7 Langkah Tepat Keluar dari Zona Nyaman, Tidak Selalu Menakutkan

Keluar dari zona nyaman menjadi tantangan besar bagi kebanyakan orang
Keluar dari zona nyaman dapat membuat Anda menggali potensi diri

Banyak orang yang enggan keluar dari zona nyaman karena takut untuk terjun ke dunia yang baru. Zona nyaman adalah suatu kondisi di mana Anda merasa nyaman dan aman dengan keadaan Anda saat ini baik perihal pekerjaan, lingkaran pertemanan maupun rutinitas sehari-hari.

Berada di zona nyaman membuat Anda kurang tertarik dalam mencoba berbagai hal yang baru. Padahal jika terus berdiam diri di zona tersebut, maka bisa saja diri Anda tidak berkembang. 

Mengapa perlu keluar dari zona nyaman?

Terus berada di zona nyaman lama-kelamaan bisa membuat Anda merasa bosan, lelah, atau tidak bahagia. Terkadang, Anda pun melamun tentang kehidupan atau petualangan yang berbeda. Sayangnya, Anda masih ragu atau takut untuk berpindah. Akan tetapi, terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus keluar dari zona nyaman, di antaranya:

  • Bisa membuat Anda lebih menggali potensi diri dan berkembang
  • Membuat hidup menjadi lebih menarik karena Anda dapat mengeksplorasi diri
  • Meningkatkan kebahagiaan karena Anda menemukan dan mengalami hal-hal baru yang dapat memicu lepasnya dopamin
  • Memperluas hubungan sosial yang Anda miliki, baik teman maupun kolega baru
  • Dapat memberi kepuasan tersendiri jika Anda bisa melewatinya dengan baik

Keluar dari zona nyaman dapat menjadi tantangan yang luar biasa. Oleh sebab itu, dibutuhkan keinginan dan tekad yang kuat untuk melakukannya.

Langkah keluar dari zona nyaman

Memang bukan perkara yang mudah untuk keluar dari zona nyaman. Bahkan Anda juga mungkin bingung dan tak tahu langkah apa yang harus diambil. Namun, berikut langkah keluar dari zona nyaman yang tepat untuk Anda lakukan:

1. Pikirkan apa yang membuat Anda takut

Pikirkan mengenai hal apa yang membuat Anda takut untuk keluar dari zona nyaman. Lihatlah ketakutan tersebut dengan cara yang mengasyikkan sehingga Anda tidak akan terjebak di dalamnya. Fokuskan juga pada rasa semangat dan bangga yang akan Anda rasakan setelah berhasil keluar dari zona nyaman Anda.

2. Membuat rencana yang jelas

Membuat rencana dapat membantu Anda meninggalkan zona nyaman secara bertahap dan mengendalikannya dengan baik. Dalam membuat rencana, Anda harus benar-benar memahami apa yang ingin Anda tuju, bagaimana melakukannya, dan risiko-risiko yang mungkin dihadapi.

3. Yakinkan diri bahwa Anda bisa melakukannya

Terus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat melakukannya, maka bisa membuat diri Anda tersugesti. Jadi, yakinkanlah diri bahwa Anda dapat menaklukkan tantangan baru dan berhasil keluar dari zona nyaman dengan baik. Berbicaralah mengenai hal-hal yang positif pada diri sendiri. 

4. Cobalah untuk meninggalkan zona nyaman secara bertahap

Anda dapat mencoba keluar dari zona nyaman secara bertahap. Cobalah untuk beradaptasi pada situasi-situasi baru, namun jangan terlalu memaksakan diri hingga membuat Anda tertekan. Jika Anda tidak menyukainya, maka Anda bisa berhenti melakukannya.

5. Mencari dukungan agar lebih semangat

Anda dapat membicarakan keinginan Anda untuk meninggalkan zona nyaman pada orang-orang terdekat. Mintalah mereka untuk mendukung Anda sehingga membuat Anda lebih bersemangat dan termotivasi dalam melakukannya. Selain itu, Anda juga dapat membaca buku-buku motivasi mengenai orang sukses yang berhasil keluar dari zona nyamannya.

6. Ingatkan diri bahwa Anda pernah melakukan hal yang serupa

Tentu saja ada berbagai hal di masa lalu yang membuat Anda takut, namun berhasil dilalui. Dengan kata lain, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda mampu melewati tantangan. Membuat daftar mengenai keberhasilan Anda tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk meninggalkan zona nyaman. 

7. Memberi reward pada diri sendiri

Dibutuhkan keberanian yang besar untuk meninggalkan zona nyaman. Oleh sebab itu, Anda harus memberi reward pada diri sendiri karena telah mencoba melakukannya. Rayakan pula setiap perkembangan atau perubahan positif yang berhasil Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Ini menjadi cara yang tepat untuk menghargai diri sendiri.

Jika saat mencoba keluar dari zona nyaman, Anda melakukan kesalahan atau menemukan kegagalan maka jangan berkecil hati. Berkomitmenlah untuk mempelajari kegagalan tersebut, dan tak menjadikannya alasan untuk menyerah.

Namun terkadang, berada di zona nyaman juga dapat menjadi pilihan yang terbaik ketika Anda telah berpikir dengan matang bahwa Anda belum dapat meninggalkannya saat ini. Sebab bisa saja Anda malah merasa kewalahan dan tak bahagia jika melakukannya dengan terburu-buru.

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/how-to-get-out-of-your-comfort-zone/
Diakses pada 13 April 2020.
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/get-out-of-your-comfort-zone/
Diakses pada 13 April 2020.

Artikel Terkait