9 Tanaman Penghasil Oksigen yang Bisa Buat Anda Makin Sehat

Tanaman penghasil oksigen termasuk lidah mertua, juga bisa memperindah setiap sudut hunian Anda.
Anda bisa memanfaatkan tanaman penghasil oksigen seperti lidah mertua, sebagai penghias tempat tinggal.

Tak hanya mempercantik ruangan, deretan tanaman penghasil oksigen juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen seperti lili Paris, sirih gading hingga krisan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan.

Tanaman penghasil oksigen yang juga mempercantik hunian Anda

Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun. Anda bisa memilih lili Paris, sirih gading, atau tanaman lidah mertua yang sudah sangat populer itu.

Lidah mertua telah populer sebagai tanaman hias
sekaligus salah satu tanaman penghasil oksigen.

 

1. Lili Paris

Tanaman penghasil oksigen yang pertama yaitu lili Paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal pula sebagai tanaman laba-laba.

Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.

Tak sulit untuk merawat lili Paris. Tanaman hias yang dapat diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram 2 kali dalam seminggu. Selain menghasilkan oksigen, manfaat lili Paris lainnya yaitu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furnitur.

2. Dracaena

Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga berfungsi mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan. Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena dapat meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya.

Kemampuan dracaena dalam membersihkan udara juga sanggup melenyapkan paparan zat kimia berbahaya seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.

3. Sirih gading

Sirih gading atau Epipremnum aureum merupakan tanaman hias yang dapat tumbuh dengan menggunakan medium tanah maupun air. Tanaman penghasil oksigen ini dapat mempercantik setiap sudut ruangan dengan rumbai daun hijau kekuningannya yang khas.

Khasiat sirih gading untuk membersihkan udara bermanfaat untuk menghilangkan racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida.

4. Palem bambu

Palem bambu atau Chamaedorea seifrizii merupakan salah satu tanaman hias yang mudah ditemukan di daerah tropis. Tanaman penghasil oksigen ini juga berfungsi menghilangkan polutan udara seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida dan xylene.

5. Krisan

Tanaman penghasil oksigen berikutnya adalah krisan atau Chrysanthemum morifolium. Kemampuannya membersihkan udara dan menghilangkan paparan zat berbahaya seperti formaldehida, xylene, benzena, dan amonia, membuat tanaman ini sangat direkomendasikan untuk menghiasi sudut ruangan Anda.

Tak hanya membersihkan udara dan mempercantik ruangan, krisan dalam bentuk suplemen juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain mencegah penyakit diabetes dan kanker prostat. 

6. Ficus elastica

Tampilan Ficus elastica yang elegan membuat tanaman penghasil oksigen ini kerap ditaruh di sudut ruangan berdekorasi mewah. Manfaatnya antara lain membersihkan udara dari paparan racun karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene.

7. Sri rezeki

Sri rezeki (Aglaonema) atau populer pula dikenal sebagai Cemara Cina merupakan tanaman penghasil oksigen yang dapat difungsikan pula untuk mempercantik ruangan. Tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis Asia ini sanggup menetralisir udara dan menghilangnya zat beracun seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene.

8. Peace lily

Peace lily atau Spathiphyllum merupakan tanaman penghasil oksigen selanjutnya yang sanggup menghilangkan polutan udara seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene, xylene, maupun amonia.

9. Lidah mertua

Tanaman penghasil oksigen berikutnya yaitu lidah mertua (Sansevieria). Oksigen yang dihasilkan lidah mertua dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Tanaman ini juga berfungsi menetralisir udara dan menyaring racun seperti benzena, xylene, trichlorethylene dan formaldehyde.

Manfaat tanaman penghasil oksigen bagi kesehatan

Dari deretan manfaat tanaman penghasil oksigen di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tanaman tersebut dapat membersihkan udara dari racun dan polusi yang dapat meningkatkan risiko stroke, kanker dan jantung. Selain itu, tanaman penghasil oksigen juga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi risiko gangguan pernapasan hingga memperbaiki kualitas tidur.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/air-purifying-plants#more-tips
Diakses pada 28 Februari 2020

Lung Institute.
https://lunginstitute.com/blog/top-5-plants-for-increasing-oxygen/
Diakses pada 28 Februari 2020

E Medicine Health.
https://www.emedicinehealth.com/chrysanthemum/vitamins-supplements.htm
Diakses pada 28 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/importance-plants-home#health
Diakses pada 28 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/benefits-of-snake-plant#benefits
Diakses pada 28 Februari 2020

NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3230460/
Diakses pada 28 Februari 2020

Artikel Terkait