Tak Hanya Mudah, Ini Berbagai Manfaat Lari di Tempat

(6)
13 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Lari di tempat dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan ototLari di tempat bisa dilakukan di dalam rumah
Tak semua olahraga sulit dilakukan, seperti halnya lari di tempat. Olahraga ini dapat Anda lakukan di rumah atau di dalam ruangan mana pun. Lari di tempat juga kerap digunakan sebagai bagian dari pemanasan.
Latihan ini melibatkan otot dan gerakan yang berbeda dari lari biasa. Meski gerakannya sederhana, namun lari di tempat bisa memberi banyak manfaat untuk kebugaran tubuh. Lantas, apa saja manfaat lari di tempat?

Manfaat lari di tempat untuk kebugaran

Lari di tempat tidak mengharuskan Anda menggunakan otot yang mendorong tubuh untuk bergerak maju. Anda pun akan lebih banyak bertumpu pada jari-jari dan bantalan kaki. Alih-alih mendorong tubuh ke depan, Anda akan mengangkat lutut dengan sedikit kekuatan secara bergantian. Adapun manfaat lari di tempat untuk kebugaran tubuh yang bisa Anda dapatkan, yaitu:
  • Meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stabilitas otot karena mengharuskan Anda untuk terus bergerak dan mengencangkan otot
  • Membantu mengurangi beberapa masalah dan stres pada tubuh, terutama saat dilakukan di atas karpet atau suatu alas
  • Meningkatkan kekuatan inti tubuh, tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah
  • Mengurangi rasa sakit di lutut sekaligus membuatnya lebih kuat dan sehat
  • Mengembangkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi tubuh sehingga mengurangi risiko jatuh atau cedera
  • Membantu memperbaiki postur tubuh apabila dilakukan sambil menggerakan otot perut
  • Meningkatkan detak jantung, memperbaiki kadar gula darah, membakar kalori dan lemak yang berkontribusi untuk membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan fungsi kardiovaskular, kapasitas paru-paru, dan sirkulasi
Lari di tempat sangat ideal jika Anda ingin melakukannya beberapa sesi selama 10 menit dan saat terbatas dalam ruang. Akan tetapi, mempertahankan gerakan yang benar untuk waktu yang lama mungkin sulit dilakukan. Anda bisa saja mengalami kelelahan otot, pegal, atau tidak nyaman setelah berlari di tempat.

Tips lari di tempat

Lakukanlah beberapa latihan pemanasan sebelum memulai. Selanjutnya, ketika berlari di tempat gunakan kekuatan tubuh bagian atas untuk menggerakan lengan Anda maju dan mundur. Tingkatkan pula intensitas dengan menggerakan kaki lebih cepat. Berikut tips lari di tempat dengan benar yang bisa Anda coba:
  • Angkat lengan kanan dan kaki kiri secara bersamaan
  • Biarkan lutut kiri terangkat setinggi pinggul
  • Kemudian beralih ke arah kaki yang berlawanan, sehingga kaki kanan yang diangkat dan lutut kanan setinggi pinggul
  • Pada saat yang sama, gerakan lengan kanan ke belakang dan lengan kiri maju naik
  • Lakukanlah gerakan ini berulang kali
Anda juga dapat lari di tempat dengan menggunakan treadmil. Berlari dengan treadmill menguras lebih banyak energi karena mendorong tubuh untuk maju ke depan. Hal ini lebih efektif dalam meningkatkan detak jantung, dan pembakaran kalori. Ketika berlari, Anda juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik agar suasana hati semakin baik.Di sela-sela sesi latihan, sempatkan untuk beristirahat selama 1-2 menit. Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup agar tidak dehidrasi, dan cairan tubuh yang hilang pun dapat terganti. Lakukanlah pendinginan untuk mengakhiri latihan dengan melibatkan beberapa peregangan.Perlu Anda ketahui bahwa berlari di tempat mungkin lebih banyak memberi tekanan pada otot-otot tertentu, terutama jika Anda melakukannya untuk waktu yang lama. Anda mungkin akan merasakan sakit pada pinggul, tulang kering, dan pergelangan kaki. Jadi, berhentilah melakukannya apabila Anda mengalami cedera atau mendorong diri terlalu keras. Selain itu, daripada hanya terpaku pada satu jenis latihan akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa latihan berbeda untuk melibatkan berbagai kelompok otot. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.
olahragatips olahragalari
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/running-in-place#takeaway
Diakses pada 29 Juni 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/370135-is-running-in-place-a-good-cardio-exercise/
Diakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Fisik hingga Mental

Mendaki gunung bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental Anda pada umumnya. Selain itu, ikuti juga tips berikut sebelum Anda mendaki gunung.
09 Apr 2020|Asni Harismi
Baca selengkapnya
Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Fisik hingga Mental

Tetap Sehat di Usia Senja, Inilah Panduan Olahraga untuk Lansia

Menerapkan gaya hidup aktif dan sehat adalah hal yang sangat penting bagi lansia. Olahraga ringan perlu dilakukan seperti latihan perut, latihan panggul, memutar bahu, latihan tumit.
09 Mei 2019|Aby Rachman
Baca selengkapnya
Tetap Sehat di Usia Senja, Inilah Panduan Olahraga untuk Lansia

Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Pusat Kebugaran dengan Cara Ini

Sebuah pusat kebugaran di Jakarta menghentikan operasionalnya setelah mendapati ada salah satu membernya PDP corona. Lakukan pencegahan ini agar tak tertular saat olahraga.
11 Mar 2020|Maria Yuniar
Baca selengkapnya
Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Pusat Kebugaran dengan Cara Ini