Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Jamur Kuping untuk Tubuh

Di balik bentuknya, terdapat manfaat jamur kuping untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan
Manfaat jamur kuping tidak hanya terletak di strukturnya yang renyah, tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh

Jika Anda pergi berbelanja di supermarket ataupun pasar, Anda akan melihat berbagai jenis jamur yang dijual untuk dijadikan beragam hidangan. Salah satu jamur yang sering dijadikan hidangan dalam kuah ataupun tumisan adalah jamur kuping.

Meskipun memiliki penampilan yang jelek, tetapi terdapat manfaat jamur kuping bagi kesehatan. Jamur kuping tidak hanya jamur yang dijadikan tambahan dalam hidangan, tetapi dapat menjadi penjaga kesehatan Anda!

Kenali berbagai manfaat jamur kuping untuk kesehatan

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan

Jamur kuping umum ditemukan dalam hidangan berupa kuah ataupun tumisan, teksturnya yang kenyal dan warnanya yang hitam membuatnya belum tentu disukai oleh semua orang. Namun, jangan salah, terdapat manfaat jamur kuping bagi kesehatan yang perlu dipertimbangkan.

  • Bernutrisi tinggi

Meskipun kecil, manfaat jamur kuping untuk kesehatan didukung dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Jamur kuping tidak hanya rendah kalori dan lemak, tetapi juga kaya akan serat, antioksidan, asam omega, riboflavin, selenium, dan vitamin B5 yang baik untuk kesehatan.

Cukup dengan mengonsumsi 100 gram jamur kuping, Anda telah memenuhi 32% kandungan tembaga harian Anda! Perlu diketahui bahwa senyawa tembaga sangat berperan dalam proses metabolisme zat besi dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

  • Mengandung antioksidan yang tinggi

Jamur kuping kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel tubuh, seperti polifenol dan sebagainya. Antioksidan juga mampu mencegah beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan sebagainya.

  • Menghambat pertumbuhan bakteri

Selain karena kandungan antioksidannya, manfaat jamur kuping lainnya dikarenakan kandungan antimikroba di dalamnya yang mampu mengatasi beberapa macam bakteri.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa jamur kuping dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang dapat menginfeksi manusia.

  • Menjaga kesehatan jantung

Jangan sepelekan manfaat jamur kuping untuk kesehatan, karena salah satu manfaatnya adalah untuk melindungi organ jantung. Jamur kuping ditemukan dapat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung, serta penumpukan lemak di pembuluh darah pada tikus.

  • Berpotensi melawan kanker

Manfaat jamur kuping dalam melawan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi jamur kuping berpotensi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini ditemukan pada riset di Korea yang menemukan bahwa ekstrak jamur kuping dapat membunuh sel tumor di tulang, perut, dan paru-paru.

Manfaat jamur kuping tidak kalah dengan jamur lainnya

Perbandingan jamur kuping dan jamur lainnya 

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan sudah cukup terbukti, tetapi bagaimana jika kandungan nutrisinya dibandingkan dengan jamur jenis lainnya? Jika dibandingkan dengan jamur lainnya, jamur kuping memiliki kandungan mineral yang lebih banyak dari jamur lain pada umumnya.

Selain senyawa mineral, jamur kuping memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari jamur lainnya. Tidak hanya itu, kandungan lemak dalam jamur kuping lebih sedikit daripada jamur lainnya.

Namun, jamur kuping hanya memiliki sedikit kandungan senyawa potasium di dalamnya. Jamur kuping juga tidak mengandung vitamin D dan hanya memiliki kandungan vitamin B.

Efek samping di balik manfaat jamur kuping

Secara umum, Anda bisa mendapatkan manfaat jamur kuping secara aman. Namun, orang yang memiliki alergi jamur ataupun mengonsumsi obat pengencer darah, seperti coumadin atau warfarin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Anda juga wajib mencuci jamur kuping dengan benar sebelum dikonsumsi.

Cara mengolah jamur kuping 

Jamur kuping umumnya ditemukan dalam bentuk yang sudah dikeringkan, karenanya sebelum mengolah jamur kuping untuk dikonsumsi, rendam jamur kuping terlebih dahulu semalaman supaya mengembang.

Anda dapat memasak jamur kuping dan menjadikannya tambahan hidangan tumisan ataupun kuah, serta mencampurkannya ke dalam salad Anda.

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/wood-ear-mushroom-benefits/
Diakses pada 16 Oktober 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/510629-the-nutritional-benefits-of-wood-ear-mushrooms/
Diakses pada 16 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK225407/
Diakses pada 16 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23510178
Diakses pada 16 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614697/
Diakses pada 16 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3763080/
Diakses pada 16 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26349516
Diakses pada 16 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed