Tak Hanya IQ Tinggi, Kenali Beberapa Ciri-ciri Orang Cerdas Berikut Ini

(0)
12 Jul 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu ciri-ciri orang cerdas, yaitu memiliki ingatan yang bekerja dengan baikMemiliki rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu ciri-ciri orang cerdas
Kebanyakan orang menganggap jika orang cerdas adalah orang yang memiliki IQ tinggi. Akan tetapi, hal tersebut tak selalu benar. Sebab kecerdasan dapat dilihat dari cara hidup sehari-hari, terutama dalam pola pikir dan penyelesaian masalah.Sebetulnya, banyak orang cerdas yang tak menyadari bahwa dirinya memiliki kelebihan tersebut. Hal ini terjadi karena jarang orang yang mengenali ciri-ciri orang cerdas. Dengan menyimak tanda orang cerdas berikut, apakah Anda termasuk di dalamnya?

Ciri-ciri orang cerdas

Orang yang cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan beradaptasi dengan perubahan. Selain itu, ia akan berpikir sebelum berbicara atau bertindak, serta dapat mengelola emosi secara efektif. Para peneliti melihat banyaknya sifat berbeda yang dimiliki oleh orang-orang cerdas. Adapun ciri-ciri orang cerdas yang dapat Anda kenali, di antaranya:

1. Berempati dan penuh kasih

Orang cerdas cenderung berempati dan penuh kasih sehingga memahami apa yang dipikirkan atau dirasakan seseorang. Dalam penilaian psikologis, terdapat korelasi antara kecerdasan emosional yang tinggi dan IQ yang tinggi. Semakin tinggi skor seseorang dalam berempati, semakin tinggi pula skornya dalam pemahaman verbal yang efektif. Dengan kata lain, empati yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional terkait langsung dengan pemahaman yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif.

2. Rasa ingin tahu tinggi

Mudah dalam mengasumsikan jika orang cerdas suka membaca. Akan tetapi, menjadi cerdas bukanlah tentang memiliki kemampuan membaca banyak buku dalam sehari. Lebih jauh dari itu, hal ini berkaitan dengan rasa ingin tahu yang tinggi tentang apa pun.Orang-orang cerdas menggunakan hasrat keingintahuannya dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Ia suka mempelajari tentang orang lain, hewan, budaya, sejarah, dan berbagi ilmu lainnya. Meski kecintaan dalam membaca tak selalu merupakan tanda kecerdasan, namun itu menunjukkan bahwa Anda senang belajar dan ingin tahu.

3. Pengamat

Alih-alih banyak berbicara pada orang lain mengenai prestasi atau betapa benar pendapat yang dikeluarkan olehnya, orang cerdas cenderung diam dan jeli mengamati. Ia akan memperhatikan adanya kesalahan yang dilakukan orang lain atau adanya peluang yang bisa diambil. Hal ini membuat orang cerdas dapat melihat apa yang dilewatkan oleh orang lain.

4. Memiliki kontrol diri

Ketika Anda memiliki kontrol diri, berarti Anda memiliki kedewasaan. Hal ini membuat Anda tahu bagaimana mengendalikan emosi dan impuls sehingga tak akan membahayakan diri. Mampu mengendalikan diri menjadi tanda kecerdasan karena orang cerdas cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak. Saat berada dalam masalah, Anda juga akan berusaha menyelesaikan masalah tersebut dan keluar dari ketidaknyamanan dengan cepat.

5. Memiliki ingatan yang bekerja dengan baik

Ingatan yang bekerja dengan baik dan kecerdasan secara umum sangat berkorelasi. Ketika Anda memiliki ingatan yang baik, itu berarti Anda memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, serta kemampuan untuk fokus dan memperhatikan. Selain itu, Anda juga berarti memiliki fleksibilitas kognitif dan dapat mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

6. Mengenali batas kemampuan

Orang cerdas cenderung tak akan bertindak seolah-olah tahu segalanya. Bahkan ia mengenali batas kemampuan yang dimilikinya. Jika tak dapat melakukan sesuatu, ia akan mengakuinya dan belajar lebih banyak dari orang lain maupun situasi tertentu. Hal ini membuatnya lebih berpikiran terbuka.

7. Dapat mengikuti arus

Orang cerdas lebih fleksibel dan dapat mengikuti arus dengan baik. Daripada bersikap kaku terhadap perubahan, ia akan menyiapkan mental dan menyesuaikan diri. Hal ini juga menunjukkan bahwa ia dapat dengan cepat memecahkan masalah dan menemukan solusi. Di samping ciri-ciri yang dapat ditunjukkan oleh orang cerdas, para peneliti juga meyakini bahwa orang dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari rata-rata biasanya memiliki otak yang “terhubung” dengan cara yang berbeda. Sebuah studi menunjukkan jika kecerdasan dikaitkan dengan peningkatan konektivitas antara beberapa area dan berkurangnya interaksi antara yang lain di otak.
kesehatan mental
Bustle. https://www.bustle.com/p/highly-intelligent-people-have-these-7-traits-heres-how-to-tell-if-youre-one-of-them-18148774
Diakses pada 26 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320152#Where-does-causality-lie?
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait