Tak Hanya Nikmat Disantap, Manfaat Kacang Arab Juga Baik untuk Pencernaan

Untuk mendapatkan manfaat kacang arab dengan optimal, jangan memakannya dalam keadaan mentah
Kacang arab mengandung kalori, serat, protein, hingga mineral

Kacang arab termasuk salah satu oleh-oleh favorit para jamaah sepulang dari tanah suci. Memang tak salah karena rasanya gurih, unik, dan membuat ketagihan.

Namun tak hanya menggugah selera, manfaat kacang arab untuk kesehatan juga beragam. Simak apa saja khasiatnya di bawah ini!

Kandungan nutrisi dalam kacang arab

Meski ukurannya kecil, nutrisi dalam kacang arab termasuk besar. Dalam satu cangkir kacang arab kalengan bisa menawarkan gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 210
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Lemak: 3,8 gram
  • Protein: 10,7 gram
  • Sodium: 322 miligram
  • Serat: 9,6 gram
  • Gula: 6 gram

Apa saja manfaat kacang arab untuk kesehatan?

Nutrisi yang melimpah dalam kacang arab menjadikannya sebagai makanan yang baik untuk disantap. Berikut 7 manfaat kacang arab untuk kesehatan Anda:

1. Membuat Anda kenyang lebih lama

Anda sedang diet? Makanlah kacang arab sebagai pelengkap hidangan nasi merah atau selada. Anda juga dapat menjadikannya sebagai camilan.

Protein dan serat yang ada dalam kacang arab mampu membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Dengan ini, porsi makanan yang Anda konsumsi per hari pun bisa menjadi lebih sedikit.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memakan 104 gram kacang arab per hari selama 12 hari, kenyang lebih lama sehingga lebih jarang mengonsumsi junk food ketimbang mereka yang tidak makan kacang arab.

2. Mengelola kadar gula darah

Serat sangat bermanfaat untuk menstabilkan gula darah. Karena itu, kandungan serat dalam kacang arab diyakini dapat membantu Anda dalam mengelola penyakit diabetes.

Pada studi tertentu, didapatkan bahwa pola makan tinggi serat dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah sekaligus menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Kebutuhan serat harian yang disarankan untuk wanita adalah 25 gram per hari, dan 38 gram untuk pria. Untuk mencapai angka ideal ini, Anda bisa memetik manfaat kacang arab dengan menyertakannya dalam menu makan Anda.

3. Melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang sering susah buang air besar (BAB), Anda bisa meningkatkan konsumsi kacang arab lebih sering. Manfaat kacang arab cukup besar untuk masalah ini.

Serat dalam kacang arablah yang berperan dalam membantu Anda untuk melancarkan pencernaan. Dengan ini, feses Anda akan lebih embek sehingga BAB akan lebih lancar.

4. Mengurangi risiko irritable bowel syndrome dan kanker usus besar

Jenis serat yang ada dalam kacang arab merupakan serat larut, yang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Peningkatan jumlah bakteri baik ini juga berpotensi menurunkan risiko Anda untuk terkena irritable bowel syndrome (IBS) maupun kanker usus besar.

5. Mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi

Meningkatkan asupan kalium bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah hipertensi. Jumlah kalium per hari yang disarankan bagi orang dewasa adalah sekitar 4.700 miligram.

Manfaat kacang arab bisa disertakan untuk memenuhi angka tersebut. Pasalnya, dalam satu cup kacang arab mengandung 474 mg kalium.

Namun pastikan Anda tidak melebih batas asupan kalium harian tersebut. Bahkan untuk orang yang sudah berusia 51 tahun atau lebih dan memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular, asupan kalium hanya disarankan sekitar 1.500 mg per hari.

6. Menjaga kesehatan mental

Manfaat kacang arab selanjutnya adalah menjaga kesehatan mental. Kebaikan ini muncul berkat kandungan kolin di dalamnya.

Kolin merupakan senyawa dalam kacang arab yang berperan untuk menyeimbangkan suasana hati Anda. Orang dewasa perlu memenuhi kebutuhan senyawa ini sebanyak 400-550 mg per hari, tergantung pada jenis kelamin dan kondisi tubuhnya. Misalnya, kebutuhan ibu hamil atau menyusui tentu berbeda dengan buruh bangunan.

7. Menurunkan risiko kanker

Ketika Anda makan kacang arab, tubuh akan menghasilkan asam lemak butyrate. Lemak ini berpotensi mengurangi peradangan pada sel-sel usus besar, sehingga dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar. Manfaat ini telah dibuktikan dalam sebuah riset.

Tak hanya itu, kacang arab juga mengandung saponin. Komponen ini diyakini dapat membantu dalam mencegah perkembangan jenis kanker tertentu.  

Berbagai vitamin dan mineral yang melimpah di kacang arab pun diyakini berperan dalam mencegah beberapa jenis kanker. Khususnya vitamin B yang diduga mampu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker paru-paru.

Perhatikan ini ketika mengonsumsi kacang arab

Agar manfaat kacang arab bisa optimal, jangan mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Pasalnya, kacang ini mengandung senyawa tertentu yang sulit dicerna dan bisa memicu keracunan.

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, Anda juga harus lebih hati-hati dalam melahap kacang arab meski sudah dimasak. Kacang ini mengandung gula kompleks yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, misalnya mulas dan perut kembung.

Untuk mencegah gangguan saluran cerna, Anda bisa memakan kacang arab sedikit demi sedikit. Anda bisa menambahnya secara bertahap agar memudahkan tubuh untuk beradaptasi.

Anda bisa mulai memasukkan kacang arab ke dalam menu sehari-hari. Makanan ini tinggi akan vitamin, mineral, serat, juga protein.

Kandungan nutrisi tersebut akan memberikan segudang kebaikan manfaat kacang arab bagi tubuh Anda. Mulai dari menurunkan berat badan, mengurangi risiko kanker, hingga mengontrol kadar gula darah.

Namun ada baiknya Anda senantiasa berkonsultasi terlebih dulu sebelum mengubah menu makan Anda, khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi pencernaan tertentu. Jangan sampai niat baik untuk menyehatkan tubuh malah berbalik mencelakai Anda!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chickpeas-nutrition-benefits
Diakses pada 7 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280244.php
Diakses pada 7 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed