Tak Hanya Lezat, Ini 10 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Bayinya

(0)
25 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat anggur untuk ibu hamil sangatlah luar biasa, tapi waspada juga efek sampingnya!Tak hanya lezat, manfaat anggur untuk ibu hamil juga bisa menyehatkan kandungan.
Setiap makanan yang disantap bumil, akan berdampak pada kesehatan bayi di dalam kandungan. Tak terkecuali anggur, buah yang mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan.Tak kenal maka tak sayang. Mari pahami sederet kandungan nutrisi buah anggur agar lebih "akrab" dengan manfaatnya untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayi di kandungan

Manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayi di kandungan tidak boleh disepelekan. Sebab, buah dengan rasa asam serta manis ini mengandung banyak nutrisi esensial bagi kesehatan bumil dan bayi yang dikandungnya.Berikut ini adalah manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayinya yang patut dicoba:

1. Memberikan nutrisi bagi tubuh

Manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayinya tak lepas dari kandungan nutrisi buah anggur. Dalam satu cangkir (151 gram) buah anggur berwarna merah ataupun hijau, ada sederet kandungan nutrisi berikut ini:
  • Kalori :104
  • Karbohidrat: 27,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Vitamin C: 27% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin K: 28% dari RAH
  • Vitamin B1 (tiamin): 7% dari RAH
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6% dari RAH
  • Vitamin B6: 6% dari RAH
  • Kalium: 8% dari RAH
  • Tembaga: 10% dari RAH
  • Mangan: 5% dari RAH
Setelah melihat kandungan nutrisi anggur di atas, tidak heran kalau manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayi sangat luar biasa.

2. Melawan peradangan

Senyawa anti-inflamasi pada buah anggur dapat membantu bumil mencegah asma dan artritis (radang sendi) yang seringkali datang saat hamil. Ditambah lagi, anggur mampu menghidrasi tubuh dan meningkatkan kelembapan paru-paru, sehingga menghindarkan bumil dari asma.

3. Menjaga sistem imun tubuh

Saat hamil, sistem imun tubuh jadi tak menentu. Alhasil banyak infeksi yang dapat menyerang tubuh. Untungnya, anggur mengandung berbagai macam antioksidan seperti flavonol, antosianin, linalool, geraniol dan tanin, yang bisa menjaga sistem imun tubuh Anda.Semua antioksidan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah datangnya infeksi di masa kehamilan.

4. Mencegah kram otot

Anggur
Manfaat anggur untuk ibu hamil sangat luar biasa
Kram otot adalah gejala yang umum terjadi saat hamil. Salah satu cara untuk mencegahnya ialah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung magnesium.Anggur adalah buah yang mengandung magnesium yang bisa jadi pilihan. Tidak heran kalau buah berbentuk bulat ini dipercaya dapat mencegah kram otot selama kehamilan.

5. Mengatasi sembelit

Sembelit saat kehamilan dapat terjadi akibat beberapa hal, termasuk perubahan hormon yang tak menentu hingga adanya tekanan dari rahim ke usus akibat pembesaran rahin saat hamil.Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya ialah mengatasi sembelit, karena buah ini mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Ditambah lagi, serat pada anggur dapat bertindak sebagai pencahar, untuk meredakan konstipasi.

6. Menyehatkan jantung

Selama hamil, akan ada perubahan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat jantung bekerja ekstra keras. Hal ini terjadi agar tubuh bumil dapat menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup ke janin.Manfaat anggur untuk ibu hamil selanjutnya datang dari kandungan polifenol. Senyawa ini dipercaya dapat mendukung sistem jantung selama kehamilan.

7. Mengandung zat besi

Tahukah Anda mengapa anemia sering menyerang selama kehamilan? Sebab, volume darah di dalam tubuh meningkat, sehingga konsentrasi hemoglobin di dalam tubuh menurun. Jika tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, Anda pun mudah mengalami kelelahan..Anggur mengandung zat besi yang cukup untuk membantu bumil dalam mencegah anemia selama kehamilan. Namun ingat, anggur berwarna merah dipercaya memiliki kandungan zat besi lebih banyak dibandingkan tipe anggur lainnya.

8. Menjaga kesehatan mata janin

Saat janin berada di dalam rahim, perkembangan organ tubuhnya akan dibantu oleh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu.Anggur mengandung flavanol dan vitamin A, yang dapat membantu perkembangan indra penglihatan bayi semakin sempurna.

9. Membantu penyerapan nutrisi janin

Vitamin B dalam anggur dapat membantu proses penyerapan nutrisi janin. Sebab, vitamin B yang dikandung anggur dianggap bisa mendukung metabolisme ibu dalam menyuplai nutrisi bagi bayi.

10. Menjaga kestabilan kolesterol

Manfaat anggur untuk ibu hamil yang satu ini datang dari kandungan resveratrol. Senyawa ini dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam tubuh ibu, sehingga kesehatan jantung janin pun akan terjaga.

Efek samping makan anggur saat hamil

Ibu hamil
Hati-hati, anggur memiliki efek samping pada ibu hamil
Meskipun berbagai manfaat anggur untuk ibu hamil dan bayi di atas sangatlah menggiurkan, ada efek samping yang tetap harus diperhatikan.
  • Resveratrol

Apapun yang dimakan berlebihan, akan menimbulkan kerugian. Bumil tidak boleh mengonsumsi anggur secara berlebihan, karena dapat mengundang efek samping yang berbahaya bagi kesehatan ibu serta janinnya.Kandungan resveratrol pada anggur bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan ada risiko “overdosis” resveratrol yang berpotensi menyebabkan komplikasi kehamilan.Jadi selama menjalani kehamilan, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi buah anggur, untuk mengantisipasi efek sampingnya.
  • Diare

Anggur berwarna merah dan hitam memiliki kulit yang tebal dan susah untuk dicerna. Jika bumil memiliki sistem pencernaan yang lemah, diare bisa datang karenanya.
  • Tinggi kadar asam

Anggur memiliki tingkat asam yang cukup tinggi. Jika bumil mengonsumsinya berlebihan, maka efek samping seperti nyeri ulu hati, mual, pusing dan muntah akan datang.
  • Meningkatkan gula darah

Meskipun anggur mengandung gula alami, mengonsumsinya terlalu banyak dipercaya dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh bumil.Itulah pentingnya berkonsultasi pada dokter kandungan sebelum Anda mengonsumsi apapun, termasuk anggur. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi porsi dan pantangan yang harus diingat selama mengonsumsi anggur.

Kapan harus menghindari anggur?

Jika mengalami kondisi di bawah ini, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi anggur untuk mencegah komplikasi kehamilan:
  • Diabetes mellitus
  • Obesitas
  • Alergi anggur
  • Masalah pencernaan
Ingat, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi anggur. Sebab, makan anggur secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan.
makanan sehatkehamilanhidup sehatbuah dan sayurananggur merah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-grapes
Diakses pada 11 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-grapes-during-pregnancy_00355498/
Diakses pada 11 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324379#causes
Diakses pada 11 Agustus 2020
My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17068-heart-disease--pregnancy
Diakses pada 11 Agustus 2020
What To Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/anemia/
Diakses pada 11 Agustus 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/consuming-grapes-in-pregnancy-benefits-side-effects-how-to-eat/
Diakses pada 11 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait