Tak Bikin Gemuk, Ini Alasan Sour Cream Justru Menyehatkan


Sour cream adalah produk olahan susu yang diolah dengan fermentasi krim dengan tambahan bakteri asam laktat. Tanpanya, bisa jadi saus, cake, es krim, dan salad dressing terasa hambar. Meski termasuk daftar krim yang perlu dihindari bagi yang sedang diet, ternyata ada banyak kalsium dan protein di dalamnya.

(0)
19 Nov 2020|Azelia Trifiana
Sour cream tak bikin gemukSour cream tak membuat gemuk
Sour cream adalah produk olahan susu yang diolah dengan fermentasi krim dengan tambahan bakteri asam laktat. Tanpanya, bisa jadi saus, cake, es krim, dan salad dressing terasa hambar. Meski termasuk daftar krim yang perlu dihindari bagi yang sedang diet, ternyata ada banyak kalsium dan protein di dalamnya.Jadi, tak masalah mengonsumsi sour cream dalam porsi wajar. Namun, pastikan proses pengolahannya dalam makanan tidak membuat kandungan kalorinya meningkat signifikan.

Kandungan nutrisi sour cream

Krim dengan rasa gurih ini membuat makanan terasa lebih lezat. Di dalam 1 cangkir sour cream, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 444
  • Karbohidrat: 8,1 gram
  • Protein: 4,8 gram
  • Lemak: 45,4 gram
  • Kalsium: 25% AKG
  • Fosfor: 26% AKG
  • Selenium: 9% AKG
  • Potasium: 9% AKG
  • Magnesium: 6% AKG
  • Riboflavin: 23% AKG
  • Vitamin A: 26% AKG
  • Vitamin B12: 11% AKG
Jenis sour cream lain seperti yang bebas lemak tentu memiliki kandungan nutrisi berbeda. Kalorinya pun hanya sekitar 170 per cangkir. Namun, karbohidratnya lebih tinggi bisa mencapai 36 gram.

Apakah sour cream bikin gemuk?

Proses pembuatan sour cream adalah dengan fermentasi krim dengan bakteri asam laktat seperti B. bifidus dan L. lactus. Prosesnya mirip seperti pembuatan sauerkraut, yogurt, dan kefir yang juga mengandung kultur bakteri.Jika dikonsumsi sewajarnya, sour cream tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Bahkan bagi yang sedang menjalani diet karohidrat atau diet keto, sour cream bisa membantu menurunkan angka di timbangan.Hal itu tercantum dalam analisis pada tahun 2015 bahwa diet makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat seperti diet keto dapat menurunkan nafsu makan. Studi lebih anyar pada tahun 2018 menyebut diet keto bisa menurunkan total massa lemak dan lemak visceral.Namun tentu saja, hal ini hanya akan efektif apabila dipadukan dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Orang yang menjalani diet termasuk diet keto pasti berisiko, jadi perlu tahu betul bagaimana dampaknya bagi tubuh.Jadi, sour cream tidak akan menjadi tersangka utama gagalnya diet atau naiknya berat badan. Syaratnya, asupan kalori tidak berlebihan dan seimbang.

Apakah sour cream meningkatkan kolesterol?

Dalam satu cangkir sour cream, terdapat 26,5 gram lemak jenuh. Angka ini setara dengan 132% batas maksimal asupan harian orang dewasa. Artinya, jika dikonsumsi berlebihan maka dapat meningkatkan kadar kolesterol darah pemicu penyakit jantung.Meski demikian, analisis pada tahun 2017 menemukan bahwa produk olahan susu yang difermentasi tidak berdampak apda fungsi jantung. Bahkan, bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan stroke.Kedua studi di atas hanya contoh bagaimana hasilnya kerap bertolak belakang. Masih sulit mengambil kesimpulan apakah lemak jenuh dalam sour cream berdampak buruk atau tidak pada kondisi jantung.Untuk amannya, selalu konsumsi sour cream dalam porsi wajar.

Manfaat konsumsi sour cream

Selain tidak menjadi dalang naiknya berat badan, sour cream juga bisa bermanfaat bagi tubuh dengan cara seperti:

1. Mencegah kekurangan vitamin B12

Keutamaan sour cream datang dari kandungan vitamin B12 di dalamnya. Tubuh memerlukan jenis vitamin larut air ini untuk metabolisme protein, enzim, dan nutrisi lainnya. Orang yang kekurangan vitamin B12 bisa mengalami anemia, masalah saraf, diabetes, hingga kanker lambung.Vitamin B12 bisa diperoleh secara alami pada daging, ikan, telur, dan produk olahan susu. Itu sebabnya, kondisi kekurangan vitamin B12 rentan dialami vegan dan vegetarian. Jadi, vegetarian bisa mencoba sour cream sebagai alternatif sehat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

2. Menjaga kesehatan mata

mata
Sour cream bisa menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dan E dalam sour cream membantu menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun malam hari, kulit kering, dan masalah mata lainnya.Tak hanya itu, vitamin E juga mencegah kerusakan mata akibat degenerai makula serta menjaga kesehatan sel. Artinya, vitamin E dapat mencegah terbentuknya katarak serta mengoptimalkan fungsi sistem imun.

Sour cream bukan termasuk krim yang harus dihapuskan dari daftar menu makanan, utamanya bagi yang sedang menjalani diet. Selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, krim ini justru memberikan asupan nutrisi yang diperlukan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pilihan krim yang aman untuk berat badan serta alternatifnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-sour-cream-healthy
Diakses pada 7 November 2020
Springer. https://link.springer.com/article/10.1007/s10654-017-0243-1
Diakses pada 7 November 2020
Wiley Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/obr.12230
Diakses pada 7 November 2020
Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12970-018-0236-9
Diakses pada 7 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait