Takut Terhadap Laki-Laki? Bisa Jadi Tanda Androphobia, Begini Cara Mengatasinya


Androphobia adalah fobia terhadap pria. Cara mengatasinya adalah dengan menjalani terapi pemaparan, terapi perilaku kognitif, serta konsumsi obat-obatan tertentu.

(0)
Androphobia adalah ketakutan yang muncul ketika berhadapan dengan priaAndrophobia picu ketakutan dan kecemasan ekstrem terhadap pria
Hampir semua wanita di dunia berkeinginan untuk mempunyai pasangan. Namun, ada beberapa wanita yang ternyata memilih untuk menghabiskan hidupnya sendiri, tanpa didampingi pasangan. Berbagai macam alasan mendasari pilihan tersebut, salah satunya ketakutan berlebihan terhadap pria. Apabila Anda juga mengalami kondisi serupa, fenomena ini dikenal dengan androphobia.

Apa itu androphobia?

Jika gynophobia merupakan fobia terhadap orang-orang berjenis kelamin wanita, androphobia adalah kondisi sebaliknya. Kondisi ini terjadi saat seseorang mengalami rasa takut atau cemas yang tidak wajar terhadap pria. Fobia pria tidak hanya bisa terjadi pada wanita, melainkan juga sesama jenisnya.Androphobia adalah istilah yang berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, antara lain andros (pria) dan phobos (ketakutan). Dalam dunia medis, andro sendiri bisa mengarah pada sejumlah istilah, salah satunya androgen (hormon seks pria seperti testosteron).

Penyebab wanita mengalami androphobia

Hingga kini, belum diketahui apa yang jadi penyebab pasti seseorang menderita androphobia. Meski begitu, beberapa ahli mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang dapat berkontribusi dalam berkembangnya kondisi ini.Beberapa faktor yang bisa menjadi pemicunya, antara lain:
  • Gangguan biologis fungsi otak
  • Mempunyai keluarga atau orang dekat dengan kondisi serupa
  • Mendengar pengalaman buruk mengenai laki-laki dari orang lain
  • Genetik dan lingkungan tempat tinggal yang dapat mengakibatkan perubahan perilaku
  • Mengalami pengalaman buruk dengan pria di masa lalu, misal pemerkosaan, pelecehan fisik dan mental, penyerangan, penelantaran, hingga pelecehan seksual

Tanda-tanda wanita mengalami androphobia

Ketika mengalami androphobia, Anda mungkin akan merasakan kemunculan sejumlah gejala pada saat bertemu atau berhadapan dengan pria. Sejumlah tanda androphobia adalah sebagai berikut:
  • Merasakan ketakutan dan kecemasan yang tidak wajar ketika berpikir soal pria
  • Merasa bahwa ketakutan dan kecemasan terhadap pria tidak wajar, tetapi tidak mempunyai kemampuan untuk mengontrolnya
  • Merasakan ketakutan dan kecemasan ketika berada di tempat yang dihadiri pria
  • Menghindari tempat atau situasi yang memungkinkan Anda bertemu dengan pria
  • Kesulitan menjalankan aktivitas karena ketakutan dan kecemasannya terhadap pria
Selain memengaruhi psikologis, Anda kemungkinan juga akan merasakan sejumlah gejala fisik. Gejala-gejala fisik yang mungkin muncul ketika penderita Androphobia bertemu dengan pria, di antaranya:
  • Berkeringat
  • Jantung berdetak kencang
  • Susah napas
  • Dada terasa sesak
  • Mual
  • Pusing 
  • Pingsan
Perlu diingat, gejala-gejala yang dialami oleh masing-masing penderita fobia pria mungkin akan berbeda satu sama lain. Jika Anda merasakan adanya gejala-gejala di atas untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Bagaimana cara mengatasi androphobia?

Cara mengatasi androphobia sama dengan fobia pada umumnya. Beberapa pilihan pengobatan yang mungkin akan dilakukan oleh dokter untuk mengatasi kondisi Anda, antara lain:
  • Terapi pemaparan

Terapi pemaparan bertujuan untuk mengubah bagaimana cara Anda merespons pria. Secara bertahap, terapis akan memaparkan Anda dengan hal-hal yang mempunyai keterkaitan dengan pria, mulai dari foto, rekaman suara, hingga video. Ketika mulai dapat mengelola ketakutan dengan baik, Anda kemudian akan dihadapkan secara langsung dengan pria di kehidupan nyata.
  • Terapi perilaku kognitif

Dalam terapi perilaku kognitif, terapis akan mengajak Anda untuk mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab Anda fobia terhadap pria. Setelah teridentifikasi, Anda akan diajak mengubah pola pikir negatif yang memicu ketakutan dan kecemasan menjadi lebih realistis.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk dikonsumsi saat Anda menjalani periode terapi. Beberapa obat yang mungkin dijadikan pilihan seperti beta-blocker dan benzodiazepines. Konsumsi obat ini bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan dari gejala kecemasan dan ketakutan yang Anda alami ketika bertemu pria.

Catatan dari SehatQ

Androphobia adalah ketakutan atau kecemasan berlebih yang muncul saat seseorang bertemu dengan pria. Jika tidak mendapat penanganan, kondisi ini dapat memberi dampak buruk untuk kehidupan penderitanya. Misalnya, wanita yang mengalami androphobia mungkin akan memilih untuk tidak menikah karena takut terhadap pria. Penyimpangan orientasi seksual pun juga bisa terjadi akibat kondisi ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal androphobia dan cara mengatasinya dengan tepat, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan kecemasanfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/androphobia
Diakses pada 26 April 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/androphobia/definition.htm
Diakses pada 26 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait