Tanda Ibu Hamil Kurang Minum dan Tips untuk Mencegahnya


Tanda ibu hamil kurang minum adalah pusing, mual, hingga mengalami kulit kering. Kondisi ini sangat berbahaya karena akan menurunkan asupan nutrisi untuk janin.

0,0
15 Aug 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tanda ibu hamil kurang minum adalah pusing, mual, hingga mengalami kulit keringDehidrasi saat hamil membuat Anda menjadi sakit kepala
Kebutuhan cairan ibu hamil tentunya sangat berbeda. Anda butuh lebih banyak cairan untuk membentuk air ketuban sekaligus memenuhi asupan nutrisi untuk janin. Jika terlewat, akan muncul tanda ibu hamil kurang minum yang sangat berbahaya.Asupan cairan yang cukup akan membantu seluruh sistem dalam tubuh bekerja dengan baik. Anda bisa mengatasi masalah perubahan hormon tubuh yang sering terjadi selama hamil. Untuk mengetahui berapa gelas yang seharusnya Anda minum, coba simak informasinya di bawah ini.

Tanda ibu hamil kurang minum

Semakin tua usia kehamilan, semakin banyak pula kebutuhan cairan. Tidak memantau asupan cairan hanya akan membuat Anda dehidrasi. Lalu, bahaya ibu hamil yang kurang minum inilah yang akan dirasakan:

1. Haus dan lapar

Salah satu tanda ibu hamil kurang minum adalah terus-menerus kelaparan
Kurang minum air putih membuat Anda kelaparan dan ingin makan banyak
Sederhananya, kurang minum akan membuat Anda haus. Tidak berhenti sampai di situ, Anda pun akan merasa lebih lapar selama hamil. Rasa lapar ini yang memaksa Anda untuk makan lebih banyak.Hal inilah yang membuat peningkatan berat badan yang sangat drastis. Bukan hanya berbahaya, Anda pun akan mengalami kesulitan saat melahirkan nanti bila berat badan berlebih.

2. Kelelahan dan sakit kepala

Pertumbuhan janin akan membawa pekerjaan berat untuk tubuh. Bobot tubuh pun akan terus meningkat sehingga membuat Anda butuh tenaga untuk bergerak. Kurang minum hanya akan membuat Anda lebih cepat lelah. Selain itu, dehidrasi akan membuat sakit kepala selama masa kehamilan.

3. Perubahan warna urine

Kekurangan cairan akan ditandai oleh perubahan warna urine saat buang air kecil. Warna urine kecokelatan menandakan Anda butuh cairan lebih banyak. Selain perubahan warna urine, Anda pun akan lebih sulit buang air besar.Mengonsumsi cairan lebih banyak juga bisa mencegah infeksi kandung kemih. Cairan urine yang terus keluar akan menurunkan risiko berkembangnya bakteri di dalam sana.

4. Kepanasan

Kegerahan merupakan tanda ibu hamil kurang minum air putih
Mengonsumsi air putih bantu tubuh tidak kepanasan lagi
Tinggal di Indonesia pastinya akan merasa panas pada waktu-waktu tertentu. Namun, masa kehamilan juga menambah rasa panas tubuh menjadi lebih tinggi. Untuk menurunkannya, Anda butuh mengonsumsi air lebih banyak lagi. Air akan menjaga sistem pendingin tubuh untuk bekerja lebih baik untuk menjaga Anda tidak kepanasan.

5. Sembelit

Salah satu masalah pada ibu hamil adalah sulit buang air besar. Kurang tercukupinya cairan tubuh akan membuat masalah ini bertambah parah. Fungsi cairan adalah mencairkan limbah tubuh dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Semakin sulit kotoran dikeluarkan, semakin berisiko juga Anda terkena wasir.

6. Kulit kering

Tanda ibu hamil kurang minum salah satunya adalah kulit kering. Kehamilan juga akan membuat kulit di beberapa bagian tubuh terasa kering dan gatal. Kulit kering yang digaruk akan meninggalkan bekas luka. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air lebih banyak. Melakukan ini juga bisa menjaga kekenyalan kulit lebih lama.

Tips agar ibu hamil minum banyak

Ibu hamil harus minum cukup air putih
Sediakan segelas air di dekat Anda supaya Anda lebih sering minum
Banyak alasan yang mendasari ibu hamil kurang mendapatkan cairan. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan langkah-langkah di bawah ini:
  • Menambahkan irisan lemon, timun, buah beri, atau daun mint untuk memberikan rasa pada air
  • Membuat smoothie supaya lebih banyak mendapatkan asupan nutrisi dari buah dan susu
  • Mengonsumsi teh herbal yang aman untuk ibu hamil
  • Selalu membawa botol minum ke mana pun
  • Sediakan segelas air di dekat tempat tidur supaya bisa memulai hari dengan minum
  • Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon, dan pir

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi air lebih banyak perlu dilakukan selama menjalani masa kehamilan. Anda bisa menambahkan irisan buah untuk membuat semangat minum air menjadi lebih besar. Selain kehausan, tanda kekurangan cairan pada ibu hamil juga bisa merasa sangat kepanasan dan sulit buang air besar.Selain itu, perlu diingat bahwa air membantu pembentukan cairan ketuban serta membawa nutrisi ke janin.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bahaya kekurangan cairan ketika hamil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilair putihdehidrasi
Healthline https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-much-water-should-a-pregnant-woman-drink
Diakses pada 2 Agustus 2021
Baby Center https://www.babycenter.com/pregnancy/health-and-safety/how-much-water-should-i-drink-while-im-pregnant_5283
Diakses pada 2 Agustus 2021
What to Expect https://www.whattoexpect.com/pregnancy/drink-enough-water/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait