atau, tanda lahir adalah konsekuensi karena ibu melewatkan hal tertentu saat hamil. Ini sepenuhnya salah.Terbentuknya tanda lahir tidak ada hubungannya dengan apa yang dilakukan ibu hamil. Tidak ada korelasi pula dengan ngidam yang tidak terpenuhi.Pada dasarnya, alasan utama munculnya tanda lahir tidak diketahui secara pasti. Beberapa tanda lahir bersifat keturunan, namun sebagian besar justru tidak.Lebih langka lagi, tanda lahir muncul karena adanya mutasi genetik. Sebagai contoh, ada bayi yang terlahir dengan malformasi kapiler atau port-wine stain karena menderita sindrom Klippel-Trenaunay.

Jenis tanda lahir

Berdasarkan penyebabnya, ada dua klasifikasi tanda lahir yaitu:

1. Vaskular atau pembuluh darah

Terjadi ketika pembuluh darah di bagian kulit tertentu tidak terbentuk sebagaimana mestinya. Contohnya, ada terlalu banyak pembuluh darah di satu area atau ukurannya terlalu lebar dari seharusnya. Kondisi ini terjadi pada sekitar 40% bayi baru lahir.Jenis-jenisnya adalah:
  • Salmon patches
Bercak berwarna kemerahan atau pink ini kerap kali muncul di kelopak mata, di antara kedua mata, dan tengkuk. Terkadang, ada yang menyebutnya dengan angel kisses. Terbentuknya salmon patches akibat kumpulan pembuluh darah kecil di bawah kulit.Umumnya, warna dari tanda lahir ini akan memudar seiring dengan berjalannya waktu serta tidak memerlukan penanganan medis.
  • Hemangioma
Warna dari hemangioma bisa pink, biru, atau merah. Awalnya, hemangioma tampak kecil dan datar. Namun bisa saja membesar pada bulan-bulan awal usia anak. Banyak hemangioma yang hilang sepenuhnya ketika anak menginjak usia remaja.Namun, perlu diwaspadai karena hemangioma bisa menjadi tanda lahir yang berbahaya. Utamanya ketika mengganggu penglihatan atau pernapasan.Anak dengan hemangioma lebih dari satu di kulitnya pun perlu diperiksa lebih lanjut. Tujuannya untuk mencari tahu apakah ada hemangioma internal yang terjadi.
  • Port-wine stains
Malformasi kapiler di bawah kulit menjadi penyebab munculnya tanda lahir ini. Bisa terlihat di mana saja, namun paling umum di wajah dan leher. Awalnya warnanya adalah kemerahan, namun akan berangsur menjadi keunguan.Apabila tidak ditangani, warna tanda lahir ini akan menjadi semakin gelap. Bahkan, area kulit di sekitarnya juga menjadi sangat tebal, kering, atau teksturnya tidak rata.Port-wine stains yang terjadi di kelopak mata mungkin memerlukan pemeriksaan medis atau pemantauan secara berkala. Meski jarang, jenis tanda lahir ini bisa berkaitan dengan kondisi genetik.

2. Terpigmentasi

Terjadi ketika ada terlalu banyak sel pigmen di satu area tubuh. Sel pigmen ini seharusnya berperan memberikan warna alami pada kulit. Beberapa contoh tanda lahir terpigmentasi di antaranya:
  • Congenital nevi
Disebut juga moles, warna tanda lahir ini bervariasi mulai dari pink, cokelat, atau hitam. Bentuknya pun bisa datar atau timbul namun umumnya berupa lingkaran. Ukurannya juga berlainan.Ada jenis moles yang berangsur pudar, namun beberapa bisa juga tetap ada hingga seumur hidup. Apabila ada perubahan signifikan, bisa jadi tanda lahir yang berbahaya dan berkaitan dengan kanker kulit.
  • Café au lait
Berasal dari kata-kata bahasa Perancis, artinya adalah kopi dengan susu. Nama ini terinspirasi dari warnanya yang kerap kali tampak kecokelatan. Semakin gelap warna kulit seseorang, tanda lahir ini akan ikut tampak gelap.Tidak harus selalu muncul saat baru lahir, tanda lahir ini bisa saja terbentuk ketika berada di fase balita. Ukurannya bisa membesar, namun kerap kali memudar.Namun perhatikan tanda lahir berbahaya terutama jika seorang anak memiliki lebih dari satu café au lait. Bisa jadi, ini merupakan indikasi kondisi medis yaitu neurofibromatosis.
  • Bercak Mongol

Bukan termasuk tanda lahir yang berbahaya, Mongolian spot ini umumnya tampak seperti bercak kebiruan di bagian bokong dan punggung bawah bayi. Namun ketika anak memasuki usia 4 tahun, umumnya tanda lahir ini sudah pudar dengan sendirinya.

Catatan dari SehatQ

Sebagian besar tanda lahir tidak berbahaya dan bisa memudar dengan sendirinya. Jika ragu, tunjukkan kepada dokter anak saat sedang konsultasi atau vaksinasi. Dengan demikian, bisa diketahui apakah itu termasuk tanda lahir berbahaya atau tidak.Anda harus melihat apakah ada perubahan ukuran, tekstur, bentuk, dan juga pigmentasi. Ketika perubahan terjadi cukup cepat, sampaikan kepada dokter anak. Terkadang, ada kemungkinan tanda lahir berubah menjadi kanker kulit.Opsi untuk menanganinya beragam, mulai dari pemberian obat seperti kortikosteroid, beta-blockers, terapi laser, dan operasi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar tanda lahir berbahaya dan tidak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayikanker kulitpenyakit kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/birthmark
Diakses pada 14 Mei 2021
NHS. https://www.gosh.nhs.uk/medical-information-0/medicines-information/treating-haemangiomas-propranolol/
Diakses pada 14 Mei 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/birthmarks.html
Diakses pada 14 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait