Tak Melulu Berarti Tua, Ini Penyebab Uban di Usia Muda Sudah Muncul

Penyebab uban di usia muda bisa karena faktor genetik, bisa juga karena gaya hidup yang tidak sehat
Remaja dan orang dewasa berusia awal 20an bisa memiliki uban, istilahnya adalah uban yang tumbuh prematur

Meskipun wajar dan ada banyak penyebab uban di usia muda sudah muncul, namun bagi beberapa orang hal ini bisa dianggap mengganggu penampilan. Ada orang yang sudah beruban sejak usia 20 tahun, bahkan ada pula yang beruban sejak masih SD karena faktor genetik.

Ada beberapa cara untuk mengatasi munculnya penyebab uban di usia muda, seperti mengonsumsi vitamin tertentu. Memberikan nutrisi secara berkala ke rambut juga bisa mencegah munculnya uban di usia muda.

Penyebab uban di usia muda

Remaja dan orang dewasa berusia awal 20an bisa memiliki uban, istilahnya adalah uban yang tumbuh prematur. Berikut beberapa penyebab uban di usia muda sudah muncul:

1. Kekurangan vitamin

Beberapa kondisi defisiensi vitamin seperti B6, B12, biotin, vitamin D, maupun vitamin E bisa menjadi penyebab uban di usia muda sudah muncul. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan pigmentasi pada rambut.

Selain itu, penelitian pada tahun 2016 juga mencari tahu penyebab uban di usia muda sudah muncul, terutama pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Rupanya, rendahnya feritin yang menyimpan zat besi dalam tubuh hingga kurangnya vitamin B12 bisa menyebabkan munculnya uban.

2. Genetik 

Pemicu uban di usia muda sudah muncul yang paling banyak terjadi adalah faktor genetik. Biasanya, uban muncul dini bisa terjadi pada usia 20 tahun pada orang berkulit putih, usia 25 tahun pada orang Asia, dan 30 tahun pada populasi Amerika-Afrika.

3. Stres oksidatif

Salah satu proses yang juga menjadi penyebab uban di usia muda sudah muncul adalah stres oksidatif dalam tubuh. Ketika seseorang mengalaminya, akan ada ketidakseimbangan karena antioksidan tak cukup untuk menangkal dampak radikal bebas. Padahal, radikal bebas adalah molekul yang merusak sel dan menyebabkan penuaan serta penyakit.

4. Kondisi medis

Orang yang mengalami kondisi medis tertentu seperti disfungsi tiroid hingga rambut tumbuh abnormal bisa mengalami uban muncul di usia muda. Selain itu, penyebab uban di usia muda lainnya adalah penyakit autoimun kulit alopecia areata. Penderitanya akan mengalami kerontokan di kulit kepala, wajah, hingga bagian tubuh lainnya.

5. Merokok

Kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga menjadi penyebab uban di usia muda sudah muncul. Menurut penelitian pada tahun 2013, perokok 2,5 kali lebih berisiko memiliki uban sebelum usianya menginjak 30 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

6. Penggunaan produk kimia

Produk kimia juga dapat menyebabkan uban muncul sejak usia muda. Bahkan produk kimia seperti sampo juga dapat mengurangi kadar melanin. Perlu diingat pula bahwa kandungan hidrogen peroksida yang kerap ditemukan pada produk perawatan rambut kimia adalah bahan yang berbahaya.

Adakah cara mencegahnya?

Jika faktor genetik bukan penyebab uban di usia muda sudah mulai terlihat, masih ada cara untuk mencegahnya. Beberapa langkah tertentu bisa mengembalikan pigmentasi rambut kembali normal, seperti:

  • Konsumsi antioksidan

Tak ada salahnya mengonsumsi banyak sumber antioksidan demi menekan stres oksidatif. Pilih sumber makanan seperti buah, sayur, minyak zaitun, atau ikan yang bebas merkuri.

  • Berhenti merokok

Bagi perokok berat, jangan heran jika uban muncul ketika usia Anda bahkan belum menginjak 30 tahun. Salah satu cara mencegahnya tentu dengan berhenti merokok, sebelum hal ini juga membuat pigmentasi rambut semakin buruk.

  • Terapi atau pengobatan medis

Apabila penyebab uban di usia muda adalah faktor medis seperti penyakit tertentu, maka pengobatan atau terapi bisa menjadi cara mengatasinya. Contohnya pada penderita ketidakseimbangan tiroid, terapi hormon bisa membuat kondisi rambut beruban membaik. Selain itu, mengonsumsi vitamin B12 juga bisa meningkatkan kesehatan folikel rambut dan mengembalikan warna alami rambut. 

Rambut beruban, apa yang salah?

Teruntuk mereka yang memiliki uban di usia muda karena faktor genetik, rasa-rasanya menutupi uban akan jauh lebih melelahkan ketimbang menerimanya sebagai bagian dari tubuh Anda. 

Lupakan stigma bahwa rambut beruban berarti penuaan. Selama seseorang tetap sehat, aktif, dan tetap bisa produktif, maka uban bukan masalah besar. Orang akan melihat attitude, bukan berapa banyak helaian uban di rambut.

Justru yang lebih penting adalah tetap menjaga kesehatan dan menyayangi diri sendiri. Cantik atau tampannya seseorang tidak ditentukan dari warna rambut mereka, tapi bagaimana mereka bisa menikmati hidup dan bermanfaat untuk sekitar.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/abcs-premature-graying#1
Diakses 25 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288#takeaway
Diakses 25 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/white-hair#prevention
Diakses 25 Februari 2020

Artikel Terkait