Takut Hamil atau Melahirkan? Bisa Jadi Anda Menderita Tokophobia


Tokophobia membuat penderitanya takut untuk hamil atau melahirkan. Cara mengatasi kondisi ini dapat diatasi dengan metode koping, menjalani terapi, hingga konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

(0)
Tokophobia membuat penderitanya takut untuk hamil dan melahirkanTokophobia adalah ketakutan akan kehamilan dan melahirkan
Hampir semua wanita pasti mendambakan untuk mempunyai momongan. Meski begitu, ada juga wanita yang ternyata memilih untuk tidak memiliki anak. Alasannya sendiri beragam, salah satunya adalah ketakutan ekstrem untuk hamil. Jika Anda punya ketakutan serupa, kondisi ini dikenal dengan istilah tokophobia.

Apa itu tokophobia?

Tokophobia adalah kondisi yang membuat Anda mengalami kecemasan dan ketakutan ekstrem untuk hamil dan melahirkan. Kondisi ini terbagi ke dalam dua tipe, antara lain tokophobia primer dan tokophobia sekunder.Jenis tokophobia primer terjadi pada wanita yang belum pernah sama sekali menjalani proses persalinan. Sementara itu, tokophobia sekunder dialami oleh wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil dan melahirkan.

Faktor yang menjadi penyebab fobia hamil dan melahirkan

Pengalaman keguguran menyebabkan seseorang mengalami tokophobia
Pernah keguguran memicu rasa trauma yang menyebabkan tokophobia
Pada tipe primer, ketakutan untuk hamil dan melahirkan bisa terjadi setelah melihat wanita lain hamil dan melahirkan. Perasaan trauma akibat menjadi korban pelecehan atau perkosaan juga bisa memicu berkembangnya kondisi ini.Sementara itu, pada tipe sekunder, tokophobia bisa muncul akibat kegagalan dalam kehamilan atau proses melahirkan. Beberapa kondisi yang bisa memicu trauma serta menyebabkan fobia hamil dan melahirkan antara lain persalinan tidak normal, keguguran, maupun bayi lahir dalam keadaan meninggal.Terlepas dari kedua tipe tersebut, faktor lain yang turut berkontribusi menyebabkan tokophobia, antara lain:
  • Takut akan kehilangan nyawa bayi
  • Kurangnya kepercayaan akan tenaga medis
  • Takut akan rasa sakit yang muncul saat hamil dan melahirkan
  • Takut akan mengalami komplikasi atau meninggal setelah melahirkan
  • Perubahan hormonal yang membuat penderitanya kesulitan mengelola kecemasan
  • Faktor psikososial seperti hamil di usia muda, kemiskinan, dan kurangnya dukungan dari keluarga dan orang di sekitar

Gejala yang umumnya dialami penderita tokophobia

Sama seperti fobia lain, beberapa gejala mungkin akan dirasakan penderita tokophobia saat memikirkan kehamilan dan kelahiran. Sejumlah gejala yang berpotensi muncul, di antaranya:
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Gangguan tidur
  • Serangan panik
  • Ketakutan ekstrem
  • Menghindari aktivitas seksual agar tidak hamil
  • Mengharuskan kelahiran dengan operasi caesar apa pun kondisinya
Perlu diingat, gejala yang dialami oleh masing-masing penderitanya mungkin akan berbeda satu sama lain. Jika Anda merasakan gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang mendasarinya.

Bagaimana cara mengatasi tokophobia?

Penderita tokophobia dapat meminta bantuan ahli untuk mengatasi ketakutannya
Bila rasa takut hamil begitu mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli
Untuk mengatasi fobia kehamilan dan melahirkan, ada beragam cara yang bisa dipilih penderita tokophobia. Tindakan yang dapat Anda pilih mulai dari mengikuti terapi, menerapkan pola hidup sehat, hingga menjalani pengobatan medis dengan konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Menerapkan metode koping

Koping merupakan metode yang bisa dilakukan ketika Anda merasakan ketakutan atau kecemasan ekstrem saat memikirkan soal kehamilan dan persalinan. Ketika rasa takut atau cemas menyerang, lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih rileks seperti yoga, meditasi, berolahraga, maupun melakukan hobi.
  • Terapi perilaku kognitif

Lewat terapi perilaku kognitif, terapis akan mengajak Anda untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang memicu ketakutan ekstrem akan kehamilan atau persalinan menjadi lebih rasional. Terapi ini juga mengajarkan keterampilan untuk mengatasi rasa takut maupun stres yang muncul ketika memikirkan fobia Anda.
  • Terapi psikodinamika

Dalam terapi ini, Anda akan diajak untuk mengendalikan ketakutan atau kecemasan yang muncul ketika memikirkan kehamilan maupun persalinan. Untuk bisa mewujudkannya, terapis akan membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman Anda terhadap diri sendiri.
  • Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat bisa membantu mengatasi ketakutan yang muncul saat memikirkan kehamilan atau persalinan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan dalam membantu mengatasi tokophobia, antara lain konsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, dan rajin menerapkan mindfulness meditation.
  • Pengobatan medis

Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan yang dirasakan penderita tokophobia. Beberapa obat yang mungkin menjadi pilihan antara lain obat anti-kecemasan dan antidepresan. Penggunaan obat terkadang akan dikombinasikan dengan terapi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Catatan dari SehatQ

Tokophobia adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami ketakutan atau kecemasan ekstrem ketika memikirkan soal kehamilan maupun persalinan. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, mulai dari metode koping, menjalani terapi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai tokophobia dan cara mengatasi ketakutan yang muncul akibatnya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
melahirkankehamilanpersalinanfobia
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/tokophobia-overview-4684507
Diakses pada 11 April 2021
Choosing Therapy. https://www.choosingtherapy.com/tokophobia/
Diakses pada 11 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait