logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Tak Lagi Olahraga Sendiri-Sendiri, Ini 8 Ide Gerakan Yoga Berpasangan

open-summary

Melakukan yoga berpasangan juga bisa meningkatkan bonding karena saling percaya satu sama lain. Bukan hanya itu, badan pun terasa lebih sehat.


close-summary

0

7 Jan 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Mengenal yoga berpasanga yang menyenangkan

Posisi double tree yang umum pada yoga berpasangan

Table of Content

  • Gerakan untuk yoga berpasangan
  • Catatan dari SehatQ

Jika kehabisan ide aktivitas apa yang bisa dilakukan di rumah, mungkin yoga berpasangan bisa jadi pilihan. Ini menarik karena ada banyak pose dalam yoga yang bisa dilakukan oleh dua orang. Bahkan bagi yang suka tantangan, bisa juga mencoba jenis acroyoga dengan sentuhan gerakan akrobatik.

Advertisement

Yoga berdua ini bisa dilakukan berpasangan dengan teman, partner, instruktur, atau siapa saja. Selain membuat olahraga menjadi semakin menyenangkan, tentu juga meningkatkan ikatan antara kedua pihak.

Gerakan untuk yoga berpasangan

Bagi yang baru mencoba melakukannya, berikut ini ada beberapa referensi gerakan untuk melakukan partner yoga:

1. Double Tree

double tree yoga pose
Sumber: yogarove.com

Sebagian besar gerakan yoga berpasangan adalah pose yang telah dimodifikasi. Salah satunya adalah Double Tree yang merupakan variasi dari Tree Pose atau vrksasana. Jenis pose ini banyak dipilih karena sangat cocok bagi pemula.

Ketika melakukan gerakan ini, masing-masing orang berdiri dengan menjaga keseimbangan hanya ditopang satu kaki. Kemudian, saling berpegangan dengan partner sehingga posisi lebih seimbang.

Salah satu tangan melingkar di pinggang satu sama lain, selain itu tangan lainnya bertemu di atas kepala. Kaki yang tidak berada di lantai bertumpu di paha bagian dalam atau betis (jangan lutut). Tahan selama beberapa detik.

2. Double Standing Forward Fold

double forward bend
Sumber: yogacurious.com

Pose yoga yang satu ini dilakukan dengan meregangkan otot hamstring. Ini adalah modifikasi dari gerakan uttanasana pada yoga seorang diri. Gerakannya sama, yaitu melengkungkan tubuh dengan membawa kepala ke lutut.

Jika dilakukan oleh dua orang, posisinya adalah saling membelakangi. Kemudian, saling berpegangan dengan merangkul satu sama lain. Semakin fleksibel tubuh, akan semakin jauh jangkauannya.

3. Sitting Spinal Twist

Gerakan ini bisa dilakukan sendiri atau bersama pasangan. Istilah lainnya adalah Half Lord of the Fishes. Mudah sekali melakukannya karena mirip dengan gerakan saat melakukan peregangan tubuh setelah bekerja di depan komputer seharian.

Untuk melakukannya, duduklah bersila dengan saling membelakangi satu sama lain. Kemudian, salah satu akan menjangkau lutut atau tangan pasangannya untuk meregangkan otot. Pasangan juga melakukan gerakan yang sama di arah sebaliknya.

4. Partner Boat

partner boat
Sumber: yogarove.com

Modifikasi dari gerakan navasana ini dapat meregangkan otot perut dan juga hamstring. Biasanya, ini menjadi pose yang dipilih oleh orang-orang yang sudah terbiasa melakukan jenis-jenis yoga.

Untuk melakukannya, duduk saling berhadapan. Kemudian, angkat kedua kaki hingga membentuk huruf V terbalik. Kemudian, julurkan kedua tangan dan saling berpegangan.

Jika kaki tidak cukup fleksibel, bisa dimodifikasi dengan melipat lutut dan secara bertahap meluruskan kedua kaki.

5. Seated Forward Bend

seated forward bend
Sumber: yogacurious.com

Gerakan paschimottanasana ini juga cocok dilakukan orang yang belum terbiasa beryoga. Otot yang menjadi target adalah hamstring, otot betis, dan juga punggung. Ketika dilakukan berpasangan, peregangan bisa menjadi lebih intens.

Cara melakukannya adalah dengan mempertemukan kedua kaki hingga benar-benar lurus. Kemudian, gapai tangan satu sama lain dengan bergantian memajukan tubuh. Ini akan membantu meregangkan otot di bagian kaki.

Jika ingin tantangan lebih, buka kedua kaki sehingga membentuk diamond. Dengan demikian, otot yang ada di paha dalam juga menjadi semakin fleksibel.

6. Double Downward Dog

Pose adho mukha svanasana bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk yang baru pertama kali mencoba. Namun, pastikan bisa benar-benar seimbang sebelum melakukannya.

Mulai dengan posisi Downward Dog. Kemudian, pasangan membentuk gerakan handstand seperti huruf L dengan kedua kakinya bertumpu di punggung orang yang sedang melakukan Downward Dog.

Gerakan ini dapat meregangkan tubuh bagian atas serta memperkuat bahu. Lakukan bergantian agar mendapatkan manfaat maksimal.

7. Standing Partner Backbend

Pose anuvittasana dapat meregangkan otot punggung serta membuka bagian dada. Ketika melakukannya berpasangan, keduanya saling berhadapan dan mengunci lengan satu sama lain. Kemudian, bawa kepala dan punggung ke belakang hingga dagu menghadap ke atas.

8. Partner Camel

Melakukan Camel Pose atau ustrasana bisa melatih otot perut serta lengan. Ada banyak variasi yang bisa dilakukan untuk melakukan gerakan ini, bergantung pada tingkat fleksibilitas dan keseimbangan masing-masing.

Cara melakukannya sama dengan Camel Pose sendiri hanya saja kedua tangan saling berpegangan di belakang tubuh. Salah satu tangan berada di atas, satunya di bawah.

Bonus dari melakukan yoga berpasangan bukan hanya melatih otot serta memperbaiki postur tubuh, tapi juga membantu meregangkan otot. Jika Anda merasa badan pegal-pegal setelah menjalani rutinitas, mungkin olahraga ini bisa menjadi pilihan.

Baca Juga

  • 11 Manfaat Jalan Santai untuk Kesehatan yang Jarang Disadari
  • 4 Manfaat Sosialisasi dengan Orang Lain Bagi Kesehatan
  • Pernapasan Diafragma dan Teknik Lainnya, Ini Cara Meningkatkan Kapasitas Paru

Catatan dari SehatQ

Ingat bahwa yoga adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pemula. Tidak ada istilah orang yang pandai beryoga karena semua pasti bisa. Sesuaikan gerakan dengan fleksibilitas masing-masing tanpa perlu memaksakan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat yoga berpasangan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

olahragayogamenjaga kesehatan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved