logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Coba 7 Teknik Meditasi Unik dan Menarik Ini

open-summary

Teknik meditasi yang baik bisa berdampak sangat efektif untuk meredakan stres. Cara relaksasi ini juga membantu membuat seseorang lebih siap dengan kondisi apa pun.


close-summary

4

(4)

25 Nov 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Teknik meditasi

Makan cokelat juga bisa menjadi bentuk meditasi

Table of Content

  • Mengenal teknik meditasi
  • Catatan dari SehatQ

Tak perlu bingung harus memulai dari mana ketika akan belajar meditasi. Sebenarnya cara meditasi sangat sederhana. Meski begitu, teknik meditasi berdampak sangat efektif untuk meredakan stres.

Advertisement

Tak hanya di masa kini, cara meditasi ini juga membantu membuat seseorang lebih siap menghadapi pemicu stres di masa mendatang. Jika merasa salah satu metode meditasi tidak cocok dengan Anda, tak masalah. Ada banyak cara meditasi dengan teknik berbeda-beda. Temukan mana yang paling dirasa tepat agar bisa melakukannya secara berkala.

Mengenal teknik meditasi

Manfaat meditasi tentunya sangat banyak, begitu pun dengan teknik meditasinya. Beberapa jenis meditasi yang bisa dilakukan adalah:

1. Meditasi berjalan

Sesuai namanya, walking meditation dilakukan sembari berjalan. Fokusnya tentu bukan pada olahraga berjalannya, namun bagaimana jalannya pikiran saat sedang berjalan. Bisa ditemani dengan musik atau mantra, pikiran harus benar-benar jernih saat melakukannya.

Jenis meditasi ini cocok bagi mereka yang ingin tetap aktif bergerak dan tidak terbiasa harus berdiam diri selama beberapa waktu. Bagi yang tak suka dengan keheningan, bisa menjajal teknik ini. Namun, tentu kemungkinan ada hal yang mengalihkan perhatian pun lebih besar.

2. Meditasi mantra

Ini adalah teknik sederhana lain bagi yang baru mulai mencoba meditasi. Orang yang melakukannya bisa mendapat manfaat dari afirmasi positif sekaligus meditasi dengan pengulangan kata-kata atau suara tertentu.

Mantra yang banyak digunakan adalah mendengungkan kata “om”, namun bisa menggunakan mantra lainnya. Fokus utamanya bukan pada mantra, namun lebih kepada perenungan pikiran. Anda perlu berkonsentrasi penuh dalam melakukan meditasi mantra.

3. Meditasi mindful

Jenis meditasi yang menenangkan pikiran ini lebih menantang dan cocok bagi yang sudah terbiasa bermeditasi. Cara meditasi ini pun bisa dilakukan dengan cari posisi yang ternyaman.

Kunci utama melakukan meditasi mindful adalah fokus pada situasi saat ini. Mindfulness sendiri adalah suatu cara melatih diri Anda untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran.

Jadi, bukannya fokus pada hal yang ada di luar diri sendiri, meditasi ini mengajak untuk memusatkan pikiran pada apa yang sedang dirasakan tubuh Anda saat ini. Contohnya, saat bermeditasi coba fokuskan pikiran pada ritme napas Anda, rasakan pergerakan otot diafragma Anda mengembang tiap kali menarik napas. 

Ada kalanya fokus tersebut buyar karena adanya gangguan suara atau pikiran Anda beralih ke hal lain. Ketika hal ini terjadi, kembali fokuskan pikiran pada ritme napas Anda.

Semakin sering meditasi ini dilakukan, pikiran akan menjadi lebih tenang dan tidak terlalu reaktif terhadap pemicu stres.

4. Meditasi makan cokelat

Bagi yang ingin mencari teknik meditasi yang tak memakan banyak waktu sekaligus lezat, bisa dilakukan dengan makan cokelat. Ini adalah bentuk meditasi yang fokus pada situasi saat ini dan kerap digunakan dalam kelas-kelas untuk mengatasi stres.

Cara ini cocok bagi pemula karena bisa melibatkan banyak indera sekaligus. Tak hanya itu, cokelat juga terasa lebih intens. Konsumsi dark chocolate juga dapat menambah manfaatnya untuk kesehatan karena mengandung antioksidan. Proses meditasi tentunya akan berjalan sendiri saat kamu fokus.

5. Meditasi pernapasan

Dalam breathing meditation, caranya sangat sederhana dan nyaman. Cara melakukannya adalah dengan mengambil napas perlahan lewat lubang hidung sebelah kanan, kemudian tutup dengan jari manis. Tahan sebentar sebelum menghembuskan napas lewat lubang hidung kiri.

Lakukan cara itu bergantian pada tiap lubang hidung selama 5-10 kali. Idealnya, lakukan selama 15-18 menit untuk tiap sisinya. Tubuh akan terasa semakin rileks setelah melakukannya.

6. Meditasi mandi

Bath meditation bisa jadi cara bermeditasi yang menenangkan serta nyaman. Tak hanya menenangkan pikiran, berendam dengan air hangat pun bisa membuat otot yang kaku setelah beraktivitas menjadi lebih rileks. Suasana yang tercipta juga nyaman sehingga memberi jeda dari situasi yang memicu stres.

Kelebihan lain dari meditasi sambil berendam adalah membuat seseorang tetap terjaga. Terkadang, menjaga tubuh tetap saat bermeditasi bisa jadi hal yang menantang ketika tubuh terasa lelah. Setelah melakukan teknik ini, tubuh pun lebih bersih dan pikiran juga tenang.

7. Meditasi mini

Tak sempat mengalokasikan waktu untuk meditasi? Coba lakukan versi mininya yang hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit. Bahkan di tengah padatnya aktivitas pun, pasti meditasi mini sempat dilakukan. Meski singkat, metode ini dapat menjadi pereda stres yang cepat dan juga nyaman.

Baca juga: Cara Melakukan Meditasi Sebelum Tidur

Catatan dari SehatQ

Orang yang sudah terbiasa melakukan meditasi akan merasakan manfaat luar biasa bagi ketenangan pikirannya. Saat pikiran tenang, reaksi terhadap hal yang memicu stres pun lebih terkendali.

Jangan merasa sendiri apabila merasa tak bisa bermeditasi karena pikiran yang terus berseliweran. Itu wajar. Alternatifnya, coba pilih teknik lain yang lebih membuat nyaman. Apa saja? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  

Advertisement

kesehatan mentalmenjaga kesehatanhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved