Taji Tumit: Pengertian dan Cara Mengatasinya


Taji tumit adalah penumpukan kalsium yang menyebabkan penonjolan tulang di bagian tulang tumit. Umumnya taji tumit tidak menimbulkan rasa sakit. Anda dapat mengompres area tumit dengan es batu apabila merasakan nyeri.

0,0
15 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Taji tumit adalah penumpukan kalsium yang menyebabkan penonjolan tulang di bagian bawah tulang tumitTaji tumit sangat umum terjadi di kalangan atlet yang aktivitasnya berupa lari dan lompat
Mendengar kata taji, Anda mungkin mengaitkannya dengan ayam jantan. Memang tak sepenuhnya salah karena taji adalah bagian runcing dan melengkung pada kaki ayam jantan. Namun, tahukah Anda jika manusia ternyata juga memiliki taji di bagian tumit atau disebut taji tumit?Berbeda dengan taji pada kaki ayam jantan yang bisa dilihat dengan mudah oleh mata, taji tumit manusia sebenarnya tidak kasat mata. Mari kenali lebih jauh apa sebenarnya taji tumit dan bagaimana bisa muncul.

Apa itu taji tumit?

Taji tumit adalah penumpukan kalsium yang menyebabkan penonjolan tulang di bagian bawah tulang tumit.  Meskipun seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, namun terkadang taji tumit dapat menyebabkan nyeri. Penyakit ini sering dikaitkan dengan plantar fasciitis, atau peradangan menyakitkan pada pita fibrosa jaringan ikat yang membentang di sepanjang bagian bawah kaki dan menghubungan tulang tumit ke bola kaki (tonjolan di telapak kaki yang berada di bawah ibu jari kaki).

Apa penyebab taji tumit?

Taji tumit terjadi ketika timbunan kalsium menumpuk di bagian bawah tulang tumit. Proses ini biasanya terjadi selama berbulan-bulan. Taji tumit sering disebabkan oleh ketegangan pada otot dan ligamen kaki, peregangan plantar fascia, dan robekan tulang pada membran yang menutupi tumit.Taji tumit sangat umum terjadi di kalangan atlet yang aktivitasnya berupa lari dan lompat. Faktor risiko taji tumit meliputi:
  • Kelainan gaya berjalan, yang menempatkan tekanan berlebihan pada tulang tumit, ligamen, dan saraf di dekat tumit.
  • Berlari atau jogging, terutama di permukaan yang keras.
  • Sepatu yang tidak pas atau sudah usang, terutama yang tidak memiliki penyangga lengkung yang sesuai.
  • Kelebihan berat badan dan obesitas.

Gejala taji tumit

Gejala taji tumit berupa:
  • Sakit
  • Peradangan
  • Bengkak di bagian depan tumit
  • Tonjolan kecil yang terlihat pada sinar-X bisa mencapai setengah inci (sekitar 1,2 cm)
  • Sensasi panas dan terbakar
Area yang terkena mungkin juga terasa hangat saat disentuh. Gejala-gejala ini dapat menyebar ke lengkungan kaki. Pada kondisi yang cukup parah, tonjolan tulang kecil akan terlihat. Beberapa kondisi taji tumit tidak menimbulkan gejala sama sekali. Anda juga tidak melihat adanya perubahan pada jaringan lunak atau tulang di sekitar tumit.Taji tumit sering ditemukan hanya melalui sinar-X dan tes lain yang dilakukan untuk masalah kaki lainnya.

Apakah taji tumit selalu menyebabkan nyeri?

Tidak. Ada kemungkinan pertumbuhan tulang yang biasanya dimulai di bagian depan tulang tumit mengarah ke lengkungan kaki tanpa Anda sadari. Taji tumit tidak selalu menyebabkan rasa sakit. Faktanya, taji tumit sering muncul secara tidak terduga dan baru diketahui ketika dilakukan rontgen untuk beberapa masalah kaki yang lain.

Cara mengobati taji tumit

Jika taji tumit terasa nyeri, beberapa perawatan yang bisa dilakukan antara lain:
  • Istirahat. Banyak istirahat dan hindari tekanan pada kaki dapat membantu mengurangi rasa sakit maupun pembengkakan di daerah yang terkena.
  • Kompres es batu. Kompres dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  • Menggunakan orthotic (bantalan khusus untuk sepatu). Orthotic ini berbentuk donat lalu dimasukkan ke dalam sepatu untuk mengurangi tekanan pada tumit.
  • Mengenakan sepatu olahraga yang empuk. Alas sol yang empuk dapat membantu meredakan tekanan dan mengurangi rasa sakit.
  • Obat anti-inflamasi. Obat ini membantu mengurangi pembengkakan. Namun Anda hanya boleh mengonsumsinya setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Suntikan kortikosteroid. Dokter mungkin akan memberikan suntikan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di daerah yang terkena. 
Dalam kasus yang jarang terjadi, pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan taji tumit. Namun, perawatan di atas biasanya efektif, dan operasi tidak diperlukan. Jika taji tumit disebabkan oleh jenis radang sendi, perawatan untuk kondisi yang mendasarinya juga dapat memperbaiki gejalanya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang taji tumit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
masalah tulangnyeri tumitplantar fasciitis
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/heel-spurs-pain-causes-symptoms-treatments
Diakses pada 2 Agustus 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/heel-spurs#heel-spur-vs.-plantar-fasciitis
Diakses pada 2 Agustus 2021.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320411#outlook
Diakses pada
 2 Agustus 2021.Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bone-spurs/expert-answers/heel-spurs/faq-20057821
Diakses pada 2 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait