Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, dari Mengecilkan Pori hingga Membasmi Jerawat


Manfaat daun kelor untuk wajah wajib Anda ketahui. Mulai dari mencegah penuaan, melembapkan bibir, hingga mengatasi jerawat bisa didapatkan dari daun kelor.

(0)
08 Apr 2020|Nurul Rafiqua
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah berjerawatDaun kelor sering dipakai sebagai campuran bahan dalam perawatan wajah
Tren produk kecantikan wajah dari bahan alami masih tinggi peminatnya. Salah satu bahan alami yang tengah populer adalah daun kelor atau yang dikenal dengan Moringa oleifera. Anda perlu mengetahui manfaat daun kelor untuk wajah, yang nyatanya berpotensi untuk mencegah penuaan hingga mengecilkan pori-pori. 

Manfaat daun kelor untuk wajah

Tanaman kelor banyak ditemukan di Indonesia, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun kelor berbentuk majemuk, bertangkai panjang, dan helai daunnya berwarna hijau muda.Pada produk kecantikan, daun kelor biasanya dijadikan ekstrak atau diambil minyak atsirinya. Bagian inilah yang dinilai memiliki manfaat bagi muka dan bagian kulit yang lainnya.

1. Mencegah penuaan pada wajah

Tinggal di negara tropis membuat kulit wajah sering terpapar sinar matahari sehingga mempercepat penuaan kulit. Sinar ultraviolet dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput.  Dalam suatu penelitian, para ilmuwan telah meneliti khasiat kelor dalam mencegah penuaan dini. Biji kelor diambil minyak atsirinya dan diformulasikan dalam bentuk krim. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa minyak biji kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Di samping itu, daun kelor mempunyai kandungan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah munculnya keriput yang terjadi akibat radikal bebas dari sinar UV.Kelor dapat melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kekencangan kulit. Selain itu minyak kelor juga dapat melembapkan kulit. Kombinasi dari berbagai khasiat tersebut lantas dapat mencegah munculnya keriput di muka. 

2. Melembapkan bibir

Minyak daun kelor juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan bibir seperti lip balm atau masker bibir. Dalam suatu jurnal penelitian disebutkan bahwa minyak kelor memiliki kualitas yang sangat baik, mirip dengan minyak zaitun. Meski terpapar udara, kualitas minyak daun kelor lebih tahan lama. Kandungan asam lemak dari kelor yang paling banyak adalah asam oleat yang dipercaya menjadi alasan kenapa banyak industri kecantikan memasukkan daun kelor sebagai bahan baku produk perawatan bibir mereka. Dari kandungan tersebut, daun kelor memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir yang kering dan dapat mempertahankan kelembutan bibir.

3. Memperbaiki warna dan tekstur kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah lainnya adalah daun kelor terbukti dapat membantu mencerahkan warna kulit secara merata dan mencegah noda hitam muncul. Untuk mendapatkan efek ini, Anda bisa membuat masker wajah dari tanaman ini. Tumbuk daun kelor dan oleskan pada kulit yang memiliki noda hitam atau bintik gelap di wajah. Kulit akan senantiasa bersih dan memiliki tekstur yang kenyal dan kencang. 

4. Mengatasi jerawat dan komedo

Dari sekian banyak penelitian tentang manfaat dan kelor untuk kecantikan, satu penelitian telah mengamati manfaatnya sebagai pengobatan jerawat yang efektif.Penelitian tersebut melaporkan minyak alami daun kelor mengandung asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara efektif. Selain itu, daun kelor juga memiliki efek antimikroba yang dapat membasmi jerawat karena bakteri. Jurnal lainnya menyatakan bahwa minyak kelor dapat menghambat produksi minyak berlebih pada kulit penyebab jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, minyak daun kelor dianggap efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo.

5. Mengecilkan pori-pori wajah 

Pori-pori dapat membesar karena paparan debu dan partikel mikro. Daun kelor ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah kotoran dan kuman menempel pada kulit dengan melarutkannya secara alami saat kulit dibasuh air. Menggunakan sabun wajah yang terbuat dari minyak kelor dipercaya dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah sekaligus mengecilkan pori-pori.

Bagaimana cara membuat masker daun kelor?

Anda bisa membuat masker daun kelor dengan menggunakan bubuknya. Bubuk hijau cerah ini bisa Anda temukan di toko kesehatan dan toko vitamin.Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa, dan selalu beli bedak berkualitas tinggi. Berikut cara membuat masker wajah kelor dari rumah.Bahan:½ sendok makan bubuk daun kelor1 sendok makan madu mentah1 hingga 2 sendok teh air mawarMinyak esensial (opsional)Cara membuat:Dalam mangkuk kecil, campurkan bubuk daun kelor dan madu. Tambahkan air mawar secara perlahan hingga campuran mencapai kekentalan yang Anda inginkan.Tambahkan 3 hingga 5 tetes minyak esensial yang ramah kulit, seperti rosehip atau tea tree oil. Aduk rata dan oleskan untuk membersihkan kulit. Setelah 10 hingga 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan.

Perhatikan hal ini sebelum menggunakan daun kelor untuk perawatan wajah

Tidak semua orang cocok menggunakan daun kelor sebagai perawatan kecantikan.Apabila Anda tertarik menggunakannya, lakukan patch test dengan mengoleskan sedikit skincare berbahan dasar kelor ke tangan atau leher Anda. Tunggu hasilnya selama beberapa saat. Bila tidak terjadi reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan, Anda bisa menggunakan skincare berbahan kelor untuk merawat wajah. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika tengah memakai krim perawatan lainnya dari dokter. Pastikan bahwa daun kelor aman digunakan bersamaan dengan krim dokter.Selain terdapat dalam produk kecantikan, Anda dapat memanfaatkan daun kelor sebagai bahan makanan. Kandungan kelor yang kaya gizi dapat menjadi sumber nutrisi pada perawatan kulit dan muka.Perawatan menyeluruh dari dalam dan luar dapat membantu Anda mendapatkan kulit muka yang tak hanya cantik, namun juga senantiasa terlihat awet muda. 
kulit sehatperawatan kulitpori-pori besarminyak atsiriperawatan wajah
GRIN-Global. https://npgsweb.ars-grin.gov/gringlobal/taxonomydetail.aspx?id=24597
Diakses pada 7 April 2020
IOSR Journals. http://www.iosrjournals.org/iosr-jpbs/papers/Vol9-issue4/Version-1/J09415873.pdf
Diakses pada 7 April 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5146848/
Diakses pada 7 April 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4112252/
Diakses pada 7 April 2020
JST. https://jglobal.jst.go.jp/en/detail?JGLOBAL_ID=200902268096780634
Diakses pada 7 April 2020
MBG Lifestyle. https://www.mindbodygreen.com/articles/benefits-of-moringa-for-skin-how-to-use-it-at-home
Diakses pada 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait