Tak Hanya Lezat Dirujak, Ini Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

Bengkuang dapat dinikmati dalam rujak, salad, jus, maupun campuran makanan
Bengkuang mengandung vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten

Bengkuang sejak dulu populer menjadi salah satu bagian dari sajian rujak. Buah berwarna putih ini punya rasa yang manis namun tidak terlalu dominan, sehingga nikmat dikonsumsi dengan bumbu rujak. Tak hanya itu, manfaat bengkuang untuk kesehatan juga melimpah.

Bengkuang yang disebut juga dengan jicama, mengandung karbohidrat, protein, dan juga lemak walaupun dalam jumlah yang rendah. Tak hanya itu, bengkuang juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga serat yang baik untuk pencernaan.

Manfaat bengkuang untuk kesehatan

Bengkuang juga dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk mereka yang sedang berupaya mencapai berat badan ideal. Manfaat bengkuang lainnya untuk kesehatan adalah:

1. Kaya antioksidan

Bengkuang kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan vitamin E, vitamin C, selenium, dan beta-karoten dalam bengkuang membantu tubuh menangkal radikal bebas dan stres oksidatif.

Itu sebabnya bengkuang direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama bagi penderita kanker, diabetes, jantung, dan masalah kognitif lainnya.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Ada banyak nutrisi dalam bengkuang yang baik bagi kesehatan jantung. Kandungan seratnya juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga baik untuk kinerja jantung.

Bengkuang juga mengandung potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah dalam tubuh juga menjadi semakin baik berkat kandungan zat besi dan copper, dua hal yang memastikan produksi sel darah merah berjalan sebagaimana mestinya.

3. Melindungi pencernaan

Bengkuang juga merupakan buah yang baik untuk pencernaan. Dalam 130 gram bengkuang, ada 6,4 gram serat yang dapat membantu proses pembuangan lebih lancar.

Tak hanya itu, bengkuang juga mengandung serat bernama inulin. Serat ini dapat menekan 31% risiko terjadinya konstipasi. Kandungan bengkuang yang kaya akan air juga membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Kaya serat

Masih seputar serat, manfaat bengkuang selanjutnya adalah memproduksi bakteri baik di pencernaan. Ketika sistem pencernaan penuh dengan bakteri baik, maka akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh, berat badan, bahkan mood.

5. Menekan risiko kanker

Bengkuang mengandung vitamin C, vitamin E, selenium, dan betakaroten sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas. Kolaborasi kandungan dalam bengkuang ini membuat tubuh terlindungi dari risiko kanker.

6. Mengurangi berat badan

Konsumsi buah bengkuang adalah pilihan tepat mereka yang ingin mengurangi berat badan secara alami. Bengkuang mengandung banyak air sehingga cepat membuat seseorang merasa kenyang.

Tak hanya itu, kandungan serat juga membuat proses cerna lebih pelan sehingga kadar gula darah tidak meningkat drastis.

Bengkuang juga mengandung serat prebiotik inulin yang membantu Anda lebih cepat kenyang. Itulah mengapa konsumsi buah bengkuang di antara waktu makan dapat membuat seseorang tidak makan besar dalam porsi berlebihan.

Kelebihan lain dari bengkuang adalah sangat mudah diolah dan tersedia di mana saja. Anda bisa mengonsumsinya mentah sebagai campuran rujak atau salad, memadukannya dengan buah lain untuk dijus, atau memasukkannya dalam campuran masakan.

Ingat bahwa bagian dari bengkuang yang aman dikonsumsi hanyalah akarnya. Bagian lain seperti biji dan bunganya mengandung rotenon, pestisida organik yang ada pada beberapa tumbuhan.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, bukan tidak mungkin rotenon menyebabkan seseorang keracunan hingga meningkatkan risiko mengalami Parkinson.

Jika ada buah dengan kandungan sebaik ini dan lezat dikonsumsi, kenapa tidak memasukkannya dalam menu makanan secara berkala?

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/jicama-nutrition-benefits#section9
Diakses 29 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324241.php
Diakses 29 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/jicama-health-benefits#1
Diakses 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed