Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Tinta Cumi yang Bisa Anda Petik


Tinta cumi hitam mampu membuat makanan lebih terasa kaya dan gurih. Manfaat tinta cumi untuk kesehatan juga tak kalah lezat, dari menurunkan tekanan darah hingga menghambat pertumbuhan kanker. Tapi tips mengolahnya juga tak boleh asal agar khasiatnya bisa optimal.

(0)
25 Feb 2020|Rieke Saraswati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat tinta cumi bisa didapatkan dengan menambahkannya pada hidanganTinta cumi dapat menambah rasa gurih pada hidangan
Tinta cumi mungkin mematikan untuk beberapa predator laut. Tapi tidak bagi kaum manusia.Senjata cumi-cumi ini sering digunakan dalam pasta, nasi, dan hidangan laut untuk memberikan tampilan warna hitam pekat serta rasa asin yang gurih. Tak hanya enak, manfaat tinta cumi untuk kesehatan juga beragam dan sayang jika sampai terlewatkan.Sekilas tentang tinta cumiCumi-cumi memiliki tinta hitam dalam tubuhnya. Hewan ini menyemprotkan tinta saat dalam keadaan bahaya untuk mengaburkan indra penglihatan predator.Tinta cumi mengandung banyak senyawa unik. Misalnya, melanin, polisakarida, katekolamin, dan logam.Tinta hitam ini juga menyimpan asam amino di dalamnya. Mulai dari asam glutamat, taurin, alanin, leusin, hingga aspartat.Selama berabad-abad, manfaat tinta cumi telah berperan dalam pengobatan tradisional, menulis, membuat lukisan, dan sebagai aditif makanan seperti pasta, saus, dan nasi.Rasa tinta cumi bisa berbeda-beda pada tiap orang. Beberapa orang mengatakan rasanya sangat asin seperti air garam. Lalu ada pula sebagian yang mengatakan kalau tinta ini kurang lezat di lidah. Apapun itu, tinta cumi telah menjadi tren makanan hitam yang banyak digemari oleh orang-orang.Manfaat tinta cumi di balik kelezatannyaSejumlah penelitian telah menelaah manfaat tinta cumi untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa kebaikan yang tersimpan dalam tinta ini:
  1. Mencegah plak gigi
Tinta cumi memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri patogen yang memicu penyakit pada manusia.Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak tinta cumi dapat menetralkan bakteri penyebab plak gigi. Beberapa contoh bakteri tersebut meliputi Streptococcus mutans, Candida albicans, Actinomyces viscosus, dan Lactobacillus acidophilus.
  1. Melawan kanker
Kandungan antioksidan yang kuat dalam tinta cumi diduga dapat berperan untuk melawan kanker. Sejumlah studi melihat bahwa tinta ini mampu mengurangi ukuran tumor sekaligus penyebaran sel-sel kanker.Tak hanya itu, zat polisakarida dalam tinta cumi diketahui bisa melindungi tubuh dari efek samping kemoterapi. Disebutkan juga bahwa tinta cumi dapat meningkatkan kadar eritrosit, leukosit, dan haemoglobin pada orang yang mengalami efek samping kemoterapi.
  1. Punya efek antioksidan
Melanin yang ada dalam tinta cumi memiliki sifat antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh.Telah lama diketahui bahwa radikal bebas mampu memicu munculnya beragam penyakit. Contohnya, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.
  1. Menurunkan tekanan darah
Manfaat tinta cumi lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian tertentu mengindikasikan bahwa ada senyawa tertentu dalam tinta ini yang diduga mampu merangsang agar pembuluh darah melebar. Hal ini kemudian bisa menurunkan tekanan darah. 
  1. Mengatasi tukak lambung
Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan memperlihatkan bahwa tinta cumi dapat menurunkan produksi asam lambung.Kebaikan tersebut menciptakan manfaat tinta cumi yang diduga baik untuk mengatasi tukak lambung. Pasalnya, kadar asam lambung yang terlalu banyak bisa menjadi salah satu faktor risiko dari terbentuknya tukak ini.Keamanan tinta cumi sebagai makananTak semua orang menyukai tinta cumi. Sebagian orang lebih suka membuangnya ketika memasak cumi-cumi karena dianggap sebagai limbah.Meski begitu, tinta cumi yang digunakan sebagai aditif makanan tergolong aman untuk dikonsumsi.Perlu dicatat juga bahwa penelitian mengenai manfaat tinta cumi baru dilakukan pada hewan. Ini berarti, ada tidaknya efek kesehatan yang sama pada manusia belum diketahui secara pasti.Anda yang memiliki alergi terhadap seafood atau kerang-kerangan pun perlu lebih waspada. Meski belum ada bukti yang cukup, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dan berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui keamanan konsumsi tinta ini bagi Anda.Membeli cumi dan mengeluarkan tintanya dari kantung cumi-cumi juga mungkin kurang praktis untuk sebagian orang. Tenang, Anda bisa membeli tinta cumi botolan yang dijual di pasaran.Terdapat beragam produk tinta cumi yang bisa Anda beli. Mulai dari tinta untuk memasak hingga untuk melukis.
asam lambungkankertukak lambungalergi seafood
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/squid-ink
Diakses pada 25 Februari 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/squid-ink.html
Diakses pada 25 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait