logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tak Hanya Dehidrasi, Ini Komplikasi Akibat Kurang Minum Air Putih

open-summary

Kurang minum air putih tak hanya menyebabkan dehidrasi namun juga berbagai penyakit lain. Ini kebutuhan cairan per hari dan gejala kurang minum air putih.


close-summary

3.76

(42)

11 Feb 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu pemicu kulit kering adalah akibat kurang minum air putih

Kulit kering akibat kurang cairan menimbulkan rasa gatal dan rentan iritasi

Table of Content

  • Akibat kurang minum air putih
  • Tanda orang kurang minum air putih
  • Kebutuhan cairan per hari yang harus dipenuhi plus tipsnya
  • Pesan dari SehatQ

Akibat kurang minum air putih bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Untuk itu pahami tanda kurang minum dan cara mengatasi kurang cairan atau dehidrasi tersebut agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Advertisement

Sudah tidak terbantahkan lagi betapa pentingnya air untuk kehidupan manusia, termasuk bagi tubuh. Akibat kurang minum air putih bisa berdampak besar mulai dari dehidrasi, sakit, stres, dan masih banyak lagi. Gejala awalnya adalah haus berlebih hingga merasa lemas.

Bahkan manusia bisa bertahan lebih lama hidup tanpa asupan makanan ketimbang tanpa asupan cairan. Tak heran, 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Segala aktivitas bisa membuat cairan tersebut berkurang dan harus “diisi ulang” kembali.

Baca Juga

  • Pusing Setelah Olahraga Bisa Terjadi karena 5 Faktor Ini
  • Alami Gatal pada Kulit? Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya
  • 10 Penyakit Kulit yang Jadi Penyebab Kulit Bersisik

Akibat kurang minum air putih

Dehidrasi adalah akibat kurang minum air putih yang paling umum. Meski demikian, dehidrasi ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Craving makanan manis merupakan salah satu akibat kurang minum air putih
Kurang minum air putih menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi makanan manis

Sejumlah akibat jarang minum air putih atau dehidrasi yang perlu diwaspadai adalah:

1. Diabetes

Orang yang merasa dehidrasi akan merasa ingin sekali mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi karena liver mengalami masalah dalam memecah glikogen menjadi glukosa untuk aliran darah. Lagi-lagi, terganggunya sistem ini terjadi karena kurang cairan.

Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin konsumsi gula menjadi berlebihan. Penyakit diabetes pun mengintai sebagai konsekuensinya.

2. Sakit kepala

Merasakan nyeri di kepala juga bisa menjadi akibat kurang minum air putih. Rasa nyeri ini bisa dari ringan hingga benar-benar mengganggu. Sakit kepala ini terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan.

Ketika asupan cairan tercukupi, maka otak akan kembali ke bentuknya semula dan sakit kepala pun hilang.

3. Rasa kantuk berlebihan

Wajar jika seseorang merasa mengantuk karena kurang tidur atau belum mendapat asupan kafein yang setiap hari menemaninya. Namun berbeda halnya dengan orang yang mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih.

Dalam penelitian di Inggris pada tahun 2015 lalu, satu dari setiap lima pasien yang kekurangan cairan akan merasa sangat mengantuk. Namun rasa kantuk ini tidak sesederhana bisa hilang dengan tidur sejenak. Tubuh akan terasa lelah dan kurang bertenaga.

Akibat kurang minum air putih adalah bau mulut
Bau mulut merupakan salah satu tanda mulut kering dan kurang minum air putih

4. Bau mulut

Membiarkan mulut kering karena kekurangan cairan adalah undangan bagi masuknya bakteri. Itulah mengapa salah satu akibat kurang minum air putih adalah halitosis atau bau mulut. Faktanya, minum air putih dapat memecah saliva dan menghilangkan bau mulut akibat bakteri.

5. Konstipasi

Tak hanya kurang serat, konstipasi juga merupakan akibat kurang minum air putih. Tanpa adanya cukup cairan dalam sistem cerna, usus besar akan menyerap air dari feses. Akibatnya, feses menjadi lebih padat dan sulit keluar.

6. Kulit kering

Pelembap termahal sekalipun belum tentu bisa mengatasi masalah kulit kering apabila pemicunya adalah akibat kurang minum air putih. Berbeda dengan kondisi kulit orang dengan tipe kulit kering, mereka yang mengalami kulit kering akibat kurang cairan akan cenderung merasakan gatal dan rentan iritasi.

7. Sulit berkonsentrasi

Sering lupa apa yang akan dilakukan atau kurang sinkron antara apa yang diucapkan dan dipikirkan? Bisa jadi tanda-tanda konsentrasi berkurang akibat kurang minum air putih.

Menurut penelitian yang digelar tahun 2012 dengan melibatkan responden perempuan muda, mereka yang mengalami dehidrasi ringan lebih sulit berkonsentrasi bahkan pada tugas-tugas sederhana. Tak hanya itu, mereka juga kesulitan menjaga rentang fokus untuk jangka waktu singkat sekalipun.

Dehidrasi ringan dalam jangka pendek bisa menyebabkan seseorang mengalami mual, sakit kepala, dan beberapa gejala lain di atas. Namun dehidrasi kronis pada jangka panjang bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, munculnya batu ginjal, hipertensi, infeksi saluran kemih, hingga demensia.

8. Terkena batu ginjal

Efek kurang minum air putih dan cairan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal serta infeksi saluran kencing (ISK). Saat kekurangan cairan, tubuh suit untuk membuang bakteri infeksi melalui saluran kencing. Selain itu, mineral pembentuk batu juga sulit keluar dari tubuh yang menyebabkan bisa mengendap di ginjal.

9. Sakit pinggang

Dehidrasi atau kurang minum air putih juga menyebabkan sakit pinggang. Ini karena saat kekurangan cairan, tubuh tidak memiliki cukup air untuk mengembalikan kelenturan bantalan tulang belakang, sehingga bisa menyebabkan nyeri.

Bantalan tulang akan menipis dan tidak lagi mampu meredam guncangan. Dalam jangka panjang, ruas tulang akan menipis dan menjepit saraf di bawahnya. Tekanan pada saraf inilah yang kemudian menyebabkan rasa sakit pada area pinggang.

Baca juga: Seperti Apakah Air Minum yang Menyehatkan?

Tanda orang kurang minum air putih

Lantas apa yang menjadi ciri-ciri atau gejala kurang minum air putih? Berikut beberapa tandanya:

  • Mengalami kram otot. Ini bisa terjadi saat olahraga yang menandakan bahwa tubuh Anda kurang cairan
  • Ngidam makanan manis yang bisa menandakan Anda butuh lebih banyak air
  • Sakit kepala menjadi tanda Anda butuh lebih banyak air

Ketika otak mengirimkan sinyal “haus” kepada tubuh, itu artinya tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan. Idealnya, tubuh tidak pernah merasakan haus apabila asupan cairannya mencukupi.

Untuk memastikan apakah seseorang kurang cairan atau mengalami dehidrasi, caranya adalah:

1. Mencubit kulit

Secara perlahan, gunakan dua jari untuk mencubit kulit di belakang tangan, kemudian lepaskan. Seharusnya, kulit akan kembali ke posisi normalnya hanya dalam waktu beberapa detik. Apabila kulit perlu waktu lebih lama untuk kembali ke posisi normal, bisa jadi tanda dehidrasi.

2. Cek urine

Cara termudah lain untuk mengetahui tubuh sedang dehidrasi atau tidak adalah melihat warna urine. Normalnya, urine orang yang cukup cairan berwarna putih atau sedikit kekuningan. Namun warna kuning gelap atau oranye adalah tanda bahaya bahwa seseorang mengalami dehidrasi.

Kebutuhan cairan per hari yang harus dipenuhi plus tipsnya

Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, adapun takaran normal kebutuhan cairan setiap orang per hari adalah berbeda-beda. Pada orang dewasa, sekurang-kurangnya kita membutuhkan minum sebanyak 230 ml per hari atau total 2 liter air putih setiap harinya.

Salah satu tips untuk memenuhi takaran normal cairan per hari tersebut adalah dengan mengonsumsi banyak makanan yang memberikan asupan cairan tubuh. Anda dapat mengonsumsi makanan dari buah dan sayur, misalnya seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air. 

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Pesan dari SehatQ

Mudah ditemukan dan menyehatkan, seharusnya tak perlu susah payah memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Jangan sampai akibat kurang minum air putih justru mengganggu produktivitas Anda.

Untuk tahu apakah tubuh mengalami dehidrasi dan menghindari overhidrasi, dengarkan sinyal dari diri Anda.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa  chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

air putihkulit keringbau mulutsakit kepaladehidrasikekurangan cairan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved