Obat Mata Ikan di Kaki Baik Secara Alami Hingga Medis yang Ampuh


Obat mata ikan di kaki bisa didapat secara alami atau secara bebas di apotik. Apa saja pilihan obat alami mata ikan dan obat mata ikan di apotik yang bisa digunakan?

(0)
24 Mar 2020|Azelia Trifiana
Obat mata ikan bisa didapat secara alami atau secara bebas di apotekMata ikan biasanya muncul ketika kulit mendapat tekanan atau gesekan berulang kali di area kulit yang sama
Obat mata ikan di kaki dapat digunakan sesuai dengan seberapa parah kondisi yang Anda alami. Jika kondisi mata ikan dibiarkan terus-menerus tanpa diberi pengobatan, maka bisa menimbulkan rasa nyeri. Biasanya, mata ikan ditandai dengan bentuknya yang mengeras dan menebal serta berbentuk bulat. Kondisi kulit ini biasanya terjadi pada area kaki, tetapi tak menutup kemungkinan mata ikan di tangan bisa terjadi. Mata ikan bukanlah penyakit kulit. Mata ikan adalah sebuah respons tubuh akibat tekanan atau gesekan pada kulit yang terjadi secara berulang-ulang.

Apa saja pilihan obat alami mata ikan?

Memang, sebagian besar kondisi mata ikan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, jika dibiarkan terus-menerus, mata ikan bisa menyebabkan rasa nyeri. Nah, bila mata ikan yang Anda alami tergolong ringan, tak ada salahnya mencoba cara menghilangkan mata ikan dengan obat alami mata ikan. Berikut adalah berbagai obat alami mata ikan yang bisa digunakan di rumah. 

1. Rendam kaki air hangat

Obat mata ikan di kaki adalah dengan merendam kaki dalam air hangat
Rendam kaki dalam air hangat selama 20 menit
Salah satu obat alami mata ikan adalah dengan merendam kaki dalam baskom berisi air hangat.Menurut American Academy of Dermatology, merendam mata ikan dalam air hangat bisa jadi obat alami mata ikan yang utama bisa dilakukan sendiri di rumah.Lakukan obat alami mata ikan ini selama kurang lebih 20 menit sampai area kulit yang terdapat mata ikan jadi melunak. Jika sudah, keringkan kaki menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Saat mengeringkan kaki, Anda bisa melihat apakah mata ikan atau sel kulit mati bisa diangkat dengan mudah tanpa menimbulkan rasa nyeri atau tidak.

2. Gunakan batu apung

Penggunaan batu apung juga bisa menjadi obat alami mata ikan. Langkah ini bisa Anda lakukan di tengah-tengah proses merendam kaki dalam air hangat. Caranya, gosokkan batu apung pada area kulit yang terkena mata ikan dengan gerakan memutar atau menyamping untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun, jangan gosokkan obat alami mata ikan ini secara berlebihan, ya. Sebab, dapat berisiko menimbulkan iritasi hingga berdarah. 

3. Cuka apel

Cuka apel adalah obat mata ikan alami
Anda bisa merendam kaki dalam campuran air dan cuka apel
Obat alami mata ikan berikutnya adalah cuka apel. Kandungan asam dalam cuka apel diyakini dapat melunakkan kulit keras dan tebal pada mata ikan. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat alami mata ikan sangat mudah. Anda cukup menyiapkan wadah berisi air secukupnya, lalu tuang cuka apel. Kemudian, rendam kaki dalam rendaman cuka apel tersebut selama 20 menit. Setelah cara menghilangkan mata ikan ini dilakukan, keringkan kaki menggunakan handuk secara perlahan. Kemudian, kelupas sel kulit mati atau mata ikan dengan lembut. Sebaiknya, tetap sabar dan jangan memaksakan mengelupas mata ikan apabila belum benar-benar lunak. 

4. Garam epsom

Obat alami mata ikan lainnya adalah garam epsom.Anda bisa merendam kaki dalam air garam dengan cara mencampurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam air hangat terlebih dahulu. Setelah merendam sekitar 20 menit lamanya, keringkan kaki menggunakan handuk. Lalu, kelupas mata ikan atau sel kulit mati yang keras secara perlahan. Sebagai bonusnya, merendam kaki di air garam juga bisa membuat kaki lebih rileks setelah beraktivitas seharian.

