Yuk, Cari Tahu Penyebab Mandul dan Penanganan yang Tepat Sebelum Terlambat


Penyebab mandul pria dan wanita dipengaruhi oleh banyak hal, seperti masalah kesehatan, gangguan psikologis, gaya hidup tidak sehat hingga ketidakseimbangan hormon.

(0)
04 Mar 2020|Azelia Trifiana
Jangan segan mendiskusikan penyebab mandul pada wanita dengan pasangan Anda untuk mencari solusinya bersamaUntuk pasangan yang sedang merencanakan punya anak, penting untuk menelusuri penyebab mandul
Mandul atau hal-hal seputar disfungsi seksual kerap kali masih menjadi hal tabu untuk dibahas. Padahal, jika diketahui penyebab kemandulan wanita, bisa ditelusuri apa langkah penanganannya. Hal ini bisa dipicu faktor fisik maupun psikologis.Baik perempuan maupun laki-laki bisa mengalami impotensi atau masalah disfungsi seksual. Masalah ini bisa terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Penyebab tidak bisa punya anak pun bisa beragam.

Kerap menyamakan tidak subur dengan kemandulan, rupanya kedua kondisi tersebut berbeda.Apa itu mandul dan perbedannya dengan masalah kesehatan tidak subur? Mandul adalah kondisi yang menyebabkan seseorang tidak bisa memiliki anak. Kemandulan pada pria apabila tidak bisa menghasilkan sperma atau kualitas sperma yang dihasilkan buruk sehingga tidak dapat membuahi sel ovum. Sedangkan, gangguan medis wanita mandul ketika tidak bisa melakukan proses ovulasi atau pelepasan sel telur sehingga tidak dapat dibuahi.Kemandulan tidak bisa diatasi dengan cara apapun, berbeda dengan masalah kesuburan. Meski dikatakan sulit, namun memiliki anak bagi pasangan yang kurang subur tetap masih bisa terjadi. Anda dikatakan tidak subur bila mengalami kesulitan pembuahan untuk hamil. Ketidakmampuan seorang wanita mempertahankan janin hingga bayi lahir juga dapat dikatakan tidak subur. Meski begitu, berbeda dengan kemandulan, pria maupun wanita yang didiagnosis memiliki masalah kesuburan tetap memiliki peluang untuk memiliki anak jalan operasi atau dengan obat. Kini pasangan juga sudah bisa mencoba program bayi tabung untuk memiliki anak. 

Apa saja penyebab mandul?

Kehidupan seks yang sehat bergantung pada banyak faktor, baik itu kondisi kesehatan, konsumsi obat tertentu, pasangan, hormon, dan banyak lagi. Beberapa hal yang menjadi penyebab mandul di antaranya:

1. Masalah kesehatan

Kondisi kesehatan tertentu bisa menyebabkan disfungsi seksual pada wanita. Beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, kanker, sklerosis, dan artritis bisa memicu komplikasi berupa menurunnya fungsi seksual. Selain itu penyebab wanita tidak bisa punya anak juga bisa terjadi akibat kesehatan reproduksi yang terganggu, seperti menopause dini. Kondisi ini menyebabkan indung telur tidak dapat melepaskan sel ovum lagi sebelum usia 40 tahun. Sementara pada laki-laki, kemoterapi yang dilakukan saat proses penyembukan penyakit tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada testis. Ini bisa membuat jumlah produksi sperma menurun yang dapat terjadi dalam periode waktu yang lama atau bahkan permanen.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu

Perempuan yang mengonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang juga bisa mengalami penurunan fungsi seksual bahkan tidak bisa punya anak. Beberapa risiko ada pada pasien yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah atau depresi.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab tingginya risiko tidak bisa punya anak lainnya adalah konsumsi alkohol berlebihan. Jika dibiarkan, konsumsi alkohol berlebih dapat mengganggu fungsi organ dalam termasuk kualitas kehidupan seksual. Gaya hidup yang tidak sehat ini juga meningkatkan risiko ketidaksuburan yang berpengaruh terhadap kesuburan pada pria maupun wanita. 

4. Endometriosis

Salah satu penyebab wanita tidak bisa hamil adalah karena mengalami endometriosis. Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan endometrium atau dinding rahim di luar tempat seharusnya. Jika jaringan ini tumbuh di ovarium maka kelamaan dapat berkembang menjadi kista, jaringan parut dan lengket dengan jaringan sekitarnya. Hal ini akan mengganggu kesuburan seorang perempuan.

5. Kondisi rahim

Beberapa kondisi rahim seperti rahim retro atau terbalik juga bisa menjadi penyebab seorang wanita tidak bisa punya anak. Meski demikian, bukan berarti kondisi ini tidak bisa diperbaiki. Infeksi rahim atau endometritis juga bisa berpengaruh terhadap fungsi organ reproduksi.

6. Operasi sebelumnya

Seseorang yang pernah menjalani operasi berkaitan dengan tulang panggul atau area kewanitaan bisa mengalami cedera atau luka. Ketika hal ini terjadi, ada kemungkinan aliran darah menjadi tidak lancar hingga kerusakan saraf di sekitar area reproduksi. Hal ini juga bisa menjadi penyebab mandul.

7. Hormon tak seimbang

Dikutip dari Hormone, kondisi ketidakseimbangan hormon yang terjadi saat hormon estrogen turun secara drastis seperti saat menopause atau menopouse dini bisa menyebabkan hubungan seksual terasa menyiksa karena kondisi vagina yang kering . Hal ini bisa terjadi secara alami baik karena usia maupun faktor medis yang menyebabkan hormon tidak seimbang.

8. Gangguan psikologis

Adanya gangguan psikologis seperti stres, cemas berlebih, depresi, trauma seksual masa lalu juga bisa memicu seorang individu tidak bisa menikmati hubungan seksual, apalagi mengupayakan memiliki keturunan. Ketakutan atau kondisi belum siap hamil juga dapat berpengaruh terhadap kondisi ini.

Bagaimana mengatasinya?

Masalah disfungsi seksual bisa berlangsung dalam jangka panjang atau hanya sementara. Contoh masalah yang sementara adalah kondisi penurunan fungsi seksual ketika usai melahirkan. Namun jika masalah terjadi terus-menerus, saatnya mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk menanganinya, seperti:
  • Pemberian konseling, pendidikan, komunikasi untuk masalah terkait stres atau hubungan dengan pasangan
  • Pemberian terapi estrogen jika penyebab mandul adalah hormon yang tidak seimbang
  • Menjalani gaya hidup sehat dan membatasi konsumsi alkohol
  • Konsumsi obat antidepresi jika diperlukan atas rekomendasi dari dokter
Masih banyak penelitian terkait pengobatan untuk kemandulan, namun yang terpenting adalah jangan segan mendiskusikannya dengan pasangan dan dokter. Lewat diagnosis organ reproduksi wanita, bisa diketahui akar masalahnya sekaligus mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk menanganinya. Namun jika masalah tersebut berkaitan dengan aspek psikologis, ajak pasangan bersama-sama mencari cara untuk mengatasinya. Upaya memiliki keturunan selama bertahun-tahun bisa membuat frustrasi, namun keterbukaan dan saling memberi semangat dengan pasangan bisa membuatnya lebih mudah.Jika Anda ingin bertanya langsung pada dokter, Anda dapat chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
perawatan kesuburanmeningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/female-sexual-dysfunction/diagnosis-treatment/drc-20372556
Diakses 25 Februari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/women/guide/sexual-dysfunction-women#1
Diakses 25 Februari 2020
MSD Manual. https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/sexual-dysfunction-in-women/overview-of-sexual-dysfunction-in-women
Diakses 25 Februari 2020
Hormone. https://www.hormone.org/diseases-and-conditions/female-sexual-dysfunction
Diakses 25 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait