Tak Hanya Bawang, Ini Makanan Penyebab Bau Badan yang Sering Kita Konsumsi

(0)
Menghindari atau mengurangi makanan penyebab bau badan memang dapat membantu Anda untuk menghilangkan aroma tak sedap pada tubuhBau badan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya dari makanan
Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menjaga tubuh tetap wangi. Namun, bau badan terkadang tetap muncul meski Anda telah melakukan berbagai macam cara.Terdapat sejumlah faktor yang memicu munculnya bau tidak sedap pada tubuh, salah satunya makanan. Beberapa makanan penyebab bau badan sebenarnya sering dikonsumsi sehari-hari, tapi kebanyakan orang tidak mengetahui dampak yang bisa ditimbulkannya pada aroma tubuh.

Apa saja makanan penyebab bau badan?

Bila Anda senang mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, kemungkinan Anda akan memiliki aroma tubuh yang menyengat:

1. Daging merah

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses, mengonsumsi daging merah dapat membuat keringat jadi lebih bau. Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta sekelompok pria untuk makan daging merah dua kali sehari selama 14 hari. Selain itu, mereka juga meminta kelompok lain untuk tidak memakan daging merah dalam jangka waktu yang sama.Pada hari terakhir percobaan, peneliti meminta para peserta untuk memasang bantalan khusus di bawah ketiak untuk mengumpulkan bau badan mereka. Bantalan itu kemudian dicium baunya oleh 30 wanita. Hasilnya, pria yang tidak makan daging merah memiliki bau badan yang lebih enak dan menarik.Meski belum menemukan cukup bukti, para peneliti menyebut bahwa kandungan lemak dalam daging merah menjadi penyebab munculnya bau badan yang tidak sedap. Asam lemak tersebut memengaruhi bakteri di kulit sehingga menciptakan bau menyengat.

2. Ikan

Walau memberikan banyak manfaat bagi kesehatan berkat kandungan lemak omega 3, ikan ternyata dapat membuat bau badan Anda menjadi tidak sedap. Ikan menjadi makanan penyebab bau badan karena kandungan kolin yang ada di dalamnya. Beraroma amis dan menyengat, mengonsumsi makanan yang mengandung kolin dapat memperburuk bau badan.Selain itu, penderita gangguan metabolisme trimethylaminuria (TMAU) juga tidak boleh mengonsumsi ikan secara berlebihan apabila ingin aroma tubuhnya tidak bau. Menurut National Center for Biotechnology Information, hal ini terjadi karena penderita TMAU tidak dapat mengurai senyawa berbau amis dalam ikan (trimetilamina). Alhasil, senyawa itu menumpuk dalam tubuh Anda dan nantinya akan dikeluarkan lewat urine, napas, serta keringat.

3. Alkohol

Beberapa bukti menunjukkan bahwa peminum alkohol mempunyai lebih banyak bakteri jahat dalam mulut mereka dibanding yang tidak mengonsumsinya. Bakteri ini membuat mulut Anda menjadi bau. Selain menyebabkan bau mulut, bakteri ini memicu penyakit gusi, plak, dan kerusakan gigi.Tubuh memetabolisme alkohol menjadi asetat. Maka dari itu, semakin banyak Anda minum, semakin banyak juga asetat yang diproduksi oleh tubuh. Mempunyai aroma yang tak sedap, keringat hasil sekresi asetat menyebabkan badan juga menjadi bau. Jika ingin meminimalkan hal tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak air.

4. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous ternyata merupakan makanan penyebab bau badan
Sulfur dalam sayuran cruciferous menyebabkan bau badan
Sayuran-sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung sulfur. Ketika keluar melalui keringat, kandungan ini membuat tubuh Anda menjadi beraroma mirip telur busuk.Meski begitu, Anda tidak perlu menghindarinya karena sayuran-sayuran ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jika hendak menguranginya, gantilah dengan sayuran dan buah yang tidak mengandung sulfur seperti labu, ubi jalar, terong, jeruk, atau persik.

5. Bumbu dapur

Sama seperti halnya sayuran cruciferous, bumbu dapur seperti bawang putih, bawang bombai, jinten, dan kari juga mengandung sulfur. Selain membuat bau keringat menjadi tidak enak, mengonsumsinya juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap. Untuk mengatasi aroma tak sedap yang keluar di mulut, Anda dapat meminum banyak air dan menyikat gigi.

6. Asparagus

Mempunyai kandungan belerang, memakan asparagus dapat membuat urine menjadi berbau busuk. Meskipun begitu, munculnya bau busuk yang ditimbulkan dari efek memakan asparagus tersebut ternyata tidak tercium oleh semua orang, khususnya penderita anosmia. Anosmia sendiri merupakan kondisi di mana fungsi penciuman hidung tidak berfungsi. Terlepas dari bau busuk yang ditimbulkan, asparagus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Cara agar tubuh tetap wangi tanpa harus hindari makanan penyebab bau badan

Menjaga tubuh tetap wangi tidak selalu harus dengan menghindari makanan penyebab bau badan. Anda tetap bisa mengonsumsinya apabila makanan tersebut punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebagai alternatif, ada sejumlah cara yang bisa Anda dilakukan untuk mengatasi bau badan. Beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
  • Menggunakan body lotion beraroma pada kulit 

Untuk menjaga tubuh tetap wangi, oleskan body lotion beraroma beberapa saat setelah Anda mandi. Pastikan kulit Anda dalam keadaan lembap supaya aroma wangi tersebut dapat bertahan lebih lama.
  • Mandi dan bersihkan tempat-tempat yang menjadi pusat bau 

Salah satu faktor yang memengaruhi bau badan adalah kebersihan tubuh Anda. Ketika mandi, fokuskan pada bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat seperti ketiak, selangkangan, dan bokong. Jika perlu, pergunakanlah spons mandi karena dapat mempermudah untuk mengangkat kotoran yang melekat pada tubuh.
  • Mempergunakan sabun antibakteri saat mandi

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mencari kata “antibakteri” pada kemasan sabun.
  • Memakai antiperspirant

Selain menghindari konsumsi makanan penyebab bau badan, penting untuk menggunakan deodoran antiperspiran
Menggunakan deodoran dapat membantu kurangi masalah bau badan
Setelah selesai mandi, gunakan antiperspirant pada ketiak. Kandungan aluminium klorida di dalamnya dapat membantu menahan keringat agar tidak keluar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan deodoran sebagai alternatif.
  • Menjaga pakaian tetap wangi

Mencuci pakaian Anda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap harum. Tambahkan pewangi ketika Anda mencuci pakaian supaya keharumannya dapat bertahan lama.

Catatan dari SehatQ

Menghindari atau mengurangi makanan penyebab bau badan memang dapat membantu Anda untuk menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh. Namun, Anda tidak perlu melakukan cara tersebut apabila makanan itu punya banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebagai solusinya, Anda bisa menerapkan cara lain untuk menghilangkan bau badan. Jika Anda masih terganggu dengan bau badan Anda sendiri, konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi-rekomendasi lainnya.
urinebau mulutbau badanmandi
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-smell-good-all-day
Diakses pada 3 September 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com/health/g19547159/foods-that-make-body-odor-worse/
Diakses pada 3 September 2020
Men’s Journal. https://www.mensjournal.com/food-drink/8-foods-make-you-stink/
Diakses pada 3 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/reduce-body-odor
Diakses pada 3 September 2020
Wexner Medical Center. https://wexnermedical.osu.edu/blog/5-foods-and-drinks-that-affect-body-odor
Diakses pada 3 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait