Salah satu tanaman beracun yang sering dijadikan tanaman hias adalah bunga lily
Bunga lily yang sedang bermekaran

Meski penampilannya yang cantik dan dapat memperindah rumah Anda, beberapa tanaman hias dapat beracun sehingga bisa membahayakan Anda dan keluarga. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari jenis-jenis tanaman beracun, terutama bagi Anda yang suka bercocok tanam.

Jenis-jenis tanaman beracun

Jika Anda ingin menanam tanaman hias di sekitar lingkungan Anda, kenali beberapa tanaman cantik tapi berbahaya yang perlu Anda hindari berikut ini.

1. Foxglove

Foxglove merupakan bunga berbentuk lonceng seperti lily. Tanaman hias ini umumnya berwarna ungu cerah, namun ada juga yang berwarna kuning, putih, atau merah muda.

Meski wujudnya cantik, tanaman ini termasuk cukup beracun. Jika tertelan, foxglove dapat memperlambat denyut jantung dan mengganggu kesehatan jantung.

2. Bunga trompet

Bung trompet (genus Brugmansia) juga termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman beracun yang perlu Anda waspadai.

Pasalnya, semua bagian bunga trompet dianggap beracun dan mengandung skopolamin, alkaloid atropine, serta hyoscyamine yang dapat menyebabkan halusinasi jika dikonsumsi.

Tidak hanya itu, jika seseorang tidak sengaja menelan bunga ini, maka ia dapat mengalami menimbulkan kelumpuhan, takikardia, dan kehilangan ingatan yang dapat berakibat fatal.

3. Oleander atau bunga jepun

Tak hanya bunga trompet, bunga jepun atau oleander juga termasuk ke dalam tanaman hias yang seluruh bagiannya beracun. Bahkan, racunnya bisa dikatakan begitu kuat hingga seseorang yang memakan madu dari lebah yang hinggap di bunga ini dapat jatuh sakit.

Bunga ini mengandung glikosida jantung mematikan, yang dikenal sebagai nerine dan oleandrin. Jika dimakan, bunga jepun dapat menyebabkan diare, denyut nadi tidak menentu, muntah, kejang, koma, dan bahkan kematian.

Sedangkan pada sebagian orang, kontak dengan getah dan daun dari bunga ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Lily

Tanaman hias yang satu ini tak hanya cantik, tapi juga cukup banyak penggemarnya. Sayangnya, lily termasuk ke dalam tanaman beracun yang dapat membahayakan manusia dan hewan.

Bunga lily masuk ke dalam genus Hemerocallis yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut dan kematian jika mengonsumsinya, bahkan jika hanya sedikit sekalipun.

Selain itu, jenis Lily of the Valley dari bunga ini tergolong sebagai tanaman beracun yang mengandung glikosida jantung. Seseorang yang mengonsumsinya dapat mengalami ruam, diare, pusing, dan muntah. Jika tidak segara diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan kematian.

5. Azalea dan rhododendron

Tanaman cantik nan beracun selanjutnya adalah azalea dan rhododendron. Mulai dari bunga, daun, hingga nektar tanaman ini dapat berbahaya jika dimakan.

Pasalnya, bunga ini dapat menimbulkan iritasi dan bisa membuat Anda mual hingga muntah jika mengonsumsinya. Azalea dan rhododendron bahkan pernah dijadikan salah satu alat perang antara Turki dan Romawi.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menjadikan azalea dan rhododendron sebagai tanaman hias di halaman rumah Anda, pastikan anak-anak tidak terkecoh dan menganggap nektar bunga ini dapat dimakan.

6. Hydrangea

Bunga yang sering dijadikan hiasan karena warnanya yang cantik ini ternyata mengandung racun yang sangat berbahaya, yaitu sianida.

Sekitar 2 gram akar hydrangea kering dapat menyebabkan rasa sesak di dada dan pusing. Sedangkan dosis yang lebih rendah mungkin dapat mengiritasi usus dan perut seseorang yang mengonsumsinya.

Dengan memahami bahaya tanaman beracun di atas, setidaknya Anda tahu potensi bahaya tanaman ini jika dijadikan tanaman hias.

Jika Anda tetap berminat menjadikan salah satu tanaman di atas sebagai tanaman hias, cobalah untuk menjauhkannya anak-anak karena mereka sering kali memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

Jika Anda, keluarga, atau kerabat tidak sengaja menelan tanaman-tanaman tersebut, lalu menunjukkan beberapa gejala, segeralah periksakan diri ke dokter.

Webmd
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-poison-plants-guide
https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-663/hydrangea
Diakses 17 Mei

Britannica
https://www.britannica.com/plant/angels-trumpet
https://www.britannica.com/list/7-of-the-worlds-deadliest-plants
Diakses 17 Mei

Goodhousekeeping
https://www.goodhousekeeping.com/home/gardening/advice/g1174/deadly-poisonous-plants/
Diakses 17 Mei

Artikel Terkait