logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

12 Tanda Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status

open-summary

Hubungan tanpa status ditandai dengan komitmen yang lemah serta ada jarak dalam berkomunikasi. Hal yang paling dicari hanyalah sentuhan fisik dan rayuan semata.


close-summary

20 Feb 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Hubungan tanpa status

Hubungan yang seperti berjalan di tempat

Table of Content

  • Tanda hubungan tanpa status
  • Cara mengakhiri hubungan tanpa status

Hubungan tanpa status adalah hal yang menjengkelkan. Di saat Anda sudah berusaha melakukan yang terbaik untuknya, sosok yang dicintai ini malah tidak mau berkomitmen pada hubungan kalian dan hanya menganggap jalinan cinta yang Anda rasakan sebagai hubungan tanpa status. Jangan sampai mau diberikan harapan palsu, kenali tanda hubungan tanpa status ini.

Advertisement

Tanda hubungan tanpa status

Sebelum Anda "jatuh" terlalu dalam, mengetahui tanda-tanda hubungan tanpa status sejak awal adalah hal tepat. Tentunya Anda tidak mau tertipu dalam hubungan yang tak tentu arahnya ke mana, kan? Oleh karena itu, kenalilah tanda-tanda hubungan tanpa status ini.

1. Tidak pernah dikenalkan pada teman-temannya

Biasanya, jika seseorang tertarik untuk menjalin hubungan jangka panjang, ia akan berusaha mengajak teman-temannya untuk berkenalan dengan Anda. Jika ia enggan memperkenalkan Anda pada sahabat dekatnya, ini bisa menjadi tanda hubungan tanpa status yang pertama.

2. Tidak mau berteman di media sosial

Jika ia tidak mau berteman denganmu di media sosial, itu bisa menjadi tanda bahwa ia sedang menyembunyikan sesuatu atau tidak mau diri Anda terlalu dekat dengannya. Hati-hati karena ini menjadi pertanda hubungan tanpa status.

3. Selalu telat ketika punya janji dengan Anda

Tepat waktu saat bertemu menandakan bahwa dirinya menjadikan Anda sebagai prioritasnya. Jika selalu telat saat kencan, bisa jadi Anda bukan jadi prioritas utamanya. Bisa jadi ia hanya menganggap Anda sebagai pasangan hubungan tanpa status.

4. Ada jarak di setiap komunikasi

Berkomunikasi dalam hubungan adalah hal yang sangat penting. Jika ia memberikan jarak di setiap komunikasi yang terjalin, bisa jadi itu menandakan hubungan tanpa status.

5. Tidak mau membahas masa depan

Pasangan berantem
Pasangan yang sedang bertengkar

Salah satu tanda bahwa ia serius dengan Anda adalah kemauannya dalam membahas masa depan. Jika ia selalu mengalihkan pembicaraan atau menghindari pembahasan tentang masa depannya dengan Anda, itu menjadi pertanda bahwa ia hanya menganggap ini semua sebagai hubungan tanpa status.

6. Tidak mau memperkenalkan Anda dengan keluarganya

Ciri-ciri hubungan yang serius dan penuh dengan komitmen adalah mempertemukan pasangan yang dicinta dengan keluarganya. Jika pasangan Anda tidak mau orang tuanya kenal dengan kekasihnya, mungkin saja ia tidak serius dalam menjalin hubungan. Hati-hati terjebak dalam friendzone juga, ya.

7. Kencan yang pasif dan monoton

Jika kencan yang Anda dan pasangan lakukan hanya sekadar nonton bioskop, bisa saja hubungan terasa membosankan dan monoton. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda tidak mau membawa hubungan ini terlalu jauh. Dengan kata lain, hubungan tanpa status sedang Anda jalani.

Kencan yang terlalu pasif tidak bisa memperkuat keintiman di antara Anda dan pasangan. Hubungan pun akan “tertahan” sampai di situ saja.

Baca juga: Cara Sukses Melakukan Kencan Buta

8. Ia tak mau mempelajari kepribadian Anda

Salah satu hal yang bisa membuat hubungan semakin harmonis adalah mempelajari satu sama lain. Entah itu tentang kepribadian diri, kehidupan sehari-hari, hingga keluarga. Jika ia terlihat tak tertarik untuk mengetahui kehidupan Anda, ini bisa menjadi pertanda buruk.

9. Tidak mau serius dalam membahas hubungan

Salah satu cara untuk memastikan keseriusannya dengan Anda adalah bertanya. Tanyakan saja tentang hubungan yang sedang Anda jalani dengannya. Jika ia mau menjawab dengan jujur dan mengutarakan perasaanya secara terbuka, itu bisa menjadi tanda bahwa ia serius denganmu.

Akan tetapi, jika tidak mau membuka perasaannya terhadap hubungan yang sedang dijalani, itu menjadi salah satu tanda bahwa ia hanya menganggap ini semua sebagai hubungan tanpa status. Daripada menguras pikiran, bukankah lebih baik putus?

10. Hanya tertarik untuk melakukan kontak fisik

Tanda hubungan tanpa status yang tak boleh dilupakan ialah selalu mencari cara untuk melakukan kontak fisik. Jika pasangan hanya menganggap kisah kasih dengan Anda sebagai hubungan tanpa status, ia berpeluang besar hanya akan tertarik untuk melakukan kontak fisik saja. Ia pun juga lebih tertarik untuk melakukan kontak fisik daripada berbicara serius.

11. Tidak mau berbaur dengan teman-teman Anda

Saat pacar Anda tidak mau berbaur dengan teman-teman Anda, bisa jadi ia hanya menganggap Anda sebagai kekasih dalam hubungan tanpa status.

Jika memang ia terpaksa untuk bertemu teman-teman Anda, ia akan bersikap dingin dan mungkin akan membuat alasan untuk menjauh. Hal ini terjadi karena ia tidak melihat masa depannya dengan Anda.

12. Percakapannya selalu genit

Jika pasangan selalu genit ketika bercakap dengan Anda di dunia nyata maupun lewat pesan singkat, bisa jadi ini adalah salah satu tanda hubungan tanpa status. Umumnya, pasangan yang tidak serius ini hanya akan menyapa Anda jika "ada maunya" saja, inilah mengapa ia menjadi genit saat sedang berbincang dengan Anda.

Baca juga: Cara Membujuk Pacar agar Tidak Ngambek Lagi

Cara mengakhiri hubungan tanpa status

Hanya ada dua cara untuk menentukan nasib hubungan Anda: lanjutkan ke tahap yang lebih serius atau sudahi saat itu juga. Untuk mengetahui kelanjutannya, berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan!

1. Pertanyakan komitmen pasangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertanyakan komitmen pasangan. Anda harus tegas dalam hal ini. Cukup tanyakan hubungan yang akan dijalani. Jika benar-benar cinta, dia akan mengambil langkah yang tepat dengan mencoba lebih serius.

2. Jelaskan keinginan Anda

Anda perlu menjelaskan semua keinginan dalam hubungan. Sebut saja Anda ingin dia lebih memperhatikan diri sendiri dan Anda saat bersama. Mungkin juga mengenalkan diri Anda kepada teman dan keluarga. Saat dia tidak ada keinginan itu, berarti sudah saatnya mengakhiri hubungan.

3. Buat batasan

Jika memang dia tetap mau berhubungan tanpa status, Anda perlu membuat sebuah batasan yang jelas. Mungkin melarang kontak fisik, seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau berciuman. Selain itu, Anda pun berhak membuka diri dan berhubungan dekat dengan orang lain.

4. Buat batas waktu untuk diri sendiri

Salah satu hal yang menyulitkan untuk keluar dari jebakan hubungan tanpa status adalah ketika Anda sudah telanjur cinta. Semua itu kembali ke Anda apa benar mau tetap seperti ini atau menyudahinya. Ada baiknya membuat batas waktu untuk menentukan nasib sebuah hubungan. Namun, jangan terlalu lama, ya!

5. Mencoba membuka diri

Langkah lain yang perlu dilakukan adalah melepaskan dia seutuhnya. Lalu, cobalah untuk membuka diri untuk sebuah hubungan baru. Tidak perlu terlalu terburu-buru, Anda yang lebih mengerti perasaaan diri sendiri. Anda bisa mencari kesibukan dan hobi baru untuk mendapatkan teman, kenalan, hingga gebetan baru, loh.

Baca juga: Cara Memutuskan Pacar dengan Baik-Baik

Catatan dari SehatQ: 

Jangan menghabiskan energi untuk menerka-nerka, apalagi kalau cinta bertepuk sebelah tangan. Jika benar-benar peduli dengan perasaan Anda, langsung tanyakan kepadanya mengenai masa depan hubungan yang sedang dijalani. Jika memang ia serius, maka Anda berdua bisa menjalaninya bersama-sama. Jika tidak, mungkin ini saat yang tepat untuk mengakhiri hubungan. Maka dari itu, akhiri lah hubungan kalian baik-baik.

Advertisement

tips sekspercintaanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved