Tak Hanya oleh Makanan, Rasa Sperma Dipengaruhi Beragam Faktor

(0)
Fast food memengaruhi rasa sperma menjadi pahitRasa sperma yang pahit bisa saja dipengaruhi kebiasaan mengonsumsi fast food
Ketika melakukan hubungan seksual, banyak perempuan yang tidak sungkan untuk menelan sperma pasangan. Beberapa di antara mereka mengatakan bahwa rasa sperma asin. Namun, ada juga yang menyebut bahwa sperma mempunyai rasa pahit, manis, bahkan terasa seperti logam.Perbedaan rasa sperma antara satu dengan yang lain ini tergantung makanan masing-masing orang. Bahkan, makanan juga dapat membuat rasa sperma orang yang sama berbeda tiap harinya. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Makanan pengaruhi rasa sperma

Sperma terbentuk dari gabungan beberapa cairan. Masing-masing cairan memiliki kandungan senyawa kimia berbeda yang didapat dari makanan. Perbedaan senyawa kimia pada makanan inilah yang kemudian membuat rasa sperma berbeda satu dengan lainnya.Proses dimulai dari epididimis (tempat sperma matang), sperma melewati saluran vas deferens sebelum kemudian masuk ke dalam ampula untuk disimpan. Ampula menghasilkan antioksidan ergothioneine yang membuat rasa sperma menjadi mirip daging atau jamur mentah. Selain itu, fruktosa (sejenis gula) yang dihasilkan ampula membantu sperma tetap hidup dan membuat rasanya menjadi sedikit manis.Ketika ejakulasi, sperma lalu bercampur dengan cairan yang berasal dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis. Cairan kelenjar prostat mengandung seyawa-senyawa seperti zinc, kalsium, sodium, dan kalium. Sementara itu, beberapa senyawa dalam cairan vesikula seminalis, antara lain asam amino, asam sitrat, fosfor, dan kalium.Rasa sperma yang pahit atau asin muncul karena tingginya kandungan basa. Makanan yang membuat sperma terasa pahit adalah bawnag putih, bawang bombay, brokoli, kubis/kol, sayuran berdaun, asparagus, daging, dan produk susu (dairy product).Sementara itu, rasa sperma yang manis dipengaruhi dengan kandungan gula. Beberapa makanan seperti jeruk, seledri, peterseli, rumput gandum (wheatgrass), kayu manis, pala, nanas, dan pepaya akan membuat rasa sperma sedikit lebih baik. Berbeda lagi dengan rasa yang seperti logam, hal ini terjadi karena sperma kaya akan kandungan mineral dan vitamin.

Faktor lain yang pengaruhi rasa sperma

Tidak hanya makanan, ada beberapa faktor lain yang memengaruhi rasa sperma. Salah satu faktor yang berpengaruh pada rasa sperma yaitu kondisi kesehatan. Menurut sebuah studi, sperma penderita diabetes memiliki rasa yang sedikit manis. Selain itu, kondisi kesehatan dari orang yang meminum sperma juga dapat memengaruhi rasa. Beberapa masalah kesehatan yang membuat rasa sperma berubah dari aslinya meliputi:
  • Infeksi pernapasan
  • Infeksi telinga tengah
  • Infeksi mulut atau gusi
  • Masalah kesehatan gigi
  • Baru saja menjalani operasi pada mulut, hidung, atau wajah
  • Cedera kepala atau sumsung tulang belakang
  • Perawatan medis seperti terapi radiasi untuk kanker dan obat antibiotik
Selain itu, cara Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan secara tidak langsung juga dapat memengaruhi rasa sperma. Jika kotor, sperma otomatis akan terasa tidak enak karena telah terkontaminasi bau tidak sedap dari area kemaluan. Sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan daerah kemaluan Anda seperti:
  • Membersihkan selangkangan setiap hari dengan sabun
  • Oleskan krim pelembap pada sekitar area kemaluan untuk mencegah bau keringat
  • Memangkas rambut kemaluan
  • Menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga

Cara memperbaiki rasa sperma yang tidak enak

Rasa sperma dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi
Mengonsumsi buah dan sayur membuat rasa sperma menjadi lebih manis
Ada sejumlah makanan maupun kebiasaan yang ternyata membuat rasa sperma menjadi tidak enak. Contohnya merokok, kebiasaan ini dapat membuat sperma memiliki rasa seperti rokok lama yang sudah tidak enak lagi rasa tembakaunya. Selain merokok, beberapa kebiasaan dan makanan yang dapat membuat rasa sperma menjadi tidak enak di antaranya:
  • Makanan atau minuman olahan susu: membuat sperma menjadi terasa menjijikkan
  • Daging: menyebabkan rasa sperma menjadi lebih asin
  • Sayuran dengan kandungan belerang tinggi: memperburuk rasa sperma
  • Kafein: bagi sebagian orang dapat membuat sperma menjadi terasa pahit
  • Asparagus: mengakibatkan aroma dan rasa sperma menjadi seperti belerang
  • Makanan cepat saji (fast food): menyebabkan sperma menjadi terasa pahit
Di sisi lain, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki rasa sperma. Beberapa contoh makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi untuk memperbaiki rasa sperma antara lain:
  • Daun seledri: kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu menghilangkan rasa asin pada sperma
  • Kranberi: menyeimbangkan tingkat pH dalam sperma sehingga membuat rasanya menjadi lebih enak
  • Air putih: meminum 8 hingga 10 gelas air tiap harinya membuat rasa sperma menjadi sebagaimana mestinya
  • Buah dan sayur, seperti nanas, kiwi, blueberry, plum, lemon, kayu manis, dan daun peterseli: membuat rasa sperma menjadi lebih manis
Dari sini, dapat terlihat bahwa pola makan Anda berpengaruh pada rasa sperma. Saat Anda mengonsumsi makanan tidak sehat seperti fast food, maka rasa sperma akan menjadi tidak enak. Beda halnya ketika Anda memakan makanan sehat layaknya buah dan sayur, sperma akan terasa lebih enak dan manis.

Catatan dari SehatQ

Meski rasa sperma setiap pria berbeda-beda, tetapi sebagian besar terasa asin dan hangat dengan sedikit aroma seperti klorin. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, namun beberapa hal dapat memengaruhi rasa sperma, yaitu makanan yang dikonsumsi, kebersihan area genital, serta gaya hidup sehat.
kesehatan organ intimspermapola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326027#health-and-the-taste
Diakses pada 24 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/what-does-sperm-taste-like#hygiene
Diakses pada 24 Agustus 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com.au/how-to-make-semen-taste-better
Diakses pada 24 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait