Tak Perlu Ribet, Ini Cara Menghemat Air yang Mudah Dilakukan

Ketika tidak menggunakan keran air, jangan lupa untuk mematikannya
Matikanlah keran air saat tidak menggunakannya

Setiap manusia membutuhkan air bagi kelangsungan hidupnya. Sumber daya alam yang satu ini sangatlah penting karena digunakan untuk minum, mandi, memasak, mencuci, dan berbagai keperluan esensial lainnya.

Sayangnya, manusia kerap membuang-buang air begitu saja. Padahal stok persediaan air lama-kelamaan bisa menipis. Oleh sebab itu, untuk menjaga persediaan air bersih tentu saja kita harus menghemat. Lantas, bagaimana cara menghemat air yang sebaiknya dilakukan?

Beragam cara menghemat air

Di beberapa negara Afrika yang mengalami kekeringan, air merupakan komoditas yang sangat berharga. Tanpa air, kesehatan manusia bisa terganggu, bahkan menyebabkan berbagai masalah serius. 

Oleh karena itu, penting untuk menghemat air agar ketersediaannya tetap terjaga. Adapun cara menghemat air yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

  • Pikirkan tagihan air

Apakah tagihan air di rumah Anda setiap bulannya terbilang besar? Jika iya, Anda harus mulai memikirkannya. Tagihan air yang besar menunjukkan pemakaian air yang besar pula. Oleh sebab itu, Anda harus mulai menghemat pemakaian air. Hal ini bukan hanya menjaga persediaan air, namun dapat membantu menghemat biaya yang Anda keluarkan.

  • Matikan keran air ketika tidak menggunakannya

Lupa mematikan keran air setelah menggosok gigi, cuci tangan, cuci muka, atau hal lainnya merupakan kebiasaan yang harus dihilangkan. Berbagai kebiasaan tersebut membuat Anda membuang banyak air secara tidak disadari. 

Jadi, biasakan untuk mematikan keran jika tidak menggunakannya dan nyalakan hanya saat Anda membutuhkannya. Jadikan kebiasaan ini sebagai cara menghemat air yang wajib Anda lakukan.

  • Masak air secukupnya

Ketika ingin menyeduh teh, kopi, atau memasak mie instan Anda, mungkin kerap menggunakan air terlalu banyak tanpa memikirkan jumlah yang Anda butuhkan. Alhasil, air yang tersisa pun dibuang begitu saja. 

Hal ini jelas merupakan bentuk pemborosan air. Cobalah untuk mengisi panci atau ketel air dengan secukupnya saja sesuai yang Anda butuhkan. Tak hanya menghemat air, ini juga bisa membuat Anda menghemat listrik atau gas.

  • Mencuci buah dan sayur dalam wadah

Meski harus menghemat air, namun penting untuk tetap mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kontaminasi kuman dan kemungkinan penyakit bawaan makanan. 

Namun, membersihkannya dengan air mengalir seringkali membuat jumlah air yang digunakan terlalu banyak karena tak terasa. Oleh sebab itu, cucilah buah dan sayur dalam wadah yang berisi air. Metode ini dapat membantu Anda menghemat air lebih banyak.

  • Menggunakan cairan pencuci piring secukupnya

Menggunakan cairan pencuci piring secara berlebihan dapat menghasilkan banyak busa sabun. Hal ini tentu membuat semakin banyak air yang diperlukan untuk membilasnya. 

Sebaiknya, hentikanlah kebiasaan tersebut. Gunakan cairan pencuci piring secukupnya saja sesuai yang Anda perlukan sehingga pemakaian air untuk membilas tak akan berlebihan.

  • Memperbaiki kebocoran

Jika di rumah Anda terdapat pipa yang bocor atau keran yang rusak sehingga membuat air menetes, Anda tidak boleh mengabaikannya. 

Segera perbaiki karena hal tersebut bisa membuat air jadi terbuang sia-sia. Jika Anda belum bisa memperbaikinya maka tampunglah air yang bocor tersebut untuk Anda gunakan bagi keperluan lain.

  • Hindari mandi berlama-lama

Apakah Anda senang mandi berlama-lama sambil memainkan air? Jika iya, Anda harus menghindari kebiasaan tersebut. Berhenti mandi lama-lama memungkinkan Anda untuk menghemat banyak air. 

Selain itu, mengganti bak mandi dengan shower yang beraliran rendah juga dapat mengurangi penggunaan air yang Anda gunakan untuk mandi.

  • Menampung air hujan

Menampung air hujan juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat air. Air hujan yang ditampung dapat Anda gunakan untuk menyirami tanaman atau mencuci kendaraan. Namun, pastikan air yang ditampung tersebut langsung digunakan atau tutup dengan rapat agar tidak menjadi tempat nyamuk bertelur hingga bisa menyebarkan penyakit.

Menghemat air memiliki banyak keuntungan. Bukan hanya menjaga persediaan air tetap terjaga, Anda juga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu upaya dalam penyelamatan lingkungan yang bisa Anda lakukan. Jadi, terapkan cara menghemat air di atas mulai dari sekarang!

Health24. https://www.health24.com/Lifestyle/Environmental-health/Water/18-ways-to-save-water-in-your-kitchen-20180212
Diakses pada 02 Maret 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/photogallery/save-water.aspx
Diakses pada 02 Maret 2020

Artikel Terkait