Tak Disangka, Organ Reproduksi Pria Ini Selamat dari Kanker Testis Berkat Media Sosial

Kanker testis dapat dicegah jika Anda mengetahui gejala awal dan pencegahan yang tepat
Dengan mengetahui gejalanya, Anda dapat mencegah kanker testis pada organ reproduksi pria

Ketika sosial media menjadi penyelamat. Mungkin judul cerita kehidupan ini layak disematkan pada kisah Taylor Tyree karena organ reproduksi pria miliknya terselamatkan berkat media sosial Reddit. Tyree menyebutnya ‘Reddit saved my life’.

Reddit adalah platform sosial media layaknya Facebook dan Twitter yang marak digunakan di Amerika dan Eropa. Sebelumnya, Taylor Tyree tak pernah menyangka bahwa organ reproduksi pria miliknya nyaris diangkat karena kanker testis

Namun suatu hari, remaja berusia 21 tahun itu membaca unggahan pengguna Reddit lainnya dengan nama “Uniballer” yang baru sembuh dari kanker testis. 

Membaca gejala dan tanda-tanda kanker testis yang dibagi Uniballer, pelajar Colorado School of Mines merasakan ada banyak kemiripan dengan apa yang dialaminya.

Selang sepekan, Tyree memeriksakan diri ke rumah sakit dan hasil ultrasound menunjukkan bahwa ada tumor di testis sebelah kirinya.

Tak berselang lama, Tyree menjalani operasi pengangkatan testis sebelah kiri. Langkah yang sangat tepat sebelum tumor menjalar ke organ reproduksi pria miliknya yang lain.

Apa gejala kanker testis?

Berkaca dari apa yang dialami Taylor Tyree, tidak semua orang mendapatkan keistimewaan – sekaligus keberuntungan – untuk menemukan pengguna Reddit dengan masalah yang sama.

Jika Anda tidak berada di posisi yang sama layaknya Tyree, ada baiknya menyimak tanda-tanda kanker testis berikut ini:

  • Testis membengkak

Gejala pertama yang paling sering terjadi menandai kanker testis adalah pembengkakan di salah satu testis. Memang wajar ketika testis kanan dan kiri berukuran berbeda, tapi tidak akan jauh berbeda ukurannya. Meski demikian, penderitanya akan merasa berat dan nyeri di perut bagian bawahnya.

  • Tumpukan cairan di skrotum

Ketika tiba-tiba terjadi penumpukan cairan di skrotum atau kantung pelir, hal ini juga bisa mengindikasi adanya masalah di testis

  • Nyeri dada

Pada beberapa kasus kanker testis, sel tumor dapat membuat dada terasa membesar dan nyeri. Hal ini terjadi karena sel tumor menghasilkan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG) yang menstimulus pertumbuhan payudara.

  • Nyeri punggung

Ketika sel kanker menyebar ke nodus limfa, maka penderitanya akan merasa nyeri di punggung

Umumnya, kanker tesis hanya menyerang salah satu dari dua testis. Kapan penderitanya harus merasa khawatir? Apabila salah satu dari gejala-gejala di atas tetap bertahan hingga lebih dari 2 minggu.

Antisipasi ala Taylor Tyree

Tentu apa yang dialami Taylor Tyree tidak serta-merta membuatnya melupakan begitu saja pengalaman yang nyaris mengancam organ reproduksi prianya. Usai sembuh dari operasi pengangkatan testis, ia berpesan pada teman-temannya di Reddit.

Dalam pesannya, Tyree mengimbau semua pria untuk selalu rajin memeriksakan diri secara berkala.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya berolahraga. Ia mengakui bahwa salah satu faktor pemicu dirinya memiliki tumor di testis sebelah kiri adalah karena jarang berolahraga.

Lebih jauh lagi, faktor risiko lain yang juga perlu diperhatikan adalah keturunan, usia, ras, hingga kondisi testis bawaan lahir.

Artikel Terkait

Banner Telemed