Tak Hanya Melezatkan Masakan, Manfaat Merica Hitam Juga Baik untuk Kesehatan

Manfaat merica hitam bukan hanya untuk penyedap makanan namun kesehatan tubuh
Disamping melezatkan makanan, merica hitam memiliki manfaat untuk kesehatan

Masakan rasanya kurang sedap jika belum ditambahkan merica hitam atau lada. Di penjuru dunia, rempah yang satu ini termasuk salah satu yang paling populer digunakan. Rasanya sedikit pedas dengan aroma tajam yang cocok dengan segala jenis masakan. Bonusnya, black pepper atau merica hitam kaya antioksidan.

Tak hanya sebagai bumbu, bahkan sejak ribuan tahun lalu merica hitam telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional. Tentunya, hal ini tak lepas dari konsentrasi dan kandungan di dalamnya yang bermanfaat.

Manfaat merica hitam

Menarik mengulik lebih jauh apa saja manfaat lada atau merica hitam bagi kesehatan, seperti yang berikut ini:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi sudah menjadi musuh banyak orang, karena bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ternyata, dalam uji coba terhadap tikus ditemukan bahwa ekstrak merica hitam menurunkan kadar kolesterol, termasuk LDL.

Tak hanya itu, merica juga dapat memaksimalkan penyerapan suplemen yang punya khasiat menurunkan kolesterol seperti kunyit. Penelitian tentang dampak yang sama terhadap manusia terus dikembangkan.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat merica lainnya juga baik untuk bakteri baik di sistem pencernaan. Ketika bakteri baik berfungsi optimal, maka fungsi kekebalan tubuh hingga mood akan meningkat. Dari beberapa penelitian, diketahui bahwa merica hitam dapat meningkatkan kuantitas bakteri baik dalam sistem cerna.

3. Membantu melawan kanker

Para peneliti memiliki hipotesis bahwa kandungan aktif dalam merica hitam yaitu piperine bisa melawan kanker. Selama ini, penelitian diuji dan membuktikan bahwa ada perlambatan replikasi sel pada kasus kanker payudara, prostat, dan usus.

Dalam penelitian lain, diteliti 55 kandungan dari rempah-rempah. Hasilnya, piperine yang ada dalam lada merupakan yang cukuo efektif dalam memaksimalkan perawatan tradisional untuk kanker payudara.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Jika ada rempah yang membantu mengendalikan kadar gula darah, merica hitam jawabannya. Dalam sebuah penelitian, 86 orang dengan kelebihan berat badan mengonsumsi suplemen yang mengandung piperine selama 8 pekan. Hasilnya, sensitivitas insulinnya membaik.

5. Bermanfaat untuk otak

Dalam uji coba terhadap binatang, piperine dalam merica hitam dapat menurunkan risiko penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Dalam uji coba ini, piperine diketahui meningkatkan daya ingat pada tikus laboratorium sehingga mereka bisa berlari melewati halangan lebih efisien.

6. Manfaat anti-peradangan

Lagi-lagi piperine, kandungan dalam merica hitam diketahui dapat mengatasi peradangan. Contohnya pada tikus laboratorium yang menderita arthritis dan diberi piperine, peradangan pada sendi berkurang signifikan.

Meski demikian, manfaat anti-peradangan dari merica hitam ini masih harus diteliti lebih lanjut pada manusia.

7. Tinggi antioksidan

Kandungan merica hitam mengandung manfaat antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel tubuh akibat zat radikal bebas. Kesimpulan ini diperoleh setelah penelitian suplemen yang mengandung piperine yang dikonsumsi secara berkala, setidaknya selama 10 pekan.

8. Memaksimalkan penyerapan nutrisi

Merica hitam atau lada dapat meningkatkan penyerapan nutrisi esensial seperti selenium dan kalsium. Tak hanya itu, mengonsumsi lada bersamaan dengan suplemen seperti kunyit dan teh hijau juga bisa membuat penyerapannya semakin maksimal.

Memang dari beberapa manfaat merica hitam atau black pepper untuk kesehatan di atas, masih ada yang perlu uji coba lebih lanjut terhadap manusia. Meski demikian, tak ada salahnya menambahkan rempah lezat yang satu ini pada masakan karena bisa membuat sajian semakin menggugah selera.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-pepper-benefits#The-bottom-line

Diakses 9 April 2020

Time. https://time.com/5503520/black-pepper-health-benefits/

Diakses 9 April 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-black-pepper/

Diakses 9 April 2020

Artikel Terkait