5. Rutin mengganti alas kaki

Rutin mengganti alas kaki juga menjadi pilihan obat alami mata ikan.Terlebih jika penyebab mata ikan dipicu oleh penggunaan kaos kaki atau alas kaki yang ukurannya kurang tepat. Bentuk kaki setiap orang tentu berbeda-beda sehingga penting menyesuaikan ukuran sepatu yang Anda kenakan. 

Apa obat mata ikan di apotik?

Obat mata ikan di apotik adalah salep mengandung asam salisilat
Obat mata ikan di apotik berbentuk salep atau lotion sangat beragam
Selain menggunakan obat alami mata ikan, Anda juga dapat mengatasi mata ikan di kaki dengan berbagai obat mata ikan di apotik terdekat. Penggunaan obat bertujuan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat gesekan atau tekanan berulang yang terjadi. Adapun pilihan obat mata ikan yang dapat Anda beli di apotik adalah sebagai berikut. 

1. Krim asam salisilat

Salah satu obat mata ikan di apotik adalah krim yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat bekerja dengan mengikis protein keratin yang menjadi penyebab terbentuknya sel-sel kulit mati dan penebalan kulit akibat mata ikan.Pastikan Anda mengikuti petunjuk aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat asam salisilat ini.Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan salep mata ikan mengandung asam salisilat tidak disarankan belum tentu cocok untuk semua orang. Penderita diabetes, gangguan sirkulasi darah, atau penipisan kulit sebaiknya tidak memakai obat ini di kaki.Pasalnya, penggunaan asam salisilat pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu bisa menimbulkan iritasi, luka bakar, hingga infeksi pada jaringan kulit sehat di sekitar area kulit yang terdapat mata ikan. Bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu dan sedang mengalami mata ikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan pengobatan yang tepat. 

2. Amonium laktat

Obat mata ikan di apotik berikutnya adalah salep yang mengandung amonium laktat. Amonium laktat topikal dapat membantu menipiskan kulit yang terdapat mata ikan. Di samping itu, fungsi amonium laktat mampu melembapkan dan melembutkan kulit mata ikan yang bersisik dan kering.Penggunaan obat berbentuk krim dan lotion ini cukup dioleskan pada area kulit yang terinfeksi. Sebelum dioleskan pada kulit, kocok wadah lotion atau salep untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin menggumpal pada wadahnya.Lalu, oleskan krim atau lotion amonium laktat pada area kulit yang terdapat mata ikan. Kemudian, usapkan dengan lembut dan perlahan. Pastikan Anda membaca aturan pakai yang tertera pada resep atau kemasan salep mata ikan ini sebelum memakainya.

3. Triamcinolone 

Triamcinolone adalah obat mata ikan di apotik berikutnya. Triamcinolone adalah golongan kortikosteroid yang dapat membantu mengobati kulit kering dan mengeras, termasuk akibat mata ikan.Triamcinolone tersedia dalam bentuk salep, krim, maupun lotion.Oleskan salep mata ikan jenis triamcinolone secukupnya pada area kulit yang terinfeksi.Kemudian, usapkan dengan lembut dan perlahan. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan sebelum menggunakannya ke kulit. 

4. Tretinoin 

Tretinoin juga menjadi pilihan obat mata ikan di apotik. Tretinoin topikal hadir dalam bentuk krim atau gel.Penggunaan tretinoin dapat membantu mengelupas area kulit yang terinfeksi mata ikan. Anda bisa mengoleskan tretinoin topikal setiap hari sebelum tidur di malam hari. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang terdapat pada label kemasan salep mata ikan ini sebelum mengoleskannya pada kulit.

Apa obat mata ikan di kaki yang biasa direkomendasikan dokter? 

Apabila obat alami mata ikan dan obat mata ikan di apotik tidak kunjung menyembuhkan kondisi yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat atau merekomendasikan tindakan medis tertentu sesuai penyebab mata ikan yang Anda alami. Berikut adalah obat untuk mata ikan yang biasa direkomendasikan oleh dokter. 

1. Krim pelembap

Salah satu obat yang direkomendasikan oleh dokter adalah menggunakan krim pelembap.Dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengoleskan krim pelembap pada malam hari. Lalu, meminta Anda untuk membungkusnya dengan kaus kaki selama semalaman.Hal tersebut juga bertujuan agar krim pelembap tidak menempel ke sprei tempat tidur Anda selama semalaman. Keesokan harinya, Anda bisa menggosok area kulit yang terdapat mata ikan menggunakan handuk lembut atau sikat bergigi halus secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati yang mengeras setelah mandi. Kemudian, oleskan krim pelembap sesudahnya. 

2. Plester mata ikan

Obat mata ikan di kaki yang biasanya direkomendasikan oleh dokter adalah penggunaan plester mata ikan. Umumnya, plester mata ikan ini mengandung kadar asam salisilat sebanyak 40%. Tanyakan kepada dokter mengenai aturan cara pemakaian dan seberapa sering harus mengganti plester mata ikan yang digunakan. Bahkan, dokter mungkin saja menyarankan untuk menggosok permukaan kulit menggunakan batu apung terlebih dahulu sebelum meminta Anda menempelkan plester mata ikan.

3. Urea

Urea adalah obat untuk mengatasi mata ikan yang bisa didapat melalui resep dokter. Salep mata ikan mengandung urea dipercaya lebih kuat untuk mengobati mata ikan dengan cara mengatasi kulit yang kering. 

4. Penipisan lapisan kulit

Cara menghilangkan mata ikan di jari tangan oleh dokter berikutnya adalah dengan tindakan penipisan lapisan kulit.Dokter akan memotong atau mengikis lapisan kulit yang menebal dan mengeras menggunakan pisau bedah steril.Perlu diketahui bahwa langkah untuk mengikis atau memotong lapisan kulit hanya boleh dilakukan oleh dokter. Tindakan penipisan lapisan kulit menebal yang dilakukan sendiri di rumah berisiko menimbulkan infeksi.

5. Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur medis yang dilakukan dengan membekukan kulit menebal dan mengeras menggunakan nitrogen cair.Sebuah studi membuktikan bahwa cara menghilangkan mata ikan ini lebih efektif dilakukan bersama dengan penggunaan obat untuk mata ikan mengandung asam salisilat.

6. Tindakan laser

Tindakan laser juga menjadi salah satu cara mengatasi mata ikan yang mungkin disarankan oleh dokter kulit.Tindakan ini dilakukan dengan mengarahkan sinar laser pada mata ikan guna mematikan jaringan yang terinfeksi. Dengan demikian, kulit menebal dan mengeras akibat mata ikan bisa segera terlepas.

7. Operasi

Pada kasus yang sangat jarang terjadi, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi mata ikan.Tindakan pembedahan ini dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang yang menyebabkan terjadinya gesekan.

Catatan dari SehatQ

Mata ikan bukan kondisi yang mengkhawatirkan. Meski demikian, jangan coba-coba untuk mengelupas sel kulit mati yang mengeras dan menebal menggunakan silet atau benda tajam lainnya. Sebab, langkah tersebut justru bisa menimbulkan risiko iritasi dan infeksi. Selain itu, penting pula untuk mengetahui penyebab mata ikan agar bisa diatasi dengan tepat. Dengan mengetahui penyebab mata ikan, Anda bisa menghindari kemunculannya di kemudian hari. Pastikan Anda segera menemui dokter apabila munculnya mata ikan tak kunjung hilang meski sudah menggunakan berbagai jenis obat mata ikan di kaki. Jika masih ada pertanyaan seputar obat untuk mata ikan, segera konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
mata ikanmasalah kulitpenyakit kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-calluses#outlook-and-prevention
Diakses 15 Maret 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-corns-calluses-treatment
Diakses 15 Maret 2020
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/treat-corns-calluses
Diakses 15 Maret 2020
Medscape. https://emedicine.medscape.com/article/1089807-medication#2
Diakses pada 14 Januari 2021
Medline Plus. https://www.medlineplus.gov/druginfo/meds/a601124.html
Diakses pada 14 Januari 2021
Medline Plus. https://www.medlineplus.gov/druginfo/meds/a617028.html
Diakses pada 14 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-corns#treatment
Diakses pada 14 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait