Tak Perlu Setiap Hari, Begini Cara Menimbang Berat Badan yang Benar


Menimbang berat badan setiap hari memang dapat membantu program diet, namun berpotensi menyebabkan stres dan kecemasan. Idealnya, Anda disarankan untuk menimbang berat badan maksimal satu kali dalam seminggu.

(0)
Anda tidak perlu menimbang berat badan setiap hariMenimbang berat badan setiap hari memang dapat membantu dalam proses penurunan bobot tubuh
Ketika sedang menjalani program diet, menimbang berat badan menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan. Tindakan ini biasanya dilakukan untuk mengecek apakah program diet mereka membuahkan hasil atau tidak.Menimbang berat badan setiap hari tidak sepenuhnya salah, namun kebiasaan tersebut juga dapat memberikan dampak yang buruk untuk Anda. Lantas, bagaimanakah aturan dan cara menimbang berat badan yang  benar?

Kelebihan dan kekurangan menimbang berat badan setiap hari

Menurut penelitian, kebiasaan menimbang berat badan setiap hari mungkin bermanfaat bagi orang yang tengah dalam program diet. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa orang yang menimbang berat badan mereka tiap hari rata-rata mengalami penurunan bobot tubuh hingga 1,7 persen.Dengan memantau perkembangan berat badan setiap hari, orang yang menjalani program diet dapat menjadi semakin termotivasi. Selain itu, tindakan tersebut juga dapat memicu perubahan perilaku, misalnya mengubah pola makan yang buruk, dalam jangka panjang.Di sisi lain, kebiasaan menimbang berat badan setiap hari berpotensi membuat Anda menjadi terobsesi dan memikirkannya secara berlebihan. Bahkan, kebiasaan tersebut bisa saja memicu stres dan kecemasan jika angka pada timbangan tidak mengalami perubahan.Cara mengetahui apakah program diet Anda berjalan dengan sukses bukan hanya diukur dari berat badan. Bisa saja tubuh Anda sebenarnya telah kehilangan lemak sebanyak 1 kg, tetapi digantikan dengan otot dengan berat yang sama.

Bagaimanakah cara menimbang berat badan yang benar?

Menimbang berat badan setiap hari memang dapat membantu dalam proses penurunan bobot tubuh Anda. Namun, kebiasaan tersebut bisa berpotensi membuat Anda stres dan menimbulkan kecemasan apabila tidak berjalan sesuai rencana.Supaya terhindar dari kondisi tersebut, berikut ini aturan dan cara menimbang berat badan yang benar:

1. Menimbang berat badan satu kali dalam seminggu

Meski bisa membuat Anda termotivasi, angka yang muncul pada timbangan saat menimbang berat badan setiap hari mungkin saja tidak akurat. Berat badan Anda dapat berubah secara drastis karena fluktuasi cairan dalam tubuh. Untuk mendapat angka yang lebih akurat, Anda disarankan untuk menimbang berat badan satu kali dalam seminggu.

2. Menimbang berat badan di pagi hari

Menimbang berat badan di pagi hari dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih akurat. Pada pagi hari, tubuh Anda belum mendapatkan asupan makanan maupun cairan. Selain itu, makanan dan minuman yang telah Anda konsumsi sebelumnya juga telah dicerna dan diproses dengan sempurna karena tubuh berpuasa semalaman.

3. Menimbang berat badan dengan cara yang sama

Agar angka yang muncul pada timbangan akurat, Anda harus menimbang berat badan dengan cara yang sama. Contohnya, jika Anda menimbang berat badan di pagi hari, lakukan hal serupa di minggu berikutnya. Apabila, Anda menimbang berat badan dalam keadaan telanjang, ulangi juga cara yang sama pada minggu berikutnya.

4. Gunakan timbangan yang akurat 

Saat menimbang berat badan, gunakan timbangan digital yang lebih akurat
Timbangan digital dianggap lebih akurat
Ketika menimbang berat badan, pakailah timbangan yang berkualitas akurat. Timbangan ini bisa Anda temukan di penyedia layanan kesehatan. Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), menyarankan untuk menggunakan timbangan digital dibanding pegas untuk mendapat hasil yang lebih akurat.

5. Memantau dan mencatat perkembangan Anda

Memantau dan mencatat perkembangan berat badan dapat membantu Anda mengidentifikasi pola, serta memotivasi untuk terus mencapai kemajuan. Agar lebih mudah, Anda bisa memakai timbangan pintar yang terhubung ke aplikasi ponsel Anda. Timbangan ini tak hanya memantau perkembangan Anda, tetapi juga mengukur berat badan secara lengkap, mulai dari massa otot hingga lemak tubuh. Dengan hal tersebut, Anda dapat menerima gambaran umum yang lebih baik tentang kesehatan tubuh secara keseluruhan.Para ahli menyarankan agar membuat catatan diet/makanan yang Anda konsumsi setidaknya 5 hari dalam seminggu untuk mengoptimalkan penurunan berat badan.

6. Jangan terfokus pada angka timbangan

Terlalu fokus pada angka di timbangan dapat membuat Anda menjadi stres dan menimbulkan kecemasan. Untuk menghindari hal tersebut, timbanglah berat badan hanya pada saat periksa ke rumah sakit. Fokuskan energi Anda untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia, namun tetap sehat.

Catatan dari SehatQ

Menimbang berat badan penting untuk dilakukan untuk menjaga bobot tubuh Anda tetap sehat dan ideal. Meski begitu, Anda tidak perlu menimbang berat badan setiap hari karena berpotensi menyebabkan stres dan menimbulkan kecemasan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara menimbang berat badan yang benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietberat badan idealdiet sehatmenurunkan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercises/weigh-yourself-guidelines
Diakses pada 20 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/best-time-to-weigh-yourself
Diakses pada 20 November 2020
American Heart Association. https://www.heart.org/en/news/2019/01/02/the-pros-and-cons-of-weighing-yourself-every-day
Diakses pada 20 November 2020
Journal of Diabetes Research. https://doi.org/10.1155/2017/6951495
Diakses pada 24 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait