logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tak Hanya Bawang, Ini 6 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sering Kita Konsumsi

open-summary

Banyak makanan penyebab bau badan yang sering dikonsumsi. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak menyadari efeknya pada aroma tubuh. Alih-alih menghindarinya, ada cara lain untuk mengatasi bau badan.


close-summary

7 Sep 2020

| Bayu Galih Permana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Menghindari atau mengurangi makanan penyebab bau badan dapat membantu menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh

Salah satu penyebab bau badan berasal dari makanan

Table of Content

  • Apa saja makanan penyebab bau badan?
  • Makanan penghilang bau badan
  • Cara agar tidak bau badan

Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menjaga tubuh tetap wangi. Namun, bau badan terkadang tetap muncul meskipun Anda telah melakukan berbagai macam cara.

Advertisement

Terdapat sejumlah faktor yang memicu munculnya bau tidak sedap pada tubuh, salah satunya adalah makanan. Beberapa makanan penyebab bau badan kemungkinan sering Anda konsumsi, tetapi tidak menyadarinya.

Apa saja makanan penyebab bau badan?

Setiap orang mempunyai aroma badan yang khas. Namun, ada pula pemicu serta faktor tertentu yang membuat aroma badan menjadi tidak sedap.

Mengutip dari Healthline, perubahan bau badan umumnya terjadi karena pubertas, keringat berlebih, atau tidak menjaga kebersihan badan.

Saat mengalami perubahan bau badan, biasanya terjadi karena lingkungan, obat-obatan, atau bahkan makanan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis makanan penyebab bau badan yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Daging merah

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses, mengonsumsi daging merah dapat membuat keringat jadi lebih bau, sehingga memicu bau ketiak.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta sekelompok pria untuk makan daging merah dua kali sehari selama 14 hari. Selain itu, mereka juga meminta kelompok lain untuk tidak memakan daging merah dalam jangka waktu yang sama.

Pada hari terakhir percobaan, peneliti meminta para peserta untuk memasang bantalan khusus di bawah ketiak untuk mengumpulkan bau badan mereka.

Bantalan itu kemudian dicium baunya oleh 30 wanita. Hasilnya, pria yang tidak makan daging merah memiliki aroma yang khas, tidak bau.

Meskipun belum menemukan cukup bukti, para peneliti menyebut bahwa kandungan lemak dalam daging merah menjadi penyebab munculnya bau badan. Asam lemak tersebut memengaruhi bakteri di kulit sehingga mengakibatkan bau menyengat.

2. Ikan

Walaupun memberikan banyak manfaat bagi kesehatan berkat kandungan lemak omega 3, ikan ternyata salah satu makanan yang menyebabkan bau badan.

Ikan menjadi makanan penyebab bau badan karena kandungan kolin. Beraroma amis dan menyengat, mengonsumsi makanan yang mengandung kolin dapat memperburuk bau badan.

Selain itu, penderita gangguan metabolisme trimethylaminuria (TMAU) juga tidak boleh mengonsumsi ikan secara berlebihan apabila ingin aroma tubuhnya tidak bau.

Menurut National Center for Biotechnology Information, hal ini terjadi karena penderita TMAU tidak dapat mengurai senyawa berbau amis dalam ikan (trimetilamina).

Alhasil, senyawa itu menumpuk dalam tubuh Anda dan nantinya akan dikeluarkan lewat urine, napas, serta keringat.

3. Alkohol

Beberapa bukti menunjukkan bahwa peminum alkohol mempunyai lebih banyak bakteri jahat dalam mulut  daripada yang tidak mengonsumsinya. Bakteri ini membuat mulut Anda menjadi bau.

Selain menyebabkan bau mulut, bakteri ini memicu penyakit gusi, plak, dan kerusakan gigi.

Tubuh memetabolisme alkohol menjadi asetat. Maka dari itu, semakin banyak Anda minum, semakin banyak juga asetat yang diproduksi oleh tubuh.

Mempunyai aroma yang tak sedap, keringat hasil sekresi asetat menyebabkan badan juga menjadi bau. Jika ingin meminimalisasi hal tersebut, Anda harus banyak minum air mineral.

4. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous ternyata merupakan makanan penyebab bau badan

Sulfur dalam sayuran cruciferous menyebabkan bau badan

Sayuran-sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung sulfur. Ketika keluar melalui keringat, kandungan ini bisa membuat tubuh beraroma mirip telur busuk.

Meski begitu, Anda tidak perlu menghindarinya karena sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan. Jika tidak mau mengonsumsinya, pilih sayuran dan buah yang tidak mengandung sulfur seperti labu, ubi jalar, terong, jeruk, atau persik.

5. Bumbu dapur

Sama seperti halnya sayuran cruciferous, bumbu dapur seperti bawang putih, bawang bombai, jinten, dan kari juga mengandung sulfur.

Untuk itu, ini bisa menjadi makanan penyebab bau badan. Selain membuat bau keringat menjadi tidak enak, mengonsumsinya juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.

Cara mudah mengatasi aroma tak sedap yang keluar dari mulut adalah dengan menjaga asupan air mineral serta rutin menggosok gigi.

6. Asparagus

Ada lagi makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan dan ketiak, yaitu asparagus. Mempunyai kandungan belerang, asparus bisa membuat urine menjadi berbau busuk.

Meskipun begitu, munculnya bau busuk yang berasal dari asparagus, ternyata tidak tercium oleh semua orang, khususnya penderita anosmia.

Anosmia adalah kondisi saat fungsi penciuman hidung tidak berfungsi. Terlepas dari bau busuk yang muncul, mengonsumsi asparagus bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Baca Juga

  • Keracunan Nikotin, Apa Penyebab dan Gejalanya?
  • Mengenal Lentil, Makan Bernutrisi dengan Manfaat Luar Biasa
  • Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan dan Risiko Bahayanya yang Perlu Diperhatikan

Makanan penghilang bau badan

Beberapa makanan mungkin bisa menjadi faktor serta penyebab bau badan. Selain menjaga kebersihan tubuh, mengubah pola makan juga bisa membantu mengatasinya.

Berikut adalah beberapa makanan yang berfungsi sebagai penghilang bau badan, seperti:

1. Alternatif protein

Protein hwani seperti daging merah atau beberapa jenis ikan menjadi makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsinya sama sekali.

Selagi mengurangi asupan daging merah, coba konsumsi alternatif protein seperti ayam, kacang kedelai, serta kacang-kacangan lainnya.

2. Makanan kaya serat

Makanan yang bisa membantu membuat badan harum adalah jenis makanan mengandung serat.

Seperti sayuran segar, kacang-kacangan, dan buah-buahan karena secara alami mengeluarkan racun dalam tubuh. Ini juga bisa membuat Anda terhindar dari bau badan.

3. Buah jeruk

Kaya akan kandungan vitamin C, jeruk juga berfungsi membuat tubuh terasa segar. Tak hanya itu saja, kandungan asam dalam buah jeruk kemungkinan bisa membantu menghilangkan senyawa penyebab bau badan.

4. Tanaman herbal

Beberapa herbal atau rempah-rempah juga bisa menjadi makanan penghilang bau badan. Herbal yang mempunyai kandungan tinggi klorofil dapat membantu mengatasi masalah bau badan.

Sebagai contoh, jus wheatgrass, peterseli, daun ketumbar, dan juga daun mint.

5. Makanan fermentasi

Bau badan juga bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan pencernaan.

Untuk itu, Anda bisa menambah asupan makanan atau minuman yang telah melalui proses fermentasi untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mengatasi masalah bau badan.

Sebagai contoh, makanan serta minuman yang bisa membantu menghilangkan bau badan, seperti teh kombucha, yogurt, acar, kimchi, atau kefir.

Cara agar tidak bau badan

Menjaga tubuh tetap wangi tidak selalu harus dengan menghindari makanan penyebab bau badan.

Sebenarnya, Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Tak perlu khawatir, ada sejumlah cara untuk menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:

1. Menggunakan body lotion 

Untuk menjaga tubuh tetap wangi, oleskan body lotion beraroma beberapa saat setelah Anda mandi. Pastikan kulit Anda dalam keadaan lembap supaya aroma wangi tersebut dapat bertahan lebih lama.

2. Mandi secara teratur 

Salah satu faktor yang menjadi penyebab bau badan adalah tidak menjaga kebersihan tubuh Anda.

Ketika mandi, bersihkan dengan teliti bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat, seperti ketiak, selangkangan, dan bokong.

Jika perlu gunakanlah spons atau sikat badan khusus mandi, karena bisa lebih mudah membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh.

3. Gunakan sabun antibakteri

Salah satu penyebab bau badan adalah bercampurnya bakteri di dalam keringat.

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari kata “antibakteri” pada kemasan sabun.

4. Gunakan antiperspirant

Selain menghindari konsumsi makanan penyebab bau badan, penting untuk menggunakan deodoran antiperspiran
Menggunakan deodoran dapat membantu kurangi masalah bau badan

Setelah selesai mandi, gunakan antiperspirant pada ketiak. Kandungan aluminium klorida di dalamnya dapat membantu menahan keringat agar tidak keluar.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan deodoran alami untuk mengusir bau badan.

5. Gunakan pakaian nyaman

Bahan pakaian juga bisa menjadi pemicu keringat berlebih, sehingga menyebabkan bau badan. Maka dari itu, pilihlah bahan pakaian yang terasa nyaman, dingin, atau bisa menyerap keringat.

Pastikan Anda mencucinya dengan benar untuk menghindari bakteri yang masih menempel.

Menghindari atau mengurangi makanan penyebab bau badan memang dapat membantu Anda untuk menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh.

Jika masih terganggu dengan masalah bau badan, konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi-rekomendasi lainnya.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai makanan penyebab bau badan? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

urinebau mulutbau badanmandiperawatan kulithidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved