Tak Hanya Cedera, Kenali Juga Sebab Pergelangan Tangan Sakit Lainnya

Pergelangan tangan sakit bisa disembuhkan dengan obat, terapi, maupun operasi
Cedera hingga kista bisa menjadi penyebab pergelangan tangan sakit

Mungkin terdengar sepele, namun pergelangan tangan sakit sebenarnya bisa sangat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Sebab, sesederhana mengangkat telepon atau mengetik, juga membutuhkan pergelangan tangan yang sehat.

Anda mungkin bingung, ketika pergelangan tangan bisa sakit secara tiba-tiba padahal Anda tidak merasa mengalami cedera. Jawabannya adalah karena penyebab timbulnya nyeri di pergelangan tangan sangat beragam, mulai dari asam urat hingga peradangan otot.

Lebih jauh, ini penyebab pergelangan tangan sakit

Agar tidak semakin bingung, berikut ini penyebab pergelangan tangan sakit, yang perlu Anda waspadai.

1. Keselo

Keseleo mungkin adalah penyebab pergelangan tangan sakit yang paling dikenal. Umumnya, kondisi ini bisa timbul saat seseorang jatuh dan menahan tubuhnya menggunakan tangan. Rasa nyeri yang timbul pada keselo disebabkan oleh ligamen yang terlalu meregang.

2. Asam urat

Kadar asam urat berlebihan di tubuh, akan membuatnya menumpuk di persendian, termasuk di pergelangan tangan. Hal ini membuat pergelangan tangan sakit dan bengkak.

3. Rematik

Pergelangan tangan sakit juga dapat disebabkan oleh rematik atau rheumatoid arthritis. Penyakit ini, biasanya akan menyerang kedua pergelangan tangan. Rasa sakit yang muncul akibat kondisi ini umumnya juga akan disertai dengan pembengkakan.

4. Pengapuran tulang

Pengapuran tulang umumnya menyerang lansia. Sebab, penyakit ini timbul akibat penggunaan sendi dalam jangka waktu lama. Persendian dibentuk oleh dua tulang yang di antaranya dibatasi oleh bantalan yang membuat pergerakan sendi menjadi lancar dan tidak sakit.

Namun, seiring berjalannya waktu, bantalan tersebut semakin lama akan semakin menipis atau rusak. Kondisi ini membuat kedua tulang di persedian tersebut saling berbenturan dan menimbulkan rasa sakit.

5. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh tertekannya saraf di pergelangan tangan akibat ligamen yang menebal. Saraf yang tertekan itulah yang mengakibatkan pergelangan tangan sakit dan lemas

6. Kista ganglion

Pada kista ganglion, jaringan lunak berisi cairan terbentuk di pergelangan tangan. Kista berukuran kecil umumnya terasa lebih nyeri, dibandingkan dengan kista yang besar.

7. Sindrom gerakan berulang

Sama seperti namanya, kondisi ini disebabkan oleh gerakan berulang-ulang yang melibatkan pergelangan tangan, seperti mengetik dan menyulam.

Pergelangan tangan yang bekerja terlalu keras, bisa bengkak. Pembengkakan tersebut kemudian akan menekan saraf, dan membuat pergelangan tangan sakit.

8. Peradangan tendon

Kondisi ini disebut juga sebagai tendonitis. Tendonitis bisa terjadi saat tendon di pergelangan tangan sobek atau mengalami iritasi dan inflamasi.

9. Bursitis

Saat bantalan sendi di pergelangan tangan mengalami peradagangan atau bursitis, maka rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan bisa timbul.

Mengatasi pergelangan tangan sakit

Jika kondisinya tidak parah, istirahat yang cukup serta mengompres dengan es, sebenarnya sudah bisa meredakan pergelangan tangan yang sakit. Namun, jika kedua hal tersebut tidak juga meredakannya, ada tiga cara utama untuk meredakan nyeri di pergelangan tangan, yaitu melalui pemberian obat, terapi, dan operasi.

• Pemberian obat

Untuk mengurangi rasa sakit di pergelangan tangan, Anda dapat mengonsumsi obat yang dapat dibeli di apotek, seperti ibuprofen dan paracetamol.

Jika obat bebas tidak juga mengurangi rasa sakit, maka obat dengan dosis lebih tinggi dapat dikonsumsi, namun tetap harus melalui resep dokter.

• Terapi

Terapi fisik dapat dilakukan untuk meredakan pergelangan tangan sakit. Terutama, apabila kondisi yang Anda alami disebabkan oleh cedera dan gangguan otot.

Terapi fisik juga dapat dilakukan setelah Anda melakukan operasi, untuk mengembalikan gerak normal pergelangan tangan.

• Operasi

Pada beberapa kasus pergelangan tangan sakit, mengonsumsi obat dan terapi fisik saja tidak cukup. Diperlukan perawatan lebih lanjut seperti operasi untuk memperbaiki tulang yang patah, carpal tunnel syndrome, tendon dan ligamen yang putus.

Jangan sampai pergelangan tangan sakit, cegah dengan cara ini

Pergelangan tangan yang sakit akibat cedera memang sulit untuk dicegah. Namun, Anda tetap dapat melakukan beberapa langkah untuk melindungi pergelangan tangan Anda dari kondisi ini, seperti:

• Menambah kekuatan tulang

Penuhi kebutuhan kalsium harian tubuh, yaitu sebanyak 1.000 mg per hari untuk orang dewasa dan 1.200 mg per hari untuk wanita yang berusia di atas 50 tahun. Dengan begitu, risiko patah tulang, termasuk di pergelangan tangan bisa berkurang.

• Kurangi risiko cedera

Jatuh dan menggunakan pergelangan tangan sebagai tumpuan adalah salah satu penyebab utama cedera di pergelangan tangan. Untuk mengurangi risiko tersebut, gunakanlah sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran.

Singkirkan juga barang-barang berbahaya di rumah Anda, yang sekiranya dapat membuat Anda tersandung atau jatuh. Jika perlu, pasang pegangan di tangga dan kamar mandi agar lebih aman.

• Gunakan alat pelindung saat beraktivitas

Bagi Anda yang gemar berolahraga, terutama olahraga yang kemungkinan benturan dan jatuhnya tinggi, seperti basket, ski, atau sepatu roda, selalu gunakan alat pelindung untuk mengurangi risiko cedera.

• Perhatikan posisi yang ergonomis

Jika pekerjaan mengharuskan Anda banyak mengetik, berilah waktu agar tangan Anda beristirahat. Saat mengetik, pastikan pergelangan tangan Anda dalam posisi yang relaks dan netral.

Menggunakan bantalan pergelangan tangan yang terbuat dari busa atau gel juga dapat membantu mengurangi risiko munculnya rasa nyeri di pergelangan tangan.

Setelah mengetahui penyebab maupun cara mengatasi pergelangan tangan sakit, Anda diharapkan tidak lagi bingung untuk memilih metode yang tepat. Semakin cepat perawatan dilakukan, maka kesembuhan pun akan semakin cepat tercapai.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312070.php
Diakses pada 22 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/wrist-pain
Diakses pada 22 Oktober 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/diagnosis-treatment/drc-20366215
Diakses pada 22 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed