Ternyata Tambal Gigi Bisa Dilakukan untuk Gigi Patah, Bagaimana Prosedurnya?

Tambal gigi adalah satu prosedur yang dapat dilakukan dalam penanganan gigi patah
Gigi patah ternyata bisa ditambal

Anda sedang bermain sepak bola. Saat mencoba untuk merebut bola, tanpa sengaja gigi Anda tersikut pemain lawan dan gigi Anda patah. Apa yang harus dilakukan? Bisakah gigi patah saat olahraga ditambal? Langkah pertama yang paling penting adalah periksakan gigi Anda ke dokter gigi sesegera mungkin.

Pertolongan Pertama Gigi Patah saat Berolahraga

Sebelum gigi Anda dapat ditambal, lakukan langkah-langkah pertolongan pertama berikut jika cedera olahraga terjadi:

  1. Pastikan korban tetap sadar dan tidak ada cedera yang serius.
  2. Usahakan untuk menemukan patahan gigi agar korban tidak tersedak.
  3. Simpan patahan gigi agar dapat dibawa ke dokter gigi segera untuk ditanam kembali. Tindakan-tindakan yang dapat Anda lakukan, antara lain:
    • Pegang patahan gigi dengan hati-hati, karena gigi yang rusak tidak dapat ditanam kembali.
    • Pegang pada bagian mahkota gigi. Hindari memegang bagian akar gigi.
    • Cuci gigi dengan air hangat, tidak lebih dari 10 detik, hanya untuk menghilangkan tanah atau kotoran jika ada. Hindari menggosok, menggores, atau menggunakan alkohol untuk menghilangkan kotoran.
  4. Jika memungkinkan, penolong dapat mencoba untuk mengembalikan gigi ke kantungnya dengan melakukan cara-cara ini:
    • Kumur mulut dengan air hangat. Ingat untuk tidak berkumur terlalu keras agar jaringan sekitar gigi yang patah tidak bertambah rusak
    • Letakkan gigi yang patah pada tempatnya dengan posisi yang pas, letakkan kassa bersih di atasnya, lalu biarkan korban menggigit kassa untuk menjaga gigi tetap pada tempatnya. Jika gigi tidak dapat diletakkan kembali, atau potongan gigi yang terlalu kecil, simpan gigi dalam air, larutan salin normal, susu dingin, atau air liur (diletakkan di antara pipi dan gusi korban sendiri).
    • Untuk mencegah gigi menjadi kering. Segera bawa potongan gigi ini ke dokter. Jika memungkinkan, patahan gigi dapat direkatkan kembali.
  5. Tangani gejala yang lain, seperti:
    • Hentikan perdarahan dengan menekan daerah yang berdarah dengan kain bersih atau kassa.
    • Untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan, beri kompres dingin.
    • Obat antinyeri juga dapat diminum, seperti parasetamol atau ibuprofen.
  6. Segera bawa korban ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Tambal Gigi untuk Gigi Patah Akibat Berolahraga

Walaupun gigi dilapisi oleh lapisan enamel yang sangat kuat, gigi patah tetap dapat terjadi dan merupakan cedera yang sering dialami saat berolahraga. Tingkat keparahannya bervariasi, dari gigi gompal, retak, patah sebagian, hingga gigi tanggal. Penanganan gigi patah bergantung pada jenis cedera yang terjadi.

Jika olahraga menyebabkan gigi Anda sedikit gompal, tambal gigi masih mungkin untuk dilakukan. Pertama-tama gigi akan diberi anestesi lokal agar menjadi baal. Kemudian permukaan gigi akan dibor dan dibersihkan dari kuman serta sisa-sisa makanan.

Tambalan gigi diisi pada bagian gigi yang patah dan dikeraskan menggunakan sinar khusus. Tahap akhir adalah gigi dipoles dan disesuaikan bentuknya agar tidak ada yang mengganjal saat Anda merapatkan gigi. Gigi dapat ditambal menggunakan berbagai material, seperti emas, porselen, amalgam, atau komposit resin.

Apabila patahan tampak lebih dalam atau retak, mungkin perlu dilakukan bonding, yaitu proses merekatkan gigi kembali menggunakan komposit resin. Campuran perekat yang warnanya serupa warna gigi diaplikasikan pada bagian yang retak, kemudian dikeraskan menggunakan sinar ultraviolet.

Jika patahan gigi yang lebih besar, atau kondisi awal gigi juga sudah ada karies, mungkin pemasangan crown gigi menjadi pilihan yang bisa diambil. Permukaan gigi dihaluskan terlebih dahulu, kemudian ditutup dengan crown. Tujuannya adalah melindungi gigi dan memperbaiki penampilan. Crown permanen dapat dibuat menggunakan logam, resin, atau keramik.

Sementara dalam kondisi crown gigi patah seluruhnya dengan akar gigi utuh, dokter gigi akan melakukan perawatan saluran akar terlebih dulu, baru kemudian memasang crown gigi.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed