7 Tanda GERD Sudah Sembuh yang Bisa Anda Sadari

(0)
22 Jan 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tanda GERD sudah sembuh tidak lagi merasakan heartburnHeartburn menjadi salah satu gejala GERD
GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah penyakit yang terjadi saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan setidaknya dua kali dalam seminggu. Akibatnya, lapisan kerongkongan Anda bisa mengalami iritasi dan meradang. Pengobatan GERD pun diperlukan supaya kerusakan yang disebabkannya tidak semakin memburuk dan kondisi Anda bisa berangsur membaik. Jika Anda sudah menjalani pengobatan, ada beberapa tanda GERD sudah sembuh yang bisa Anda perhatikan.

Apakah penyakit GERD bisa sembuh total?

GERD bukanlah penyakit yang mustahil disembuhkan. Seiring berjalannya waktu, GERD mungkin sembuh dengan sendirinya setelah Anda melakukan perubahan gaya hidup sehat.Namun terkadang, mengubah gaya hidup saja tidak cukup sehingga Anda harus mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter. Lamanya proses penyembuhan bisa berbeda-beda tergantung pada penderitanya. Beberapa faktor bahkan bisa memperlambat kesembuhan Anda, seperti:
  • Stres bisa membuat gejala GERD semakin memburuk sehingga Anda sulit untuk sembuh.
  • Masih mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung naik, misalnya makanan berlemak, asam, atau pedas.
  • Merokok bisa melemahkan otot katup bagian bawah kerongkongan hingga membuat asam lambung malah semakin naik.
  • Tidak mau minum obat yang telah diresepkan oleh dokter justru mengurangi peluang Anda untuk sembuh.
  • Minum kopi atau alkohol justru bisa memperparah GERD.
Jadi, pastikan Anda mengikuti proses pengobatan sebaik mungkin. Jangan sampai GERD menyebabkan kerongkongan mengalami kerusakan, berlubang, bahkan tidak berfungsi dengan baik sehingga membahayakan diri Anda.

Tanda GERD sudah sembuh

Setelah merubah gaya hidup sehat dan melakukan pengobatan GERD, kondisi Anda mungkin berangsur membaik. Adapun beberapa tanda GERD sudah sembuh, yaitu:

1. Heartburn menghilang

Sebagai gejala utama GERD, heartburn sangatlah menyiksa. Tapi, ketika kondisi sudah semakin membaik, Anda mungkin tak lagi merasakan rasa panas dan nyeri di dada ini.

2. Rasa mual sirna

Mual bisa terjadi akibat GERD
Setelah sembuh dari GERD, rasa mual bisa sepenuhnya hilang. Kondisi ini memungkinkan nutrisi bisa diserap oleh tubuh dengan baik sehingga Anda pun akan merasa lebih bertenaga.

3. Mulut kembali normal

Mulut tak lagi terasa pahit jika Anda sudah sembuh dari GERD. Sehingga, Anda bisa menikmati rasa makanan dengan baik. 

4. Perut terasa nyaman

Saat menderita GERD, Anda bisa mengalami perut kembung, tidak nyaman, atau nyeri di bagian atas. Tanda GERD sudah sembuh dapat Anda kenali dengan menghilangnya berbagai perasaan tidak nyaman di perut ini  Kondisi perut Anda pun kembali membaik, nyaman, dan tidak lagi merasakan masalah yang mengganggu.

5. Tidak kesulitan menelan

Kerongkongan yang teriritasi akibat GERD sering kali membuat Anda kesulitan menelan. Salah satu tanda GERD sudah sembuh bisa Anda sadari dengan hilangnya masalah ini. Anda pun dapat menelan makanan seperti semula tanpa dihantui rasa sakit lagi. Nafsu makan yang semula turun perlahan-lahan kembali seperti semula, atau bahkan mungkin bertambah.

6. Bisa tidur tanpa gangguan

GERD menyebabkan batuk di malam hari
GERD bisa menyebabkan batuk dan tersedak di malam hari sehingga mengganggu tidur Anda. Jika GERD berhasil diobati, masalah ini tentunya akan hilang sebagai tanda GERD sudah sembuh. Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa khawatir tiba-tiba batuk atau tersedak akibat asam lambung naik.

7. Bisa beraktivitas kembali

Anda mungkin diharuskan lebih banyak beristirahat untuk mempercepat penyembuhan GERD. Ketika kondisi ini semakin membaik, Anda pun mulai bisa beraktivitas kembali. Akan tetapi, sebaiknya Anda hindari dulu melakukan aktivitas yang berlebihan sampai benar-benar sembuh sepenuhnya.Kalau kamu masih merasakan sedikit gejala, jangan lupa untuk melakukan kontrol ke dokter supaya bisa segera diredakan. GERD kadang juga bisa muncul kembali. Namun, masalah ini bisa dicegah jika Anda tidak mendekati pemicunya. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi asupan yang memicu GERD, jangan langsung berbaring setelah makan, hindari makan dalam porsi besar di malam hari, serta berhenti merokok.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang tanda GERD sudah sembuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
asam lambunggerd
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940
Diakses pada 08 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/understanding-gerd-treatment#1
Diakses pada 08 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/damage-reversible#outlook
Diakses pada 08 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait