Tanda-tanda atau gejala ketosis paling umum akibat diet keto adalah bau mulut, turun berat badan, dan kelelahan.
Selain penurunan berat badan, tanda keberhasilan diet keto adalah ketika tubuh memasuki fase ketosis.

Diet keto identik dengan asupan rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang dapat menaikkan kadar keton dalam darah. Istilah "keto" berasal dari ketogenik, yang merupakan diet rendah karbohidrat. Ini serupa dengan diet Atkins.

Dalam diet keto, pada dasarnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak, bukan dari karbohidrat. Nah, seperti apakah pengaruh diet ini pada tubuh Anda?

[[artikel-terkait]]

Dampak Diet Keto bagi Tubuh

Oleh karena itu, efek diet keto seringkali harus diperhatikan baik-baik. Sebab, kondisi biologis tubuh dapat mengalami perubahan. Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa diet keto Anda berhasil? Berikut adalah tanda-tanda ketosis yang perlu Anda perhatikan!

1. Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu ciri bahwa diet keto Anda menuju keberhasilan. Pasalnya, kadar keton yang naik dan dikeluarkan lewat urine dan napas.

Bau mulut sering dikaitkan dengan penampilan, tapi ini merupakan salah satu dampak positif dari diet keto yang Anda jalani. Untuk menyiasatinya, gosok gigi beberapa kali sehari dan makan permen karet bebas gula sesekali.

2. Berat Badan Turun

Diet ketogenik sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Banyak penelitian yang membuktikan manfaat diet keto untuk jangka panjang maupun pendek. Berat badan yang turun dalam waktu seminggu dapat menjadi tanda-tanda ketosis yang patut Anda perhatikan. Hal tersebut memiliki arti bahwa tubuh Anda telah menggunakan karbohidrat dan cairan yang cukup signifikan.

3. Meningkatnya Konsentrasi dan Energi

Bukankah diet keto semakin membuat kita merasa lemas? Pada masa penyesuaian, tubuh memang terasa lemas karena harus beradaptasi dengan pola makan yang baru. Pada masa inilah, otak kita mulai membakar keton dan bukan glukosa.

Penyesuaian ini butuh waktu yang tidak singkat. Namun efek jangka panjangnya adalah peningkatan energi dan konsentrasi.

Keton sendiri telah terbukti dapat membantu meringankan penyakit pada otak atau gegar otak. Selain itu, banyak orang yang melakukan diet keto dilaporkan mengalami peningkatan fungsi otak.

4. Meningkatnya Kadar Keton dalam Darah

Salah satu ciri khas diet keto yang berhasil adalah berkurangnya kadar gula dalam darah dan meningkatnya keton. Dalam perkembangannya, tubuh akan membakar lemak dan kadar keton inilah yang menjadi bahan bakarnya.

Untuk memastikan berapa kadar keton dalam darah Anda, gunakan alat pengukur kadar keton berupa strip supaya hasilnya lebih akurat.

5. Meningkatnya Kadar Keton dalam Napas dan Urine

Tanda-tanda ketosis yang satu ini memang tidak dapat diukur akurasinya, kecuali dengan alat. Namun, ketika Anda mengalami bau mulut dan urine selama diet, kedua hal itu sudah merupakan indikasi yang menandakan keberhasilan program Anda.

6. Nafsu Makan Berkurang

Belum ada penelitan yang dapat menjelaskan secara pasti mengapa diet Keto mengakibatkan seseorang tidak bernafsu makan. Namun, beberapa fakta membuktikan bahwa saat asupan protein dan nutrisi sayuran bertambah, rasa lapar itu cenderung berkurang. Hal ini juga bisa dikarenakan kadar keton yang meningkat, sehingga nafsu makan menjadi berkurang.

7. Kelelahan

Salah satu tanda-tanda ketosis yang perlu diperhatikan adalah rasa lemas dan lelah karena perubahan metabolisme tubuh. Pada tahap ini, banyak pasien diet keto yang mundur karena merasa tidak kuat.

Efek samping ini sangat alamiah. Pasalnya, selama masa penyesuaian, tubuh mendapatkan sistem yang berbeda dari kebiasaan kita. Apalagi setelah sekian lama mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Manfaat Lain Diet Keto

Kebanyakan, diet keto dipilih untuk menurunkan berat badan. Namun, diet ini juga dipercaya bisa membantu mengatasi kondisi medis tertentu, termasuk epilepsi. Selain itu, diet keto pun berguna bagi pasien penyakit jantung dan penyakit otak.

Demi keamanan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum menjalani diet keto. Terutama jika Anda memiliki penyakit diabetes tipe 1.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-signs-and-symptoms-of-ketosis
Diakses pada Oktober 2018

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-ketogenic-diet
Diakses pada 22 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed