6 Tanda Anda Berada dalam Friendzone dan Cara Menghindarinya

Friendzone dapat memperburuk hubungan pertemanan seseorang
Friendzone terjadi ketika seseorang yang jatuh cinta pada temannya tapi tidak diterima

Terjebak dalam friendzone adalah mimpi buruk yang ingin dihindari oleh laki-laki atau perempuan yang sedang menyukai temannya sendiri. Kondisi ini sudah banyak dikisahkan dalam film maupun novel romansa, tapi tidak jarang juga terjadi di dunia nyata. Bahkan Anda mungkin sekarang sedang mengalaminya.

Bagi Anda yang tidak familiar dengan istilah ini, friendzone adalah situasi saat ada ketidakcocokan perasaan antara dua individu. Di satu pihak, Anda ingin menjalin hubungan asmara, tapi teman Anda tidak memiliki perasaan yang sama karena ia hanya nyaman menjadikan Anda sebagai teman saja.

Ketika Anda berada pada posisi naksir berat, Anda merasa sudah melakukan semua trik agar tahap hubungan bisa meningkat. Namun, tak peduli apa pun usahanya, si teman tetap tidak pernah melirik Anda sebagai individu yang bisa dijadikan kekasih sehingga Anda terjebak dalam zona teman alias friendzone.

Tanda-tanda Anda berada dalam friendzone

Friendzone adalah situasi tidak mengenakkan yang bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Berada dalam friendzone adalah hal terakhir yang Anda inginkan dari hubungan Anda dengan teman Anda. Namun, Anda tetap harus mengetahui tanda-tanda bahwa Anda tidak lagi hanya melihat teman Anda sebagai rekan, tapi sudah sebagai kekasih hati.

Menurut David Coleman, yang juga dijuluki sebagai the Dating Doctor, tanda-tanda Anda menyukai teman sendiri adalah ketika Anda tertarik secara fisik pada teman Anda tersebut. Selain itu, Anda juga kerap mengkhayal berpacaran dengannya, atau merasa cemburu ketika ia menceritakan mengenai orang lain.

Sebaliknya, tidak ada gayung bersambut dari teman Anda atas perasaan tersebut. Bahkan, tanda-tanda Anda berada dalam friendzone, yakni:

  • Dia selalu mengajak temannya yang lain ketika akan jalan berdua dengan Anda.
  • Anda dan dia tidak pernah melakukan hal yang romantis, misalnya makan malam berdua atau bahkan berpengangan tangan.
  • Anda akan melakukan apa pun untuk menyenangkan dia, tapi tidak sebaliknya.
  • Anda adalah tempatnya menumpahkan segala unek-unek, termasuk tentang pasangannya.
  • Dia selalu ingin menjodohkan Anda dengan orang lain.
  • Anda sering merasa kecewa terhadapnya meski sudah melakukan banyak pengorbanan.

Waspadai broken heart syndrome setelah ditolak

Apakah Anda tengah mengalaminya? Jika iya, hati-hati cinta yang bertepuk sebelah tangan bisa menyebabkan broken-heart syndrome, yaitu nyeri dada yang disebabkan karena peningkatan hormon stres.

Nyeri dada terjadi karena otot jantung tidak dapat memompa dengan baik, atau dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan stress-induced cardiomyopathy atau Takotsubo cardiomyopathy. Anda tidak perlu khawatir, kabar baiknya kondisi ini dapat membaik dalam beberapa minggu.

Apakah memang pria dan wanita bisa menjalin hubungan sekedar teman?

Umumnya, pria tidak bisa sekadar menjadi teman bagi wanita karena biasanya pertemanan hanyalah tangga yang harus dilewati agar hubungan mereka bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi.

Atau dalam kasus tertentu, hanya salah satu pihak yang merasa ingin meningkatkan status sehingga ia berada dalam zona teman alias friendzone.

Penelitian mengindikasikan kenyataan ini diperkuat oleh cara pandang laki-laki dan perempuan dalam sebuah hubungan memiliki persamaan sekaligus perbedaan.

Pertemanan laki-laki dan perempuan pada dasarnya sama dengan pertemanan dengan sesama jenis, yakni memiliki tempat untuk berbagi kesenangan maupun kesedihan.

Meski demikian, perempuan merasa terbebani jika pihak laki-laki menginginkan status hubungan yang lebih dari sekedar pertemanan.

Sebaliknya, laki-laki merasa keberatan jika pihak wanita terus-menerus menyita waktu dan uang mereka, apalagi jika ada benih-benih asmara yang timbul di salah satu pihak.

Tips agar persahabatan tetap berjalan setelah kena friendzone

Agar persahabatan Anda dengan lawan jenis tetap berjalan sebagai teman, bukan kekasih, berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Pahami perbedaan kebutuhan pertemanan: utarakan alasan Anda ingin berteman dengan lawan jenis dan hargai perbedaan itu.

  • Komunikasikan keinginan Anda: jangan berlagak seperti Anda ingin jadi temannya saja, padahal Anda ingin komitmen yang lebih dari itu. Sebaliknya, jangan bertingkah seperti pacarnya ketika Anda hanya berstatus sebagai teman.

  • Jangan menyimpang dari tujuan awal: beberapa orang tidak ingin meningkatkan status dari teman menjadi pasangan karena berbagai alasan. Jangan juga memanfaatkan keadaan, misalnya memacari sahabat Anda karena ia baru saja putus cinta dari kekasihnya.

Kadang kala, berada dalam friendzone adalah hal yang tidak terhindarkan ketika seorang laki-laki terus menjalin hubungan dengan lawan jenis. Meski demikian, banyak juga contoh pertemanan lawan jenis yang bisa berjalan awet tanpa ada rasa ingin meningkatkan status hubungan mereka.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-attraction-doctor/201302/avoiding-the-friend-zone-becoming-girlfriend-or-boyfriend
Diakses pada 12 November 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-attraction-doctor/201304/can-men-and-women-be-just-friends
Diakses pada 12 November 2019

Huff Post. https://www.huffpost.com/entry/can-men-and-women-really-just-be-friends_b_5631325?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAABz35WgrKGF-uHe0XB4fzyve6NmKlkiarvcp-6eiWPixCEkST7DioV7ZoxXHX17aJPJIppy_1BUHi49loNZqjgnRsWKoHtQh0T0HKL-BmkkgARRKYpnoAPws-KnstcSgHV753dfCTm5UQBotThK2Vn0uzs06Y7iZgwRDau25MHwD
Diakses pada 12 November 2019

Cheat Sheet. https://www.cheatsheet.com/health-fitness/signs-youre-headed-for-the-friend-zone.html/
Diakses pada 12 November 2019

American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cardiomyopathy/what-is-cardiomyopathy-in-adults/is-broken-heart-syndrome-real#.VvsL7xIrKlN
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed