Tak Hanya Susu, Sayuran yang Mengandung Kalsium Juga Bantu Memperkuat Tulang


Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium, termasuk bayam, kale, dan brokoli. Sayuran mengandung kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang, terutama untuk para vegan dan vegetarian.

(0)
23 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium, termasuk bayam, kale, dan brokoliBayam, kale, dan brokoli dapat menjadi sumber makanan yang mengandung kalsium terutama bagi para vegan
Menjadi mineral yang identik dengan kesehatan tulang, kalsium biasanya banyak dikonsumsi dari produk susu. Namun ternyata, produk nabati seperti sayuran pun turut menawarkan kalsium dalam kadar yang cukup. Hal ini tentu saja menggembirakan bagi mereka yang memiliki alergi susu sapi maupun para pelaku diet vegan dan vegetarian yang menghindari produk susu.Ketahui apa saja jenis sayuran yang mengandung kalsium.

Ragam sayuran yang mengandung kalsium

Berikut ini sayuran yang mengandung kalsium untuk bisa divariasikan sehari-hari:

1. Bayam

Salah satu sayuran yang mengandung kalsium adalah bayam. Setiap sajian bayam seberat 100 gram menawarkan kalsium dengan kadar 136 miligram. Kadar ini dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium hingga 10%.

2. Kale

Digadang-gadang sebagai superfood, kale ternyata juga menjadi jenis sayuran yang banyak mengandung kalsium. Sayur yang populer di antara para pelaku diet ini menawarkan kalsium hingga 132 miligram untuk setiap 100 gramnya. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian butuh terhadap kalsium hingga 10%. 

3. Daun turnip

Sayuran yang mengandung kalsium salah satunya adalah daun turnip
Daun turnip menawarkan kalsium dalam kadar yang cukup
Beberapa orang mungkin lebih akrab dengan bagian umbi dari tanaman turnip atau lobak. Namun ternyata, bagian daunnya juga tak kalah bernutrisi – termasuk menawarkan kalsium dalam kadar yang cukup.Setiap penyajian 100 gram daun turnip menawarkan kalsium dengan kadar 137 miligram. Kadar kalsium dalam sajian tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 11%.  

4. Daun bit

Seperti lobak, bagian umbi tanaman bit juga lebih populer dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan daunnya. Padahal, daun bit juga tak kalah bernutrisi dan bergizi – termasuk menawarkan kalsium.Setiap 100 gram daun bit menyediakan kalsium dengan kadar 114 miligram. Kadar tersebut dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium hingga 9%. 

5. Parsley

Parsley juga menjadi sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Satu cup parsley mengantongi sekitar 83 miligram kalsium. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium hingga 6%. 

6. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran cruciferous yang turut menyediakan kalsium – walau kadarnya tak begitu signifikan. Setiap 100 gram brokoli mengantongi sekitar 40 miligram kalsium – mencukupkan kebutuhan tubuh sekitar 3%. 

7. Kubis Brussel

Masih berkerabat dengan brokoli, kubis Brussel atau Brussel sprout juga menjadi jenis sayuran yang mengandung kalsium. Namun, seperti brokoli, kadar kalsium dalam kubis Brussel juga tak begitu signifikan.Setiap 100 gram kubis Brussel mengandung kalsium yang memenuhi kebutuhan harian tubuh sekitar 3%.  

8. Kecambah kedelai

Kecambah kedelai turut menjadi ‘sayuran’ yang mengandung kalsium dengan kadar cukup. Setiap 100 gram kecambah kedelai menawarkan kalsium dengan kadar 59 miligram – mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 5%.

9. Ubi jalar

Ubi jalar termasuk sayuran yang mengandung kalsium dalam kadar sedikit
Ubi jalar mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap kalsium dalam jumlah sedikit
Ubi jalar merupakan sayuran umbi yang juga menawarkan kalsium dalam kadar sedikit. Setiap 100 miligram sajian ubi jalar hanya mencukupkan kebutuhan harian tubuh sekitar 2% saja. 

10. Okra

Sayuran lain yang ternyata turut menyediakan kalsium adalah okra. Setiap 100 gram okra menawarkan kalsium dengan kadar 77 miligram, mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 6%. 

Bagaimana dengan buah yang mengandung kalsium?

Tak hanya sayuran, beberapa buah pun turut menawarkan kalsium yang bisa Anda jadikan snack sehat. Contoh buah yang mengandung kalsium yaitu:
  • Jeruk
  • Kiwi
  • Tangerine
  • Blackberry
  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Zaitun
  • Kurma Medjool
  • Kismis

Catatan dari SehatQ

Itulah beberapa sayuran yang mengandung kalsium dan bisa Anda variasikan di meja makan. Jangan lupa untuk senantiasa memvariasikan berbagai makanan, termasuk sayuran di atas, agar ragam nutrisi yang diperlukan tubuh bisa tercukupi.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait sayuran yang mengandung kalsium, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.
makanan peningkat kalsiumkesehatan tulangbuah dan sayuran
 My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/high-calcium-vegetables.php
Diakses pada 9 Februari 2021
My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/high-calcium-fruits.php
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait