Tak Hanya Air Putih, Minuman Sehat untuk Diet Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Selain air putih, masih banyak minuman sehat untuk diet yang bisa membantu menurunkan berat badan. Minuman-minuman tersebut antara lain teh hijau, teh hitam, kopi hitam, susu tanpa lemak, cuka apel, jus sayuran, dan minuman berprotein tinggi.

(0)
Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman sehat untuk dietKandungan kafein dalam kopi hitam membantu meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme
Ketika tengah dalam program diet, minuman dengan gula tambahan memang sering dihindari untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Air putih pun kemudian dijadikan pilihan utama sebagai pelepas dahaga karena tidak memiliki kandungan kalori. Selain air putih, ternyata masih banyak pilihan minuman sehat untuk diet. Hal tersebut tak lepas dari kemampuan minuman-minuman tersebut dalam meningkatkan metabolisme, memberi rasa kenyang, dan mengurangi lapar, sehingga dapat mendorong penurunan berat badan.

Minuman sehat untuk diet selain air putih

Selama ini, banyak anggapan yang menyebut bahwa orang diet hanya boleh minum air putih saja sebagai pelepas dahaga. Air putih memanglah pilihan tepat untuk mendukung program diet Anda. Namun, masih banyak alternatif minuman sehat untuk diet yang bisa Anda jadikan pilihan ketika hendak menurunkan berat badan.Berikut ini beberapa minuman sehat untuk diet yang dapat membantu mendorong penurunan berat badan selain air putih:

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang bebas kalori jika dikonsumsi tanpa gula maupun pemanis tambahan. Selain itu, beberapa penelitian menyebut bahwa ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan.Kemampuan teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan ini tidak lepas dari kandungan senyawa katekin yang ada di dalamnya. Menurut sebuah penelitian, katekin adalah antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

2. Kopi hitam

Mengandung kafein, kopi hitam adalah satu minuman sehat untuk diet yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini tak lepas dari kandungan kafein dalam kopi hitam membantu meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme.Selain bisa dijadikan pilihan dalam menurunkan berat badan, meminum kopi hitam tanpa gula diketahui dapat menambah energi dan meningkatkan suasana hati.

3. Teh hitam

Sama seperti halnya teh hijau, teh hitam juga mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan. Senyawa dalam teh hitam yang turut berkontribusi dalam penurunan berat badan adalah polifenol.Menurut penelitian, kandungan polifenol dalam teh hitam membantu merangsang pemecahan lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

4. Cuka apel

Mengonsumsi cuka apel dapat membantu diet Anda dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan, dan membakar lemak. Hal tersebut tak lepas dari kemampuan asam asetat yang terkandung di dalamnya.Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi cuka apel secara berlebihan karena berpotensi merusak gigi. Untuk mengurangi risiko yang bisa ditimbulkan, Anda disarankan untuk mencampurkan cuka apel ke dalam air putih ketika hendak meminumnya.

5. Teh jahe

Salah satu minuman sehat untuk diet adalah teh jahe
Minum teh jahe dapat membantu kurangi nafsu makan
Teh jahe merupakan salah satu minuman sehat untuk diet yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi teh jahe diketahui dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 10 pria dengan kelebihan berat badan, meminum 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas ketika sarapan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, mereka juga mengalami penurunan rasa lapar dibandingkan hari-hari ketika tidak meminum teh jahe.

6. Minuman berprotein tinggi

Mengonsumsi minuman berprotein tinggi dapat meningkatkan kadar hormon pengurang rasa lapar seperti GLP-1. Di sisi lain, minuman ini juga membantu menurunkan kadar hormon yang mendorong nafsu makan (ghrelin).Hal tersebut tentunya membuat minuman berprotein tinggi cocok dikonsumsi saat diet karena dapat membantu mengekang rasa lapar, menurunkan nafsu makan, serta meningkatkan rasa kenyang.

7. Jus sayuran

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap orang dewasa, mereka yang mengonsumsi 16 ons jus sayuran rendah natrium ketika menjalani program diet rendah kalori mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibanding yang tidak. Meski begitu, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi sayuran utuh karena memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dan serat.

8. Susu tanpa lemak atau susu nabati

Susu tanpa lemak atau susu nabati merupakan minuman yang cocok dikonsumsi ketika Anda tengah menjalani program diet. Hal ini tak lepas dari kandungan kalori dalam kedua susu ini yang terbilang kecil.Meski rendah kalori, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi susu ini secara berlebihan. Selain itu, hindari juga produk yang menggunakan gula maupun pemanis tambahan karena malah dapat memicu penambahan berat badan.

Tips supaya diet berjalan dengan sukses

Selain memilih minuman sehat, ada sejumlah tindakan yang dapat dilakukan untuk mendukung supaya program diet Anda berjalan dengan sukses. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan, di antaranya:
  • Perhatikan apa yang Anda makan

Saat hendak menurunkan berat badan, hindari makanan yang mempunyai kandungan lemak jenuh seperti gorengan, daging berlemak, maupun junk food. Sebagai gantinya, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti buah, sayuran, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.Dalam beberapa kasus, menghilangkan makanan tertentu saat diet dapat membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Untuk mengurangi risiko yang bisa ditimbulkan, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani program diet.
  • Berolahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan sehat. Agar program diet berjalan dengan sukses, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas intensitas sedang seperti jalan cepat selama satu jam per hari.Apabila tak memungkinkan, Anda diminta rutin berolahraga setidaknya selama 150 menit setiap minggunya. Secara perlahan, cara ini akan membuat Anda menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup.
  • Hindari minuman berkalori tinggi

Hindari mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti soda
Minum soda akan merusak program diet Anda
Supaya program diet berjalan dengan sukses, hindari mengonsumsi minuman berkalori tinggi. Beberapa contoh minuman yang mempunyai kandungan kalori tinggi antara lain soda, teh kemasan, jus, alkohol, dan minuman lain dengan gula tambahan.Tak hanya merusak program diet Anda, mengonsumsi minuman berkalori tinggi malah bisa menambah berat badan dan meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit kronis.
  • Batasi porsi makanan, jangan berlebihan

Mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat merusak program diet Anda. Risiko ini tetap ada meski makanan yang Anda konsumsi berupa sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.Maka dari itu, hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan. Atur porsi makan Anda menggunakan alat takar tertentu untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.
  • Catat apa saja yang telah dimakan

Saat menjalani program diet, jangan lupa untuk mencatat makanan dan minuman apa saja yang telah Anda konsumsi. Anda bisa mencatatnya di buku harian atau memakai aplikasi khusus di ponsel.Mencatat apa saja yang telah Anda konsumsi bisa membantu membatasi keinginan untuk makan dan minum secara berlebihan. Selain itu, Anda juga dapat memantau perkembangan diet dengan mencatat berat badan setiap minggu.

Catatan dari SehatQ

Selain air putih, masih banyak minuman sehat untuk diet yang bisa dikonsumsi saat hendak menurunkan berat badan. Beberapa minuman yang bisa dikonsumsi untuk menyukseskan program diet meliputi teh hijau, kopi hitam, hingga minuman berprotein tinggi.Supaya program diet berjalan dengan lancar, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Nantinya, dokter akan memberikan rekomendasi program diet yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai minuman sehat untuk diet, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietair putihdiet sehatmenurunkan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-drinks
Diakses pada 17 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-best-worst-drinks-weight
Diakses pada 17 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/303409
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait